Soal Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

soal struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi

Soal Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.15 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi.

Rangkuman Materi Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Teks biografi merupakan salah satu bentuk teks cerita ulang. Cerita ulang biasanya disajikan secara kronologis, mengikuti urutan waktu. Teks biografi juga merupakan jenis teks cerita ulang.
  • Struktur teks biografi meliputi orientasi (aim), urutan peristiwa/kejadian penting (important event, record of events), dan reorientasi.
  • Kaidah kebahasaan yang sering muncul pada teks biografi adalah penggunaan kata ganti/kata acuan, kata kerja mental dan kata kerja pasif,  serta kata sambung/penghubung/konjungsi.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

Cermati teks biografi berikut ini!

Sebagai Bapak TNI, Sudirman telah menjadi motivator, idola, dan cermin keteladanan atau guru bagi para prajurit. Ia seorang yang sangat disiplin, tegas , dan teguh pendiriannya. Sebagai Bapak TNI, ia bukan disimbolkan oleh tanda pangkat, bintang atau tanda baca , tetapi ditandai dengan semangat dan nurani yang tajam sebagai seorang pejuang. Pakaian khasnya, adalah destar atau ikat wulung (ikat kepala berwarna hitam), baju mantol hijau tentara, dan  keris yang terselip. Dia sangat dekat dengan anak buah, arif,  dan tidak keras, tetapi lebih menonjolkan kebapakannya.

1. Ide pokok paragraf di atas adalah …

A. Sudirman telah menjadi motivator, idola, dan cermin keteladanan atau guru bagi para prajurit.

B. Pakaian khasnya, adalah destar atau ikat wulung (ikat kepala berwarna hitam), baju mantol hijau tentara, dan keris yang terselip.

C. Keistimewaan Sudirman yang jarang ditemukan pada diri pimpinan tentara mungkin juga pepimpin nasional yang lain.

D. Jenderal Sudirman sangat dekat dengan anak buah, arif, dan tidak keras, tetapi lebih menonjolkan kebapakannya.

E. Namun, di balik keistimewaan itu, belum banyak di antara masyarakat yang mengetahui bahwa     Sudirman anak desa.

2. Perbedaan biografi dengan autobiografi adalah …

A. Biografi adalah riwayat hidup tokoh, sedangkan autobiografi adalah adalah kisah- kisah tokoh.

B. Biografi adalah riwayat hidup seseorang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi  adalah riwayat hidup seseorang ditulis sendiri.

C. Biografi ditulis secara singkat, sedangkan autobiografi ditulis secara panjang lebar.

D. Biografi berisi biografi tokoh, sedangkan autobiografi perjalanan hidup tokoh.

E. Biografi dan autobiografi ditulis oleh seorang tokoh.

3. Ciri teks biografi menurut tujuannya adalah …

A. Teks biografi berisi data pribadi yang terpercaya dan melalui penelitian yang cermat

B. Teks biografi memberikan pengetahuan perjalanan hidup seorang tokoh kepada pembaca dan penulis.

C. Teks biografi dituliskan berdasarkan sudut pandang orang ketiga dan juga sumber-sumber yang terpercaya

D. Teks biografi dituliskan  berdasarkan imaji penulis dan tokoh itu sendiri.

E. Teks biografi dituliskan berdasarkan imajinasi belaka dengan bahasa yang indah

4. Struktur teks biografi adalah …

A. orientasi, peristiwa-peristiwa penting, reorientasi.

B. peristiwa-peristiwa penting, reorintasi

C. deskripsi, fakta, reorientasi

D. orientasi, deskripsi, masalah, reorientasi

E. deskripsi, masalah, reorientasi

Cermati penggalan biografi di bawah ini!

Dalam komik-komik internasional garapannya itu, Ardian Syaf (Aan) kerap menyisipkan unsur- unsur keindonesiaan, mulai dari penampakan baliho bergambar Gubernur DKI saat itu Jokowi dan wakilnya Basuki, dalam komik Batgigirl #1 yang berlatar cerita di Jakarta. Ada pula topi yang dipakai salah satu tokoh komik bertuliskan “The Great Help City” alias Kota Tulungagung dan tengkorak mengenakan blangkon, dan entah apa lagi yang akan menyusul. Meski menjadi komikus yang diperhitungkan di arena internasional, Aan tetap rendah hati dan sederhana. Dia merasa tenteram tinggal di Desa Tenggur dan mengajari anak-anak di lingkungannya belajar menggambar. Aan juga masih memendam cita-cita lainnya, yakni menggairahkan kembali komik Indonesia. (http://edukasi kompas.com . . . )

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Karya Ilmiah

5. Kepribadian unggul tokoh dari penggalan biografi di atas adalah …

A. masih memendam cita-cita lainnya

B. terkenal di arena internasional

C. suka ke luar negeri

D. rendah hati dan sederhana

E. suka menggambar karikatur

Teks biografi berikut untuk soal nomor 6 dan 7!

