Soal Transformasi Teknologi di Indonesia Dalam Perjalanan Sejarahnya

soal transformasi teknologi di Indonesia dalam perjalanan sejarahnya

Soal Transformasi Teknologi di Indonesia Dalam Perjalanan Sejarahnya – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah Indonesia kelas 12, XII KD 3.9 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang transformasi teknologi di Indonesia dalam perjalanan sejarahnya.

Rangkuman Materi Transformasi Teknologi di Indonesia Dalam Perjalanan Sejarahnya

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Konsep revolusi hijau mulai digencarkan oleh pemerintah Orde Baru sejak akhir 1960-an.
  • Meningkatnya jumlah penduduk mengakibatkan kebutuhan bahan pangan semakin meningkat.
  • Lewat penerapan Panca Usaha Tani yang dijalankan melalui irigasi yang baik, pemilihan bibit unggul, pemupukan dan penggunaan pestisida dengan penanman lebih sistematis.
  • Keinginan para petani untuk mengikatkan produktivitas pertaniannya dengan melakukan pemupukan pestisida sehingga hal tersebut berdampak negatif bagi petani sendiri antara lain, rusaknya tanah karena pemupukan yang berlebihan serta munculnya banyak hama yang menyerang tanaman petani.
  • Kereta api di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial yang digunakan sebagai kepentingan pememrintah kolonial belanda, seiring dengan perjalanan waktu pada tanggal 28 september 1945 pengelolaan kereta api diserahkan sepenuhnya oleh pemerintah Belanda kepada Indonesia.
  • Pada transportasi udara, Indonesia mempuyai maskapai Garuda yang melayani penerabangan domestik Pada 26 januari 1949.
  • Dalam teknologi kedirgantaraan Indonesia pada perjalanan sejarhnya berhasil mengorbitkan Satelit Palapa A1 milik Perumtel 9Sekarang telkom). Selain itu Indonesia berhasil mendirikan PT pesawat terbang Nurtanio (IPTN) tahun 1976.
  • Teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia pada masa pergerakan digunakan untuk menebarkan semangat nasionalisme selanjutnya komunikasi yang dikembangkan sebagai alat untuk mencapai tujuan pemerintah.
  • Pada masa orde lama Soerkarno banyak menggagas ide ide tentang pembanguan gedung-gedung dengan gaya arsitektur yang sudah dipengaruhi oleh gaya arsitektur modern. Pada masa ini juga muncul arsitektur arsitektur nasional antara lain F Silalaban, R.M Sudarsono, Han Awal, Suhamir dan Sujudi.
  • Dalam teknologi arsitektur dan konstruksi Indonesia mampu menciptakan konsep Konstruksi cakar ayam yang digagas oleh Sedyatmo dan kontruksi sosrobahu yang digagas oleh Tjoorda Raka Sukawati.
BACA JUGA:  Soal Konsep Perubahan dan Keberlanjutan Dalam Sejarah

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Semakin lama jumlah penduduk Indonesia dalam meningkat sehingga usaha prosuksi pertanianpun harus dilakukan pemerintah, salah satu dilakukan dengan cara sebagai berikut ….

A. Mengintensifkan industrialisasi

B. Menerapkan kebijakan revolusi

C. Menanamkan modal di sektor pertanian

D. Membuka lapangan kerja di sektor pertanian

E. Mengintensifkan tranmigrasi daerah-daerah pertanian

2. Perkembangan teknologi ilmu pengetahuan telah mendorong lahirnya revolusi hijau di dunia. Gerakan ini merupakan upaya untk memenuhi kebutuhan pangan manusia yang jumlahnya terus bertambah. Inti dari pada gerakan revolusi hijau adalah …

