Soal Objek, Aspek, dan Konsep Esensial Geografi

soal objek, aspek, dan konsep esensial geografi

Soal Objek, Aspek, dan Konsep Esensial Geografi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang objek, aspek, dan konsep esensial geografi.

Rangkuman Materi Objek, Aspek, dan Konsep Esensial Geografi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Objek kajian geografi meliputi objek material dan objek formal. Objek formal meliputi semua fenomena geosfer, sedangkan objek formal adalah cara pandang yang digunakan untuk menganalisis objek material tersebut.

Bacaan Lainnya

Aspek geografi terdiri dari aspek fisik yang mengkaji tentang gelaja yang terdapat pada bentang alam meliputi aspek topologi, aspek abiotik dan aspek biotik.

Aspek sosial (manusia) yang mengkaji tentang gejala yang terdapat pada bentang budaya meliputi aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek budaya dan politik.

Konsep esensial geografi merupakan ungkapan atau gambaran abstrak mengenai fenomena esensial dari objek kajian geografi, diantaranya yaitu, konsep lokasi, jarak, morfologi, keterjangkauan, pola, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi/interdependensi, diferensiasi area dan keterkaitan ruang.

BACA JUGA:  Soal Laporan Penelitian Geografi

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Dalam sebuah analisis geografi, untuk mengetahui penyebab terjadinya suatu gejala alam, pertanyaan yang harus diajukan adalah …

A. apa

B. siapa

C. kapan

D. mengapa

E. bagaimana

2. Perhatikan pernyataan berikut.

(1) kriminalitas yang meningkat di kota besar;

(2) rusaknya lahan pertanian oleh hama;

(3) letusan gunung api merusak lahan pertanian;

(4) terjadi kebakaran rumah warga akibat ledakan gas;

(5) terjadi musim kemarau panjang.

Aspek sosial dari fenomena tersebut terdapat pada angka ….

A. (1), (2), dan (4)

B. (1), (3), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2), (3), dan (5)

E. (2), (4), dan (5)

3. Aspek geografi yang mengkaji segala fenomena geosfer yang mempengaruhi kehidupan manusia termasuk aspek kimiawi, biologis dan astronomis yang dapat langsung diamati disebut aspek ….

A. topologi

B. abiotik

C. biotik

D. sosial

E. fisik

4. Di Jakarta kita mengenal adanya Kampung Ambon dan Kampung Melayu. Penamaan wilayah semacam ini juga terjadi di daerah lain. Konsep geografi yang sesuai dengan deskripsi tersebut adalah konsep ….

A. aglomerasi

B. keterjangkauan

C. nilai kegunaan

BACA JUGA:  Soal Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya Indonesia

D. pola

E. diferensiasi area

5. Jika ingin membangun rumah sebaiknya menghindari daerah sekungan karena dapat terdampak banjir pada saat musim hujan. Hal tersebut merupakan contoh dari konsep ….

A. pola

B. morfologi

C. aglomerasi

D. nilai kegunaan

E. keterkaitan ruang

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. D → Pembahasan: Untuk mengetahui penyebab terjadinya sebuah fenomena ataupun gejala kata tanya yang digunakan adalah “mengapa”.
  2. D → Pembahasan: Aspek sosial adalah aspek yang berkaitan hubungan manusia dengan fenomena yang terjadi di geosfer.
  3. E → Pembahasan: Aspek fisik adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang mempengaruhi kehidupan manusia termasuk aspek kimiawi, biologis dan astronomis yang dapat langsung diamati.
  1. A → Pembahasan: Konsep aglomerasi adalah konsep yang membahas tentang adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur. Kampung Ambon dan kampung Melayu adalah sebuah fenomena pengelompokkan yang terdiri dari orang bersuku Ambon dan Melayu.
  2. B → Pembahasan: Morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi secara keseluruha. Daerah cekungan berkaitan dengan bentuk permukaan bumi.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.