Cerita diawali dengan identitas diri dan keluarga Ardian Syaf, dilanjutkan dengan awal mula kecintaan Aan terhadap komik hingga cita-citanya menjadi seorang komikus. Cerita berlanjut dari dari awal perjuangan karier Aan setelah lulus dari kuliah dengan menjadi seorang illustrator di sebuah penerbit.

Pada bagian ini diulas banyak suka duka Aan meraih apa yang telah ia raih saat ini. Cerita dilanjutkan saat ia mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan sebuah blog dunia, tetapi usahanya selama dua tahun tidak membuahkan hasil. Selanjutnya, ketika anaknya sakit, Aan harus berjuang mencari pekerjaan tambahan untuk membiayai biaya rumah sakit. Di tengah kesulitannya itu, Aan mendapat e-mail berisi informasi tentang penerbit cukup ternama di AS. Dabel Brothers Publishing, tengah mencari penciler untuk komik Dresden Files. Penerbit tersebut akhirnya memercayakan Aan untuk menggarap komik Dresden Files. Sejak itulah, karya Aan kian dilirik oleh penerbit besar, DC Comics, dua kali mengontrak Aan secara eksklusif untuk menggarap berbagai komik superhero.

6. Alur cerita di atas adalah …

A. Maju

B. Mundur

C. Campuran

D. Renggang

E. Maju mundur

7. Arti kata pensiler pada paragraf di atas adalah …

A. Seniman yang bekerja di pembuatan film kartun dan animasi

B. Seniman yang bekerja di pembuatan film kartun dan buku komik.

C. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik dan novel.

D. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik, novel grafis, dan bentuk-bentuk seni visual

E. Seniman yang bekerja di pembuatan buku komik, film kartun, novel grafis dengan fokus pada ilustrasi pensil primer.

8. Tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

A. pertentangan

B. penambahan

C. akibat

D. pengurangan

E. waktu

9. Kata kerja mental pada kutipan biografi no. 8 adalah….

A. tulisan

B. komunikatif

C. patriotik

D. tajam

E. membangkitkan

Cermati kutipan teks biografi berikut!

Dikenal sebagai salah satu sastrawan Indonesia, Beliau dilahirkan di Sawahlunto, Sumatera Barat, pada tanggal 23 Agustus 1903. Ia menikah dengan Raden Ajeng Sundari Mertoatmadjo. Salah seorang anaknya yang dikenal, yaitu Rahadijan Yamin. Ia meninggal dunia pada tanggal 17 Oktober 1962 di Jakarta. Di zaman penjajahan, Yamin termasuk segelintir orang yang beruntung karena dapat menikmati pendidikan menengah dan tinggi. Lewat pendidikan itulah, Yamin sempat menyerap kesusastraan asing, khususnya kesusastraan Belanda.

10. Kutipan di atas merupakan bagian struktur teks biografi bagian….

A. Orientasi

B. Peristiwa penting

C. Coda

D. Reorientasi

E. Klimaks

Cermati kutipan berikut!

(1) Setamat AMS Yogya, Yamin bersiap-siap berangkat ke Leiden. (2) Akan tetapi, sebelum sempat berangkat sebuah telegram dari Sawahlunto mengabarkan bahwa ayahnya meninggal dunia. (3) Karena itu, kandaslah cita-cita Yamin untuk belajar di Eropa sebab uang peninggalan ayahnya hanya cukup untuk belajar lima tahun di sana. (4) Padahal, belajar kesusastraan Timur membutuhkan waktu tujuh tahun.(5)  Dengan hati masgul Yamin melanjutkan kuliah di Recht Hogeschool (RHS) di Jakarta dan berhasil mendapatkan gelar Meester in de Rechten ‘Sarjana Hukum’ pada tahun 1932.

