Soal Sistem Pertahanan Pada Manusia

soal sistem pertahanan pada manusia

Soal Sistem Pertahanan Pada Manusia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sistem pertahanan pada manusia.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Sistem Pertahanan Pada Manusia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sistem pertahanan tubuh merupakan suatu sistem dalam tubuh yang bekerja mempertahankan tubuh kita dari serangan suatu bibit penyakit atau patogen yang masuk ke dalam tubuh.Berdasarkan cara mempertahankan diri dari penyakit, sistem pertahanan tubuh digolongkan menjadi dua yaitu pertahanan tubuh spesifik dan nonspesefik.

Read More

Sistem pertahanan tubuh merupakan suatu sistem dalam tubuh yang bekerja mempertahankan tubuh kita dari serangan suatu bibit penyakit atau patogen yang masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan cara mempertahankan diri dari penyakit, sistem pertahanan tubuh digolongkan menjadi dua yaitu:

  • Pertahanan tubuh spesifik yaitu pertahanan tubuh spesifik adalah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh, jika patogen berhasil melewati sistem pertahanan tubuhnonspesifik.
  • Pertahanan tubuh nonspesifik yaitu sistem pertahanan tubuh yang tidak membedakan mikroorganisme patogen yang satu dengan yang lainnya, sistem ini merupakan sistem pertahanan pertama terhadap infeksi akibat masuknya mikroorganisme patogen atau benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Jenis kekebalan tubuh manusia pada sistem pertahanan tubuh golongkan menjadi 2 yaitu:

  • Kekebalan Aktif adalah kekebalan yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri kekebalan ini sering disebut kekebalan kekebalan aktif alami.
  • Kekebalan pasif adalah kekebalan yang diperoleh setelah mendapat antibodi dari luar. Sebagai contoh kekebalan yang diperoleh bayi dari ibunya melalui air susu pertama (kolostrum) atau diperoleh bayi pada saat masih berada dalam kandungan.

Gangguan sistem pertahan tubuh:

  • Alergi adalah respon imun yang berlebihan terhadap suatu senyawa yang masuk ke dalam tubuh.
  • Autoimunitas adalah keadaan dimana sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi untuk menyerang sel-sel tubuh sendiri seolah-olah bukan merupakan bagian dari tubuh contoh Diabetes
  • AIDS (acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS sendiri merupakan kumpulan dari berbagai penyakit.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Kekebalan yang diperoleh bayi dari ibunya melalui air susu pertama (kolostrum) atau diperoleh bayi pada saat masih berada dalam kandungan disebut….

A. Kekebalan alami

B. Kekebalan aktif

C. Kekebalan pasif

D. Kekebalan imunitas

2) Kelainan-kelainan tubuh akibat autoimunitas terganggu menyebabkan penyakit berikut ini…

A. Diabetes Mellitus dan lupus

B. Addison’disease dan HIV

C. Lupus dan TBC

D. Mysthenia gravis dan alergi

3) Keadaan dimana antibodi menyerang sel-sel tubuh yang lain sebagai sel asing dimana ketika kondisi tubuh melemah maka seranggan antibodi akan meningkat, kondisinya menyebabkan…

A. Diabetes Mellitus

B. Addison’disease

C. Lupus

D. Mysthenia gravis

4) Gangguan sistem pertahanan tubuh karena respon imun yang berlebihan terhadap suatu senyawa yang masuk ke dalam tubuh dinamakan ….

A. Alergi

B. Autoimunitas

C. AIDS

D. HIV

5) Gangguan sistem pertahanan tubuh karena sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi untuk menyerang sel-sel tubuh sendiri seolah-olah bukan merupakan bagian dari tubuh disebut…

A. Alergi

B. Autoimunitas

C. AIDS

D. HIV

Kunci Jawaban

1) C

2) A

3) C

4) A

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *