Soal Sejarah dan Perkembangan Toksikologi

soal sejarah dan perkembangan toksikologi

Soal Sejarah dan Perkembangan Toksikologi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sejarah dan perkembangan toksikologi.

Soal dan Kunci Jawaban Sejarah dan Perkembangan Toksikologi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Perkembangan ilmu toksikologi berawal dari konsep yang sederhana yaitu racun, Kata racun (toxic berasal dari bahasa Yunani yang berarti panah. Panah digunakan sebagai senjata pada saat itu dan anak panah diberi racun. Kemudian orang Mesir kuno menggunakan racun untuk pengobatan.

Bacaan Lainnya

Hippocrates, Pendacious Dioscorides Paracelcius mengembangkan konsep racun menjadi ilmu tentang racun yang menjadi dasar dari toksikologi. Matthieu Joseph Bonaventura Orfila dikenal sebagai bapak  toksikologi  modern.  Ia mengembangkan hubungan sistematik antara suatu informasi kimia dan biologi tentang racun. Dia adalah orang pertama, yang menjelaskan nilai pentingnya analisis kimia guna membuktikan bahwa simtomatologi yang ada berkaitan dengan adanya zat kimia tertentu di dalam badan.

BACA JUGA:  Soal Pengantar Konsep Promosi Kesehatan

Orfila juga merancang berbagai metode  untuk  mendeteksi  racun  dan menunjukkan pentingnya analisis kimia sebagai bukti hukum pada kasus kematian akibat keracunan. M.J.B. Orfila dikenal sebagai bapak toksikologi modern karena minatnya terpusat pada efek tokson, selain itu karena ia memperkenalkan metodologi kuantitatif ke dalam studi aksi tokson pada hewan, pendekatan ini melahirkan suatu bidang toksikologi modern, yaitu toksikologi forensik.

Hubungan dosis, reseptor dan efek adalah hubungan linier, jika semakin tinggi dosis racun yang masuk kedalam reseptor (merupakan tempat berikatnya molekul obat dan sel tubuh) dan reseptor memberikan afinitas (daya tarik kimia) yang tinggi maka efek toksik semakin besar.

Tantangan masa depan ahli toksikologi adalah semakin kompleknya tingkat cemaran akibat meningkatnya jumlah dan macam indutri sehingga paparan semakin susah untuk dikenali dan tidak mudah untuk dilakukan pencegahan. Ahli toksikologi harus mencari ilmu terbarukan tentang bahan kimia khususnya bahan kimia yang beracun dan dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan manusia.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

BACA JUGA:  Soal Kapsul

1) Perancang berbagai metode untuk mendeteksi racun dan menunjukkan pentingnya analisis kimia sebagai bukti hukum pada kasus kematian akibat keracunan adalah…

A. Hippocrates

B. Pendacious Dioscorides

C. M.J.B. Orfila

D. Paracelcius

2) Cabang toksikologi yang mencoba melindungi masyarakat umum dari efek berbahaya tokson adalah….

A. Toksikologi hukum

B. Toksikologi forensik

C. Toksikologi lingkungan

D. Toksikologi analitik

3) Tantangan masa depan ahli toksikologi berikut, kecuali:

A. Semakin kompleknya tingkat cemaran

B. Paparan semakin susah untuk dikenali

C. Semakin banyak bahan beracun terhirup manusia

D. Tidak mudah untuk dilakukan pencegahan

4) Penyakit Minamata di Jepang pada tahun 1950-an diakibatkan karena pembuangan limbah industri yang mengandung bahan beracun yaitu …

A. Metil merkuri

B. Pb

C. Cd

D. Arsen

Kunci Jawaban

1) C

2) A

3) C

4) A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.