BACA JUGA:  Soal Bagian-Bagian Penting dari Permasalahan Aktual

11. Frasa di sana pada kalimat ketiga (3) dari kutipan di atas menggantikan pernyataan…

A. AMS Yogyakarta

B. Leiden

C. Sawahlunto

D. Recht Hogerchool

E. Jakarta

12. Konjungsi yang menyatakan hubungan pertentangan terdapat pada kalimat nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan: Ide pokok paragraf merupakan gagasan dasar yang diwujudkan ke dalam kalimat utama paragraf. Ide pokok paragraf kutipan biografi tersebut terdapat pada kalimat terakhir, yakni “Itulah beberapa keistimewaan Sudirman yang jarang ditemukan pada diri pimpinan tentara mungkin juga pepimpin nasional yang lain”. Paragraf tersebut dikembangkan secara induktif yakni pernyataan umum berada di akhir paragraf.

2. B → Pembahasan: Biografi merupakan teks naratif tentang riwayat atau kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang atau pihak lain, sedangkan autobiografi adalah kisah atau riwayat hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri.

3. C → Pembahasan: Teks biografi ditulis dengan tujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang perjuangan dan keteladanan tokoh dalam mengarungi kehidupan dan memperjuangkan cita-cita.

4. A → Pembahasan: Struktur teks biografi terdiri atas orientasi, peristiwa-peristiwa penting, dan reorientasi. Orientasi , berisi tentang pengenalan tokoh yang diceritakn ,dan gambaran awal seorang tokoh tersebut. Peristiwa dan masalah,tokoh mendapatkan suatu kejadian atau peristiwa dalam hidupnya mulai dari kejadian seorang tokoh terpuruk dalam masalahnya sampai dengan menggapai cita-cita sehingga sukses sampai sekarang. Reorentasi adalah pandangan seorang penulis terhadap tokoh yang diceritakan dalam teks biografinya.

5. D → Pembahasan: Tokoh memiliki kepribadian yang unggul, tersurat dalam teks “Meski menjadi komikus yang diperhitungkan di arena internasional, Aan tetap rendah hati dan sederhana”

6. A → Pembahasan: Alur cerita pada teks biografi umumnya maju. Karena teks biografi merupakan teks naratif yang diceritakan secara kronologis berdasarkan urutan waktu dari peristiwa awal hingga peristiwa terakhir.

7. E → Pembahasan: Arti kata penciler adalah seniman yang bekerja di pembuatan buku komik, film kartun, novel grafis dengan fokus pada ilustrasi pensil primer.

8. C → Pembahasan: Konjungsi sehingga merupakan konjungsi bertingkat atau subordinatif yang menandai hubungan makna pengakibatan , yakni menghubungkan klausa pertama sebagai sebab dan klausa kedua sebagai akibat. Konjungsi lainnya yang sejenis adalah, sampai-sampai, maka, makanya, karenanya, sampai.

9. E → Pembahasan: Kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan respons atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan, atau pengalaman. Kata kerja mental juga disebut sebagai verba tingkah laku atau kata kerja behavioral yang menggambarkan perilaku atau tindakan seseorang ketika menghadapi keadaan tertentu. Kata mental menerangkan kata persepsi (mendengar, menangis), afeksi (khawatir, sedih), dan kognisi (berpikir, memahami). Kata kerja ini juga menggunakan kata yang biasa dilakukan manusia dan terdapat peran orang lain atau fenomena tertentu yang menjadi pemicu.

10. A → Pembahasan: Bagian orientasi dari teks biografi berupa pemaparan awal tokoh yang diceritakan, yakni berisi informasi tentang nama tokoh, tempat tanggal lahirnya, dan di mana dia dilahirkan, siapa orang tuanya, dan sebagainya.

11. B → Pembahasan: Kata ganti di sana pada kalimat tersebut merupakan kata ganti tunjuk tempat yang jauh. Lokasi/ tempat yang digantikan adalah Leiden, kata yang disebut pada kalimat sebelumnya.

12. B → Pembahasan: Konjungsi bermakna pertentangan menghubungkan dua kalimat sederajat, tetapi mempertentangkan kalimat tersebut. Biasanya posisi kalimat kedua lebih penting dibandingkan kalimat pertama. Contoh : tetapi, sebaliknya, padahal, melainkan, sedangkan, akan tetapi, namun.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.