Soal Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional

soal promosi usaha pengolahan makanan internasional

Soal Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 11, XI KD 3.9 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, tujuan, dan sasaran promosi usaha pengolahan makanan internasional.

Rangkuman Materi Judul Pengertian, Tujuan, dan Sasaran Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen.

Bacaan Lainnya

Untuk mengomunikasikan produk perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri dari empat komponen utama yaitu: periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling), publisitas atau hubungan masyarakat.

Tujuan mempromosikan sebuah produk yaitu memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, meningkatkan angka penjualan, membangun loyalitas konsumen.

Manfaat dari kegiatan promosi yaitu mengetahui produk yang diinginkan para konsumen, mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk, mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen, mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran, mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen, mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya, menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi.

Kiat yang dapat membantu dalam melakukan promosi sehingga tepat sasaran, yaitu: tentukan target pasar, tujuan promosi, buat isi pesan yang menarik, pilih sarana promosi.

BACA JUGA:  Soal Akar-Akar Nasionalisme di Indonesia

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan promosi?
  2. Apa yang dimaksud dengan penjualan tatap muka (personal selling)? Berikan contohnya!
  3. Sebutkan tujuan dari promosi?
  4. Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen?
  5. Buatlah contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. → Pembahasan: Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen.
  2. → Pembahasan: tatap muka (personal selling) merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan penjelasan untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Contoh : Jual beli di Pasar Tradisional.
  3. → Pembahasan: Tujuan mempromosikan sebuah produk yaitu memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, meningkatkan angka penjualan, membangun loyalitas konsumen.
  4. → Pembahasan: Salah satu cara membangun loyalitas konsumen yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi misalnya saja memberikan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya, atau memberikan kupon khusus yang bisa ditukarkan dengan produk gratis setelah mengumpulkan lima buah kupon pembelian. Dengan hadiah menarik, maka konsumen pun semakin senang membeli produk-produk yang ditawarkan. Selain itu kualiatas juga tetap dipertahankan.
  5. → Pembahasan: Contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan : “Buy One Get One”, “All You Can Eat”, “Harga Heboh”.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.