Soal Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

soal tindakan, motif dan prinsip ekonomi

Soal Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang tindakan, motif dan prinsip ekonomi.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Manusia memiliki berbagai kebutuhan barang dan jasa yang harus dicukupi demi keberlangsungan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia melakukan berbagai usaha atau tindakan yang disebut dengan tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi tidak dapat dilakukan sendiri namun perlu adanya interaksi sosial untuk mencapai suatu tujuan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Telah dijelaskan pada aktivitas sebelumnya bahwa untuk mendapatkan kebutuhan pokok berupa nasi, Ananda tidak dapat memenuhinya sendiri melaikan melalui proses panjang.

Sebelum dikonsumsi Ananda, nasi tersebut dimasak ibu setelah sebelumnya ibu membeli beras dari pedagang dan pedangan mendapatkannya dari petani. Hal ini patut kita syukuri.

Kegiatan makan nasi hanya contoh sederhana, kita memiliki banyak kebutuhan yang tentunya melibatkan orang lain. Ananda bisa merenungkannya.

Tindakan, motif dan prinsip ekonomi berjalan secara beriringan dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik untuk manusia. Tentunya kegiatan ekonomi harus pula dilandasi oleh sikap/karakter yang baik agar tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga sesama manusia dari adanya interaksi melalui tindakan ekonomi tersebut.

Tindakan ekonomi didorong oleh motif ekonomi dan dilaksanakan dengan pedoman atau prinsip ekonomi yaitu efisien dan efektif. Efisien dalam menggunakan sumber daya, waktu dan tenaga yang dimiliki manusia tetapi efektif untuk mencapai tujuan diinginkan. Sehingga tindakan ekonomi yang dilakukan dapat mencapai kemakmuran bersama.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi!

2. Jelaskan pengertian motif ekonomi!

3. Mengapa kita perlu menggunakan prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi?

4. Jelaskan hubungan antara tindakan ekonomi, motif dan prinsip ekonomi!

5. Sebutkan 5 sifat positif yang harus ada pada diri kita saat melakukan tindakan ekonomi!

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan: Tindakan ekonomi ialah Segala kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya.

2.→ Pembahasan: Motif ekonomi ialah keinginan atau alasan yang mendorongmanusia untuk melakukan tindakan ekonomi.

3.→ Pembahasan: Kita perlu menggunakan prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi agar pengorbanan kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.

4.→ Pembahasan: Hubungan antara tindakan ekonomi, motif dan prinsip ekonomi ialah usaha/tindakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disebut dengan tindakan ekonomi, factor pendorongnya disebut dengan motif ekonomi dan berbagai pertimbangan yang ada dipikiran kita demi mendapatkan hasil yang maksimal disebut dengan prinsip ekonomi, jadi ketiganya berjalan beriringan dengan tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmuran.

5.→ Pembahasan: Jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, gigih dan semangat tinggi.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.