Soal Sejarah Kontemporer Runtuhnya Vietnam Selatan

soal sejarah kontemporer runtuhnya vietnam selatan

Soal Sejarah Kontemporer Runtuhnya Vietnam Selatan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang sejarah kontemporer runtuhnya Vietnam Selatan.

Rangkuman Materi Sejarah Kontemporer Runtuhnya Vietnam Selatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Awal berdirinya Vietnam Selatan itu ketika Perancis berusaha mendirikan negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia ke II. Dengan hadirnya Vietnam Selatan, otomatis membuat Vietnam terpecah.

Bacaan Lainnya

Peperangan yang terjadi di Vietnam ini merupakan peperangan kepentingan Blok Barat dan Blok Timur

Vietnam Utara yang dipimpin oleh Ho Chi Minh mendapat pengakuan dari Rusia dan Tiongkok pada tanggal 31 Januari 1950. Kemudian Vietnam Selatan yang dipimpin oleh Bao Dai juga mendapat pengakuan dari Amerika Serikat dan Inggris.

Perang Indocina Kedua, adalah sebuah perang yang terjadi antara 1957 dan 1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar. Pada perang ini Vietnam Selatan kalah. Hal itu menandakan menyerahnya pemerintahan Vietnam Selatan tanpa syarat kepada Vietcong, dan kejatuhan Saigon pun menandakan berakhirnya Perang Vietnam dengan kemenangan Vietnam Utara. Hal ini menjadi periode awal transisi Vietnam menjadi satu negara yang utuh.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Lahirnya Vietnam Selatan, membuat Vietnam terpecah menjadi dua, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Awal berdirinya Vietnam Selatan dilatar belakangi oleh ….

A. Usaha Perancis mendirikan negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia ke II

BACA JUGA:  Soal Arti Penting Proklamasi dan Pengakuan Kemerdekaan Indonesia Oleh Negara Lain

B. Keinginan Ho Chi Minh menjadikan Vietnam Selatan menjadi negara yang merdeka dan utuh.

C. Perang Indocina I, yaitu perang  antara Vietnam Utara yang didukung oleh Perancis dan Vietnam Selatan didukung oleh Tiongkok

D. Keinginan rakyat Vietnam wilayah Selatan untuk berjuang menjadi satu negara yang berdaulat dibantu Amerika Serikat

E. Konflik intern antara pemimpin Vietnam wiyah utara dan Vietnam wilayah Selatan yang tidak pernah selesai.

2. Pada tahun 1957-1975 terjadi Perang Vietnam yang merupakan bagian dari perang dingin antara kubu ideologi besar Komunis dan Liberal yang dikenal dengan perang ….

A. Indocina Pertama

B. Indocina Kedua

C. Indocina ke tiga

D.  Perang   Vietnam

E. Perang Komunis

3. Dalam masa pemerintahannya Ngo Dinh Diem, Vietnam Selatan mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat. Alasan Amerika Serikat mendukung Vietnam Selatan adalah ….

A. dianggap berpihak pada kebijakan-kebijakan Amerika

B. kekhawatiran Amerika terhadap kekuatan komunis di Vietnam Utara

C. ingin menjadikan Vietnam sebagai koleganya di Asia

D. Vietnam adalah pasar terbesar bagi hasil produksi Amerika

E. Vietnam menjadi kaki tangan Amerika untuk menginvasi Asia

4. Invasi Vietnam Utara atas Vietnam Selatan menyebabkan Saigon, Ibu kota Vietnam Selatan dikuasai seluruhnya oleh Vietnam Utara. Hal ini mengakibatkan…

A. Presiden Nguyen Van Thieu mengundurkan diri dan Vietnam kemudian di proklamirkan sebagai Republik Sosialis Vietnam dengan Ibu kota Hanoi

B. perang Vietnam semakin melebar hingga dataran Laos dan Kamboja dan Vietnam Selatan didukung Amerika Serikat dan Perancis.

C. Amerika serikat dibawah pemerintahan John F. Kennedy memutuskan untuk mengirimkan bantuan ke Vietnam Selatan sebesar besarnya.

D. lahirnya kesepakatan Jenewa tahun 1954 yang memproklamirkan gencatan senjata diantara  dua Vietnam.

E. lahirnya gagasan menuju kesepakatan perdamaian yang melahirkan The Paris Accords yang mengharuskan Amerika menarik  pasukannya.

5. Perang Vietnam yang berlangsung selama 20 tahun menyebabkan runtuhnya Vietnam Selatan.   Dampak runtuhnya Vietnam Selatan terhadap kondisi politik dan perkembangan ideologi dikawasan Asia Tenggara adalah….

BACA JUGA:  Soal Interpretasi Ekspalanasi dan Penulisan Sejarah Historigrafi

A. Vietnam menjadi salah satu poros komunisme yang disegani oleh Amerika di kawasan Asia

B. Keterlibatan Amerika dan Perancis dalam menyebarkan paham Liberalisme semakin meningkat.

C. Dua kekuatan besar Barat dan Timur melakukan intervensi langsung terhadap masalah masalah yang terjadi di Vietnam

D. Amerika Serikat dan Uni Soviet bersaing memberikan pengaruhnya ke negara negara yang ada di Kawasan Asia.

E. Vietnam yang sudah menyatu menjadi tempat yang strategis untuk penyebaran   paham komunisme dan paham Liberalisme.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. A → Pembahasan: Lahirnya Vietnam Selatan, membuat Vietnam terpecah menjadi dua, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Awal berdirinya Vietnam Selatan dilatar belakangi oleh Usaha Perancis mendirikan negara-negara boneka di kawasan Indocina di akhir Perang Dunia ke II.
  2. B → Pembahasan: Pada tahun 1957-1975 terjadi Perang Vietnam yang merupakan bagian dari perang dingin antara kubu ideologi besar Komunis dan Liberal yang dikenal dengan perang Indocina Kedua.
  3. B → Pembahasan: Dalam masa pemerintahannya Ngo Dinh Diem, Vietnam Selatan mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat. Alasan Amerika Serikat mendukung Vietnam Selatan adalah kekhawatiran Amerika terhadap kekuatan komunis di Vietnam Utara.
  4. A → Pembahasan: Invasi Vietnam Utara atas Vietnam Selatan menyebabkan Saigon, Ibu kota Vietnam Selatan dikuasai seluruhnya oleh Vietnam Utara. Hal ini mengakibatkan Presiden Nguyen Van Thieu mengundurkan diri dan Vietnam kemudian di proklamirkan sebagai Republik Sosialis Vietnam dengan Ibu kota Hanoi.
  5. A → Pembahasan: Perang Vietnam yang berlangsung selama 20 tahun menyebabkan runtuhnya Vietnam Selatan. Dampak runtuhnya Vietnam Selatan terhadap kondisi politik dan perkembangan ideologi dikawasan Asia Tenggara adalah Vietnam menjadi salah satu poros komunisme yang disegani oleh Amerika di kawasan Asia.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.