Soal Prinsip dan Pendekatan Geografi

soal prinsip dan pendekatan geografi

Soal Prinsip dan Pendekatan Geografi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang prinsip dan pendekatan geografi.

Advertisements

Rangkuman Materi Prinsip dan Pendekatan Geografi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Dalam ilmu geografi trdapat empat prinsip utama yang digunakan untuk memahami karakteristik dan keterkaitan fenomena dengan permasalahan lainnya, yaitu prinsip penyebaran, printip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi

Bacaan Lainnya

Pendekatan geografi digunakan untuk memahami berbagai masalah dan gejala geosfer. Ada tiga pendekatan geografi yaitu pendekatan analisis keruangan, pendekatan analisis ekologi (kelingkungan) dan pendekatan analisis kompleks wilaayah (kewilayahan).

Keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang ahli geografi adalah keterampilan observasi, deskripsi, klasifikasi, pemetaan dan analisis.

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Tuliskan 3 contoh permasalahan yang dapat dikaji dengan menggunakan prinsip penyebaran!
  2. Mengapa prinsip korologi menjadi prinsip geografi yang paling komprehensif?
  3. Apa perbedaan antara pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi?
  4. Mengapa pendekatan keruangan menjadi metode khas geografi?
  5. Mengapa seorang ahli geografi harus memiliki keterampilan observasi? Berilah 1 contoh keterampilan observasi!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Prinsip penyebaran berkatan dengan penyebaran fenomena atau gejaja alam karena ketidak merataannya. Contoh:

  • Persebaran Flora dan fauna di Indonesia
  • Persebaran barang tambang
  • Persebaran gunung api
  • Persebaran penduduk

2. Prinsip korologi menjadi prinsip yag kompehensif karena mencakup semua prinsip penyebaran, interelasi dan prinsip deskripsi.

3. Perbedaan pendekatan keruangan denagn pendekatan ekologi: Pendekatan keruangan hanya berdasarkan satu aspek saja aspek fisik atau aspek sosial yang terjadi di suatu ruang (daerah/wilayah). Sedangkan pendekatan ekologi berdasarkan interaksi antara aspek sosial dengan aspek fisik di suatu ruang (daerah/wilayah).

4. Ciri dari geografi adalah ruang. Dalam ruang dapat terjadi sebuah fenomena yang dapat dianalisis dengan pertanyaan 5W 1 H, sehingga pendekaatn keruangan menjadi metode khas dalam geografi

5. Pengetahuan geografi diawali dengan adaya observasi terhadap sebuah fenomena baik alam maupun sosial. Contoh: obsrvasi terhadap penyebab perubahan iklim.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *