Soal Ruang Lingkup Geografi

soal ruang lingkup geografi

Soal Ruang Lingkup Geografi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang ruang lingkup geografi.

Rangkuman Materi Ruang Lingkup Geografi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.
  • Sejarah geografi itu dimulai dari geografi klasik yang berkembang di sekitar abad VI – I SM; geografi abad pertengahan dan renaissance; geografi modern; geografi akhir abad XIX dan awal abad XX; dan geografi mutakhir.
  • Geografi umum membahas tentang karakteristik Bumi mencakup tiga bagian yaitu Terestrial, Astronomis, dan Komparatif. Sedangkan Sedangkan geografi khusus mendeskripsikan tentang wilayah yang terdiri dari tiga aspek, yaitu Atmosfer, Litosfer, dan Manusia.
  • Cabang-cabang geografi terdiri atas: (1) Geografi Fisik; (2) Geografi Manusia; dan (3) Geografi Regional.
BACA JUGA:  Soal Pemanfaatan Penginderaan Jauh Untuk Tata Guna Lahan

Soal Uraian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Bagaimana perkembangan geografi pada masa pertengahan?
  2. Apa perbedaan studi geografi klasik dan geografi nodern?
  3. Bagaimana pembagian geografi menurut Varensius?
  4. Bagaimana definisi geografi yang dikemukakan oleh Bintarto?
  5. Apa saja yang dikaji dalam geografi fisik?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Pada masa pertengahan perkembagan geografi dipengaruhi oleh hubungan bangsa-bangsai di dunia, antara bangsa barat dan bangsa timur. Penjelahan yang dilakukan Lewat perjalanan oleh Marcopolo menyebabkan geografi menyebar ke seluruh Eropa. Saat itu, tujuan perjalanan para penjelajah sudah meliputi gold, glory, dan gospel.
  2. → Pembahasan: Perbedaan geografi klasik dengan geografi modern: Geografi klasik didasarkan pada penemuan (penjelajahan) wilayah dan pengenalan konsep geografi sedangkan geigrafi modern menekankan pada objek kajian dan mencari solusi terhadap permasalahan fenomena-fenomena alam.
  3. → Pembahasan: Varensius membagi geografi ke dalam Geografi umum (terestrial, astronomis, komparatif) Geografi khusus (atmosferis, litosferis).
  4. → Pembahasan: Bintarto mengemukakan bahwa geografi lebih menekankan pada analisis fenomena alam dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.
  5. → Pembahasan: Yang dikaji dalam geografi fisik adalah atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer.
BACA JUGA:  Soal Masalah Geografi

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

3/5 – (2 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.