A. Penanaman lahan hijau seluas-luasnya untuk menghasilkan lahan subur produktif

B. Penggunaan teknologi untuk menghasilkan produksi pangan yang lebih baik

C. Perubahan pengelolaan pangan dengan melibatkan pihak sawatsa dan pemerintah secara bersama

D. Menopoli sumber pangan oleh negara agar proses produksi dan distribusinya berjalan lancar dan merat

E. Pegerahan sebanyak mungkin untuk memproduksi sebanyak mungkin jumlah makanan

3. Perubahan cara bercocok tanam dari cara tradisional menjadi cara modern untuk meningkatkan produktifitas pertanian di Indonesia dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini yang tidak termasuk cara meningkatkan produktivitas pertanian adalah… 

A. Irigasi

B. Rehabilitasi

C. Diversifikasi

D. Intensifikasi

E. Ekstensifikasi

4. salah satu indikator keberhasilan Orde Baru dalam melaksanakan revolusi hijau adalah sebagaimana tercantum dibawah ini …

A. pemerintah melanjutkan program pembangunan 5 tahun tahap 2

B. presiden Soeharto mendapatkan kehormatan dari dengan gelar bapak pembangunan

C. digabungkannya departemen pertanian dan perkebunan untuk meningkatkan kinerja

D. penghargaan FAO pada tahun 1988 karena keberhasilan Indonesia berswasembada pangan

E. penghargaan Imf kepada Indonesia karena berhasil mengeksport beras di wilayah Asia

5. Revolusi hijau banyak membawa perubahan dalam kehidupan manusia selain membawa dampak positif revolusi hijau juga membawa dampak negatif pula. Diantaranya …

BACA JUGA:  Soal Penjelajahan Samudra

A. Maraknya arus urbanisasi

B. Menumbuhkan sikap individualistis di kalangan petani

C. Lahan kosong banyak dihabiskan untuk lahan petani

D. Kelompok petani menjadi kemlompok minoritas

E. Ketergantungan petani terhadap penggunaan pupuk dan pestisida

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Revolusi hijau didsari oleh penelitian robert maltus Malthus berpendapat bahwa pertumbuhan Penduduk akan mengikuti deret ukur (1,2,4,8,16,32,64,128,256 dan seterusnya) sedangkan tumbuhan mengikuti hitung Hasil penelitiannya ini adalah hal yang melatar belakangi Revolusi Hijau dunia. Revolusi Hijau menjadi proyek untuk meningkatkan jumlah produksi pangan di negara negara dunia. Munculnya berbagai pencarian bibit unggul dan pengendalian jumlah penduduk dilakukan atas penelitian teori ini.

2. B → Pembahasan: Revolusi hijau pada dasarnya adalah perubahan yang cepat Perkembangan dalam cara bercocok tanam sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian teknologi ilmu pengetahuan telah mendorong lahirnya revolusi hijau di dunia. Sehingga diperlukan adanya ilmu pengetahuan mengenai teknologi untuk mampu memproduk alat atau bahan yang mampu meingkatkan hasil prosuksi pertanian.

3. A → Pembahasan: Pada masa pemerintahan presiden Soeharto Tepatnya pada masa Orde Baru sejak dilaksanakannya Pelita I di tahun 1969, Revolusi Hijau diterapkan dan fokus pada peningkatan hasil pertanian (beras). Pelaksanaannya terbagi menjadi 4 program antara lain Rehabilitasi,Diversifikasi, Intensifikasi, ekstensifikasi.

4. D → Pembahasan: Revolusi Hojau yang dilaksanakan oleh pemrintah Indonesia pada masa ore Baru dengan fokus peningkatan prosuksi besar mendapatkan penghargaan dari FAO pada tahun 1988 sebagai negara yang mampu berswasembada pangan.

5. E → Pembahasan:

Selain bermanfaat bagi umat manusia revolusi hijau juga menimbulkan dampak negatif pula. Adapun dampak negatif dari revolusi hijau adalah:

  • Musnahnya organisme penyubur tanah
  • Kesuburan tanah menurun dan menjadi tandus
  • Tanah mengandung resido akibat endapan pestisida
  • Hasil pertanian mengandung bahan kimia pestisida
  • Ekosistem rusak dan tidak lagi seimbang

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.