Soal Sejarah Perkembangan Keperawatan

soal sejarah perkembangan keperawatan

Soal Sejarah Perkembangan Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sejarah perkembangan keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Perkembangan Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sejarah perkembangan keperawatan telah mengalami perubahan yang sangat pesat sebagai respon dari perkembangan kebutuhan manusia.

Bacaan Lainnya

Berbagai aspek peristiwa dapat mempengaruhi perkembangan sejarah dan praktik keperawatan. Seperti perkembangan keperawatan di Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah perkembangan keperawatan zaman dahulu dipengaruhi oleh beberapa hal seperti peran dan sikap, status wanita, nilai agama dan kepercayaan, perang dan kepemimpinan dalam keperawatan yang berwawasan masa depan.

Sejarah perkembangan keperawatan pada zaman sekarang ini, ditandai dengan lahirnya tokoh keperawatan yang sangat mashur yang dikenal sampai sekarang ini yang membawa perubahan dalam konsep berpikir yang berpengaruh besar terhadap praktik keperawatan.

seperti perubahan dalam ruang lingkup tatanan layanan keperawatan, standar praktik keperawatan sampai munculnya undang-undang praktik keperawatan.

Beberapa tokoh-tokoh terkenal mulai dari benua Asia sampai benua Eropa yang sangat berjasa dalam perkembangan keperawatan, seperti Rufaidah, Florence Nightingale, Hildegard E. Peplau, Ida Jean Orlando, Virginia Handerson, Sister Calista Roy, Martha E Roger, dab lain-lain.

Perkembangan sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia tidak terlepas dari sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia itu sendiri, yaitu ketika bangsa Indonesia masih berada dalam penjajahan bangsa asing serti bangsa Inggris, Belanda dan Jepang.

Oleh karena itu, sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan kebangsaan Indonesia, secara umum sejarah perkembangan keperawatan di Indonesia dapat dikelompokan menjadi dua periode yaitu: masa sebelum kemerdekaan dan masa setelah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dampak sejarah perkembangan keperawatan terhadap profil keperawatan di Indonesia pada masa sebelum dan sesudah kemerdekaan. Profil perawat sebelum masa kemerdekaan dimana Indonesua sebagai negara yang terjajah (subaltern) menyebabkan kita selalu berada pada kondisi yang tertekan, lemah, dan tidak berdaya.

Kita cenderung menuruti apa saja yang menjadi keinginan penjajah. Perawat sebagai subaltern yang tunduk dan patuh mengikuti apa keinginan penjajah lama-kelamaan menjadi bagian dari karakter pribadi perawat, sehingga perawat pada masa itu, kurang percaya diri, merasa rendah diri dan cenderung menganggap bahwa profesi keperawatan adalah pembatu dokter.

Setelah masa kemerdekaan terjadinya proses perubahan yang sangat luar biasa di bidang keperawatan setelah didirikan sekolah perawat setingkat dipolma pada tahun 1962 dan di ikuti berdirinya pendidikan keperawatan setingkat sarjana pada 1985

Dengan berdirinya pendidikan keperawtan ini, profesi keperawatan berkembang menjadi sebuah profesi yang mandiri tidak lagi tergantung dengan profesi lain. Sejak tahun itu profesi keperawatan talah mendapatkan pengakuan dari profesi lain.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

BACA JUGA:  Soal Prinsip dan Pendekatan Geografi

1) Suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau baik peristiwa itu menyenangkan maupun tidak menyenangkan bagi mereka yang terlibat langsung maupun tindak langsung disebut …

A. Etika

B. Norma

C. Budaya

D. Sejarah

2) Ciri-ciri keperawatan pada zaman dahulu atau sebelum Abad 19 adalah …

A. Pekerjaan perawat banyak dilakukan oleh laki-laki

B. Pekerjaan perawat banyak oleh dukun atau pemuka agama

C. Pekerjaan perawat banyak dilakukan oleh para wanita dan tahanan

D. Pekerjaan perwat banyak dilakukan oleh para bangsawan

3) Ketika pekerjaan perawatan dilakukan oleh para wanita sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan kasih sayang kepada anggota keluarga, merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan perawatan karena …

A. Peperangan

B. Peran dan sikap masyarakat

C. Nilai agama dan kepercayaan

D. Kepemimpinan

4) Tokoh keperawatan yang mengembangkan suatu model praktik asuhan keperwatan yang menyatakan bahwa kondisi sakit seseorang disebabkan oleh faktor lingkungan, tokoh tersebut adalah …

A. Florence Nightingale

B. Hildegard E. Peplau

C. Ida Jean Orlando

D. Virginia Handerson

5) Tokoh keperawatan yang mendapat gelar sebutan “Lady with the lamp” adalah …

A. Florence Nightingale

B. Hildegard E. Peplau

C. Ida Jean Orlando

D. Virginia Handerson

6) Tokoh keperawatan yang menekankan bahwa hubungan antara-manusia merupakan dasar bagi perawat untuk mengkaji proses hubungan dengan pasien adalah …

A. Florence Nightingale

B. Hildegard E. Peplau

C. Ida Jean Orlando

D. Virginia Handerson

7) Tokoh keperawatan yang terkenal dengan pelayanan di keperawatan kesehatan masyarakat adalah …

A. Florence Nightingale

B. Clara Barton

C. Lilian Wald

D. Margaret Higgins Sanger

8) Perkembangan keperawatan di Indonesia lebih banyak dipengaruhi oleh faktor …

A. Karakter dan budaya bangsa Indonesia

B. Peran dan sikap masyarakat

C. Sejarah perjuang kemerdekaan Indonesia

D. Kepemimpinan dan bidang keperawatan

9) Didirikan rumah sakit Stadsverband pada tahun 1919 dan sekarang dikenal dengan nama RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) di Salemba Jakarta berdiri pada masa…

A. Penjanjahan Belanda I (VOC)

B. Penjajahan Inggris

C. Penjajahan Belanda II

D. Penjajahan Jepang

10) Berikut ini yang bukan salah satu ciri profil perawat atau keperawatan di Indonesia sebelum zaman kemerdekaan adalah …

A. Perawat tunduk dan patuh mengikuti perintah dokter

B. Kurang percaya diri, merasa rendah diri

C. Profesi keperawatan dianggap sebagai pembatu dokter

D. Profesi keperawata adalah profesi yang mandiri

Kunci Jawaban

1) D

2) C

3) B

4) A

5) A

6) B

7) D

8) C

9) C

10) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.