Soal Tujuan Manfaat Keselamatan Pasien

Soal Tujuan Manfaat Keselamatan Pasien

Soal Tujuan Manfaat Keselamatan Pasien – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan rekam medis, yuk simak contoh soal-soal yang sering muncul tentang materi tujuan dan manfaat program keselamatan pasien.

Soal dan Kunci Jawaban Program Tujuan Manfaat Keselamatan Pasien

Manajemen mutu informasi kesehatan didefinisikan sebagai upaya meningkatkan mutu informasi kesehatan melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan.

Manajemen mutu informasi kesehatan menjadi penting karena informasi kesehatan yang dihasilkan oleh unit rekam medis dan informasi kesehatan akan digunakan oleh para pengambil keputusan.

Read More

Kemampuan dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam mengelola mutu informasi kesehatan sangat dibutuhkan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, tindak lanjut, serta implementasi solusi meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan. Merupakan pengertian dari apakah pernyataan di atas?

A. Keselamatan dokter, pasien, dan rumah sakit.

B. Insiden keselamatan pasien.

C. Insiden kejadian pasien.

D. Keselamatan pasien.

2) Insiden terhadap keselamatan pasien meliputi beberapa kemungkinan insiden. Suatu insiden yang merupakan kejadian yang tidak disengaja dan kondisi mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera yang dapat dicegah pada pasien. Pernyataan diatas merupakan pengertian dari kategori insiden apa?

A. Insiden keselamatan pasien.

B. Insiden kecelakaan pasien.

C. Insiden kejadian pasien.

D. Keselamatan pasien.

3) Suatu hari di Klinik Mata ada dua orang pasien yang berobat. Pasien A adalah Agus Sulaeman, Pasien B adalah Agus Firmansyah. Petugas memanggil Tn. Agus untuk masuk ruang periksa, kemudian masuklah Agus Sulaeman ke ruang periksa. Sementara yang dimaksud petugas sesuai rekam medis pasien adalah Tn. Agus Firmansyah. Beruntung petugas melakukan identifikasi saat akan memeriksa pasien dengan menanyakan nama dan tanggal lahir pasien. Petugas menyadari pasien yang masuk adalah Agus Sulaeman. 

Dalam insiden keselamatan pasien, termasuk insiden apakah pernyataan di atas?

A. Kejadian Tidak Diharapkan (KTD)

B. Kondisi Potensial Cedera (KPC)

C. Kejadian Nyaris Cedera (KNC)

D. Kejadian Tidak Cedera (KTC)

4) Pasien “X” dirawat di suatu rumah sakit. Pasien dan keluarganya mendapatkan informasi tentang penyakitnya, tata cara tindakan medis, tujuan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan. Berdasarkan uraian tersebut, termasuk standar apakah dalam keselamatan pasien?

A. Standar tindakan medis pasien.

B. Kriteria standar hak pasien.

C. Standar hak rumah sakit.

D. Standar hak pasien.

5) Setiap insiden yang terjadi di seluruh bagian di rumah sakit wajib dilaporkan kepada Tim Keselamatan Pasien rumah sakit. Berdasarkan laporan tersebut Tim Keselamatan Pasien akan merumuskan penanganan yang semestinya, bukan untuk mencari kesalahan tetapi untuk antisipasi agar insiden tidak terjadi lagi di masa yang akan datang. Kapan insiden keselamatan pasien tersebut dilaporkan?

A. Maksimal 2 X 24 jam

B. Dalam waktu 1 X 24 jam

C. Maksimal seminggu setelah insiden terjadi

D. Dalam waktu sebulan setelah kejadian masih dapat dilaporkan

Kunci Jawaban

  1. D: Keselamatan pasien.
  2. B: Insiden keselamatan pasien.
  3. C: Kejadian Nyaris Cedera (KNC)
  4. D: Standar hak pasien.
  5. A: Maksimal 2 X 24 jam

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan rekam medis yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *