Soal Sejarah Kontemporer USSR

soal sejarah kontemporer USSR

Soal Sejarah Kontemporer USSR – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah kelas 12, XII KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang sejarah kontemporer USSR.

Rangkuman Materi Sejarah Kontemporer USSR

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Union of Soviet Socialist Republics (USSR) atau yang lebih dikenal oleh rakyat Indonesia dengan sebutan Uni Soviet merupakan salah satu negara komunis terbesar pada masanya dan pernah menjadi musuh besar bagi negara adidaya yaitu Amerika. Uni Soviet menganut sistem politik satu partai yang dipegang oleh Partai Komunis.

Bacaan Lainnya

Awal berdirinya Uni Soviet dimulai ketika Partai Bolshevik pimpinan Vladimir Lenin mendominasi pasukan Soviet di Revolusi Rusia pada 1917 dan Perang Sipil Rusia. Pasukan Soviet terdiri dari koalisi para pekerja dan tentara yang menyerukan pembentukan sebuah negara sosialis di wilayah bekas Kekaisaran Rusia. Pada tanggal 30 Desember 1922, Uni Soviet secara resmi berdiri. Semua tingkat pengendalian pemerintahan jatuh ke tangan Partai Komunis dan Politbiro yang secara efektif memimpin Soviet.

Uni Soviet merupakan negara komunis teragung sejagat raya pada masanya. Sehingga kekuatan politiknya tidak dapat diremehkan namun, setelah beberapa dekade berdiri, pada tahun 1991 Uni Soviet bubar seiring runtuhnya pemerintah komunis di sana.

Pada masa kejayaannya, Uni Soviet yang merupakan gabungan dari beberapa negara berhasil menularkan paham komunismenya pada beberapa negara di luar Eropa Timur. Namun dinamisme perkembangan di dalam tubuh negaranya sendiri gagal menyatukan negara-negara bagian yang bersatu di bawah naungan Uni Soviet.

Gorbechev menggulirkan gagasan reformasi. Upaya-upaya Gorbachev untuk merampingkan sistem komunis menawarkan harapan, namun akhirnya terbukti tidak dapat dikendalikan dan mengakibatkan serangkaian peristiwa yang akhirnya ditutup dengan pembubaran imperium Soviet.

Ada banyak faktor yang melatarbelakangi keruntuhan negara sebesar Uni Soviet. Tentunya faktor-faktor tersebut lebih banyak berasal dari internal negara. Seperti permasalahan KKN yang tidak transparan, konflik antar suku bangsa dan beberapa masalah yang kemudian menjadi penyulut gerakan sporadis penghancur kedaulatan negara.

Keragaman budaya ternyata menjadi sumber permasalahan yang sangat membahayakan kedaulatan negara. Sehingga negara kita dapat berkaca kepada sejarah runtuhnya Uni Soviet agar dapat menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan, bukannya keruntuhan.

Setelah Uni Soviet dibubarkan, lalu Persemakmuran Negara-Negara Merdeka atau dikenal dengan CIS didirikan.

Dengan keruntuhan Uni Soviet sebagai negara komunis adidaya dunia, maka runtuh pula kekuasaan komunis internasional. Berarti hal tersebut membuat Amerika Serikat memenangkan perang dingin yang sudah berakhir.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan data berikut ini!

1) Kekecewaan terhadap Tsar Nicholas II karena korupsi

2) Ketidakpuasan kaum Bolshevik atas keterlibatan Rusia terhadap perang dunia II

BACA JUGA:  Soal Heuristik dan Kritik/Verifikasi

3) Sistem komunisme tidak bisa menjadi sarana control

4) Adanya program glassnot dan perestrolika yang digulirkan Gorbachev

5) Mengembalikan ajaran Lenin dan Stalin (Restalinasi)

Yang melatar belakangi terbentuknya Uni Soviet terdapat pada nomor….

A. 1) dan 2)

B. 1) dan 3)

C. 3) dan 4)

D. 2) dan 3)

E. 4) dan 5)

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Rakyat memiliki hak milik atas suatu barang dan perusahaan swasta

2) Restrukturisasi dalam negara.

3) Rakyat dapat menyuarakan pendapat di media massa

4) Rakyat diberi pilihan secara bebas agar menentukan orang yang tepat menjadi wakilnya sebagai penyambung suaranya di kursi parlemen.

Dari pernyataan diatas, yang menjadi  terkait dengan Glassnost yang merupakan salah satu kebijakan yang diperkenalkan Gorbachev terdapat nomor….

A. 1) dan 2)

B. 2) dan 4)

C. 1) dan 3)

D. 2) dan 3)

E. 4) dan 5)

3. Soviet yang dikenal sebagai negara super power setelah berakhirnya perang dunia II akhirnya mengalami  keruntuhan.  Dibawah ini  adalah beberapa faktor yang  menjadi penyebab runtuhnya Uni Soviet, kecuali …

A. Marxisme – Komunisme tidak memiliki kontrol yang efektif terhadap bidang politik dan ekonomi.

B. Sistem Marxisme – Komunisme tidak memiliki kelenturan dalam menghadapi perubahan

C. Perubahan system pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi memberi peluang kepada negara-negara bagian  untuk melepaskan diri  dari Soviet

D. Kaum buruh yang merupakan andalam Marxisme – Komunisme ternyata lebih memilih pihak Kapitalisme

E. Uni Soviet terlalu berfokus pada permusuhan dengan barat yang mebuat sebagian besar pengeluaran dialokasikan untuk kepentingan militer.

4. Sebelum mengalami perpecahan, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki wilayah terluas di dunia, sekarang Uni Soviet telah mengalami keruntuhan. Runtuhnya Uni Soviet membawa dampak yang besar bagi dunia internasional. Berikut adalah dampak runtuhnya Uni Soviet, kecuali …

A. banyak negara-negara pecahan Uni Soviet langsung memerdekakan diri menjadi negara demokrasi

B. berakhirnya Perang Dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur

C. pada tanggal 25 Desember 1991, Mikhail Gorbachev mundur dari jabatannya sebagai presiden

D. berakhirnya rejim komunis di Eropa Timur

E. Amerika Serikat tampil sebagai Negara adidaya

5. Kondisi perekonomian dan kesejahteraan rakyat di Uni Soviet memburuk. Salah satu penyebab dari kondisi perekonomian yang buruk karena Uni Soviet ….

A. Menerapkan sistem ekonomi sentralistik

B. Mengembangkan kapitalisme

C. Memiliki banyak utang luar negeri

D. Tidak mempunyai sumber daya alam

E. Mengimpor banyak barang dari luar negeri

6. Berdirinya Commonwealth of Independent States (CIS) menjadinya tanda berakhir atau runtuhnya Uni Soviet, CIS merupakan wadah ….

A. negara federasi

B. negara kerajaan

C. negara perwakilan

D. negara berkembang

E. persemakmuran negara merdeka

7. Perhatikan pernyataan dibawah ini:

1) Kemajuan teknologi informasi

2) Komunisme sebagai sebuah doktrin

3) Berakhirnya persaingan dengan Amerika

4) Pembaharuan dalam bentuk Glasnost dan Perestroika

5) Runtuhnya Yugoslavia menjadi negara-negara kecil

Runtuhnya Uni Soviet disebabkan oleh adanya kondisi yang ditunjukkan oleh nomor …

BACA JUGA:  Soal Pengaruh Nasionalisme Indonesia Pada Masa Kini

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 5)

D. 2), 3), dan 4)

E. 3), 4), dan 5)

8. Konsep perubahan yang dikemukakan oleh Mikhail Gorbachev melalui program glasnost dan perestroika ternyata membawa keruntuhan bagi Uni Soviet karena ….

A. Konsep perubahan tersebut ditentang oleh kelompok oposisi

B. Negara-negara Uni Soviet satu per satu memerdekakan diri

C. Semakin banyak kelompok komunis yang menentang kebijakan Mikhail Gorbachev

D. Negara-negara bagian Uni Soviet tidak merasakan perubahan sesuai janji Mikhail Gorbachev

E. Perubahan yang dibawa Mikhail Gorbachev tidak mendatangkan kemakmuran

Kunci Jawaban dan Pembahasan

  1. A → Pembahasan: Latar belakangi terbentuknya Uni Soviet Kekecewaan terhadap Tsar Nicholas II dan Ketidakpuasan kaum Bolshevik atas keterlibatan Rusia terhadap perang dunia I.
  2. C → Pembahasan: Glassnost merupakan salah satu kebijakan yang diperkenalkan Gorbachev. Glasnost di Uni Soviet membiarkan rakyat memiliki hak milik atas suatu barang dan perusahaan swasta, membiarkan rakyat menyuarakan pendapat di media massa, membiarkan media menampilkan berita beragam yang dibutuhkan rakyat, dan membiarkan memasukkan unsur kebebasan agama dalam kehidupannya.
  3. E → Pembahasan: Soviet yang dikenal sebagai negara super power setelah berakhirnya perang dunia II akhirnya mengalami keruntuhan. Beberapa faktor yang menjadi penyebab runtuhnya Uni Soviet antara lain: Marxisme-Komunisme tidak memiliki kontrol yang efektif terhadap bidang politik dan ekonomi, Sistem Marxisme-Komunisme tidak memiliki kelenturan dalam menghadapi perubahan, Perubahan system pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi memberi peluang kepada negara-negara bagian untuk melepaskan diri dari Soviet, Kaum buruh yang merupakan andalam Marxisme – Komunisme ternyata lebih memilih pihak Kapitalisme.
  4. C → Pembahasan: Sebelum mengalami perpecahan, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki wilayah terluas di dunia, sekarang Uni Soviet telah mengalami keruntuhan. Runtuhnya Uni Soviet membawa dampak yang besar bagi dunia internasional. Dampak runtuhnya Uni Soviet antara lain banyak negara-negara pecahan Uni Soviet langsung memerdekakan diri menjadi negara demokrasi, berakhirnya Perang Dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur, berakhirnya rejim komunis di Eropa Timur dan Amerika Serikat tampil sebagai Negara adidaya.
  5. A → Pembahasan: Salah satu penyebab dari kondisi perekonomian yang buruk karena Uni Soviet menerapkan sistem ekonomi sentralistik.
  6. E → Pembahasan: Berdirinya Commonwealth of Independent States (CIS) menjadinya tanda berakhir atau runtuhnya Uni Soviet, CIS merupakan wadah persemakmuran negara merdeka dari bekas negara Uni Soviet.
  7. B → Pembahasan: Runtuhnya Uni Soviet disebabkan oleh adanya kondisi Kemajuan teknologi informasi, Komunisme sebagai sebuah doktrin dan adanya pembaharuan dalam bentuk Glasnost dan Perestroika.
  8. B → Pembahasan: Konsep perubahan yang dikemukakan oleh Mikhail Gorbachev melalui program glasnost dan perestroika ternyata membawa keruntuhan bagi Uni Soviet karena negara-negara Uni Soviet satu per satu memerdekakan diri.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.