Soal Proses Masuknya kebudayaan Hindu Budha

soal proses masuknya kebudayaan hindu budha

Soal Proses Masuknya kebudayaan Hindu Budha – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Proses Masuknya kebudayaan Hindu Budha

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Pada awal abad pertama masehi, Kepulauan Indonesia telah dikunjungi oleh bangsa-bangsa asing yang melakukan hubungan dagang dan pelayaran terutama Bangsa Cina dengan India. yang melewati perairan Indonesia, sebagai konsekwensinya Bangsa Indonesia pun akhirnya terlibat dalam perdagangan tersebut. Dampak lain dari hubungan dagang tersebut masuknya kebudayaan asing ke Indonesia.

Hubungan dagang dengan  India dan Cina menyebabkan pengaruh Hindu-Buddha yang berasal dari India berkembang di Indonesia.

Beberapa teori yang menyatakan masuknya kebudyaan Hindu-Buddha  ke Indonesia; Teori Brahmana, teori ksatria, teori Waisya, dan Teori Arus Balik, Masing-masing teori memiliki kelebihan dan kekurangan.

Masuknya pengaruh Hindu-Buddha ke Indonesia telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.Perubahan-perubahan itu antara lain tampak dalam bidang-bidang pemerintaha, sosial, ekonomi, agama, dan kebudayaan.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan beberapa sumber yang menyatakan telah terjadi hubungan dagang antara Indonesia dengan India!

2. Jelaskan teori arus balik, yang berkaitan dengan proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia!

3. Proses masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia menyebabakan terjadinya akulturasi, apa yang dimaksud dengan akulturasi?

BACA JUGA:  Soal Menyusun Laporan dari Hasil Membaca Buku Pengayaan

4. Jelaskan pengaruh Hindu-Buddha pada bidang pemerintahan!

5. Mengapa Masyarakat Indonesia mudah menerima pengaruh ajaran Hindu-Buddha?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Menurut Van Leur dan Wolters, Bukti adanya hubungan dagang tersebut dapat diketahui dari kitab Jataka dan kitab Ramayana. Kitab Jataka menyebut nama Swarnabhumi sebuah negeri emas, Swarnabhumi yang dimaksud ialah Pulau Sumatra. Kitab Ramayana menyebut nama Yawadwipa dan Swarnadwipa.

Menurut para ahli, Yawadwipa (pulau padi) diduga sebutan untuk Pulau Jawa, sedangkan Swarnadwipa (pulau emas dan perak) adalah Pulau Sumatra.

2. → Pembahasan: menjelaskan peran aktif dari orang-orang Indonesia yang mengembangkan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Pendapat mengenai keaktifan orang-orang Indonesia inidiungkap oleh F.D.K Bosch yang dikenal dengan Teori Arus Balik. Teori ini menyebutkan bahwa banyak pemuda Indonesia yang belajar agama Hindu-Buddha ke India. Setelah memperolehilmu yang banyak, mereka kembali ke Indonesia untuk menyebarkannya.

3. → Pembahasan: proses sosial yang terjadi ketika sekelompok orang dengan budaya tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur budaya asing sedemikian rupa sehingga unsur budaya asing tersebut diterima secara bertahap dan menjadi budaya mereka sendiri tanpa kehilangan jati diri budaya asli.

4. → Pembahasan: Sebelum unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha masuk, masyarakat dipimpin oleh seorang kepala suku yang dipilih oleh anggota masyarakatnya.

Setelah masuknya unsur kebudayaan dan agama Hindu-Buddha terjadi perubahan.Kedudukan kepala suku digantikan oleh raja seperti halnya diIndia.Raja memiliki kekuasaan yang sangat besar. Kedudukan raja tidak lagi dipilih oleh rakyatnya, akan tetapi diturunkan secara turun temurun.

5. → Pembahasan: Masyarakat Indonesia belum mengenal agama, ajaran Hindu-Buddha mirip dengan kepercayaan Masyarakat Indonesia, sifat dasar Bangsa Indonesia yang ramah dan terbuka, pengaruh dari para penguasa saat itu.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.