Soal Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

soal standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit

Soal Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan farmasi dan profesi apoteker, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengertian dan ruang lingkup standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit.

*(Disertai Kunci Jawaban dan File Bisa di download di akhir soal)

Soal dan Kunci Jawaban Pengertian dan Ruang Lingkup Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

Untuk memudahkan anda dalam mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Standar Pelayanan Kefarmasian adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian (PMK No.58/2014/Keputusan Menteri Kesehatan sebelumnya adalah No.1197 Tahun 2004). Praktek pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan.

Pelayanan diselenggarakan dan diatur demi berlangsungnya pelayanan farmasi yang efisien dan bermutu. Adanya struktur organisasi yang menggambarkan uraian tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab serta hubungan koordinasi di dalam maupun di luar pelayanan farmasi yang ditetapkan oleh pimpinan rumah sakit.

Ruang lingkup pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah:

  1. Administrasi dan Pengelolaan.
  2. Pimpinan dan staf.
  3. Fasilitas dan Peralatan.
  4. Kebijakan dan Prosedur.
  5. Pengembangan Staff dan Program Pendidikan.
  6. Evaluasi dan Pengendalian Mutu.

Soal Pilihan Ganda

Penting! Bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) yang menjelaskan tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah ….

A. No.58 Tahun 2014

B. No.1333 Tahun 1999

C. No.1198 Tahun 2004

D. No.36 Tahun 2014

2) Standar Pelayanan Kefarmasian adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai …. Bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian.

A. tantangan

B. pedoman

C. sikap

D. motivasi

3) Untuk menjamin mutu Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, harus dilakukan Pengendalian Mutu Pelayananan Kefarmasian yang meliputi ….

A. monitoring

B. evaluasi

C. monitoring dan evaluasi (monev)

D. motivasi

4) Ruang lingkup pelayanan kefarmasian di rumah sakit meliputi ….

A. Pimpinan dan staf, Fasilitas dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur, Pengembangan Staff dan Program Pendidikan, Evaluasi dan Pengendalian Mutu

B. Administrasi dan Pengelolaan, Pimpinan dan staf, Fasilitas dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur, Pengembangan Staff dan Program Pendidikan

C. Administrasi dan Pengelolaan, Pimpinan dan staf, Fasilitas dan Peralatan, Pengembangan Staff dan Program Pendidikan, Evaluasi dan Pengendalian Mutu

D. Administrasi dan Pengelolaan, Pimpinan dan staf, Fasilitas dan Peralatan, Kebijakan dan Prosedur, Pengembangan Staff dan Program Pendidikan, Evaluasi dan Pengendalian Mutu

5) Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit meliputi kegiatan ….

A. Pengelolaan sediaan farmasidan perbekalan kesehatan

B. Farmasi klinik

C. Monitoring dan evaluasi (monev)

D. Manajerial dan farmasi klinik

6) Pelayanan farmasi rumah sakit yang masih bersifat konvensional hanya berorientasi pada ….

A. Produk

B. Farmasi klinik

C. Perawatan

D. Pasien

7) Instalasi Farmasi Rumah Sakit dipimpin oleh ….

A. Asisten Apoteker

B. Apoteker

C. Dokter

D. Analis Kesehatan

8) Tenaga kesehatan yang membantu apoteker dalam menjalankan pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah ….

A. Asisten Apoteker

B. Apoteker

C. Dokter

D. Analis Kesehatan

9) Keputusan Menteri Kesehatan tentang standar pelayanan kefarmasian di rumah sakit sebelum dikeluarkan PMK No.58 Tahun 2014 adalah ….

A. No.1333 Tahun 2004

B. No.1197 Tahun 2004

C. No.1198 Tahun 2004

D. No.36 Tahun 2014

10) Yang bukan kegiatan pengendalian mutu untuk pelayanan kefarmasian di rumah sakit adalah ….

A. pemantauan

B. penilaian

C. tindakan

D. monitoring

Kunci Jawaban

1) A

2) B

3) C

4) D

5) D

6) A

7) B

8) A

9) B

10) D

Download Soal dan Jawaban Gratis

Jika menginginkan file soal, kami menyediakan untuk di unduh secara gratis, silahkan klik tombol unduh yang kami tampilkan di bawah ini, secara otomatis anda akan diarahkan ke halaman untuk mempersiapkan file (ikuti Petunjuknya)!

KLIK UNDUH SOAL DAN JAWABAN

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan farmasi dan profesi apoteker yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar agar mendapatkan nilai yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *