Pengertian Gangguan Kecemasan, Jenis-jenis & Gejalanya

gangguan kecemasan

Pengertian Gangguan Kecemasan menjadi fokus bahasan kita kali ini. Masalah ini sering dianggap wajar menyerang setiap individu karena hal tersebut merupakan bagian dari kehidupan setiap manusia. Namun demikian, jika kecemasan yang Anda alami terlalu sering, terlalu berlebihan, dan tanpa alasan yang kuat, maka Anda mungkin mengidap gangguan kecemasan atau yang biasa disebut dengan istilah anxiety disorder.

Pengertian Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan sekelompok gangguan dimana kecemasan adalah gejala umumnya (gangguan kecemasan dan gangguan panik), atau dialami jika seseorang berupaya mengendalikan perilaku maladaptif tertentu (gangguan jobik dan gangguan obsesif-kompulsif).

Kecemasan dapat saja menjadi hal yang merusak jika seseorang mengalaminya dari peristiwa yang oleh sebagian besar orang dianggap biasa saja.

Bacaan Lainnya

Gangguan kecemasan masuk dalam golongan gangguan mental, sehingga kondisi ini tentu berbeda dengan kecemasan biasa. Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan akan merasa sangat khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika dirinya sedang berada dalam situasi normal.

Dalam kasus yang parah, gangguan kecemasan juga bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Jenis-jenis Gangguan Kecemasan

Setelah mengetahui dan memahami tentang pengertian gangguan kecemasan, sekarang Anda akan belajar tentang jenis-jenis gangguan kecemasan.

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan, antara lain:

1. Gangguan Kecemasan Umum

Gangguan kecemasan umum dapat disebut sebagai Generalized Anxiety Disorder (GAD). GAD adalah kecemasan kronis yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan.

Jenis gangguan kecemasan ini berlangsung secara persisten dan cenderung tidak terkendali. Orang dengan GAD akan sangat gelisah walaupun sedang tidak berada dalam situasi yang menegangkan.

Rasa khawatir, tegang dan cemas berlebihan tersebut terkadang juga disertai dengan gejala fisik, seperti gelisah, sulit berkonsentrasi, tidak nafsu makan, dan juga mengalami insomnia (sulit tidur).

2. Gangguan Kecemasan Sosial

Gangguan kecemasan sosial atau yang biasa disebut dengan social anxiety disorder adalah rasa ketakutan yang ekstrem yang muncul ketika berada di tengah-tengah banyak orang.

Gugup ketika bertemu dengan orang lain, terutama dengan orang yang baru dikenal, orang asing, atau orang dengan posisi penting adalah hal yang wajar saja.

Tetapi jika Anda selalu merasa gugup dan takut berada di lingkungan yang baru kemudian mengakibatkan perasaan khawatir berlebihan yang diiringi dengan keringat banyak sekali atau merasa mual hingga ingin muntah, Anda mungkin mengalami gangguan kecemasan social.

3. Gangguan Panik

Tidak seperti gangguan kecemasan biasa, gangguan panik (panik disorder) selalu datang tiba-tiba dengan intensitas yang tinggi.

Gangguan panik menyerang berulang-ulang kali tanpa adanya alasan yang jelas.

Seseorang yang mengalami kondisi ini pada umumnya juga menunjukkan gejala-gejala fisik seperti keluar keringat yang berlebihan, nyeri di dada, sakit kepala, nafas yang memburu, dan detak jantung yang tidak teratur.

Banyak orang awam sering menganggap rangkaian gejala tersebut sebagai serangan jantung. Serangan gangguan panik bisa dialami kapan saja dan dimana saja.

BACA JUGA:  Soal Konsep Perilaku Manusia

Beberapa orang mungkin akan mengalami serangan panik hanya dalam hitungan menit, sementara yang lainnya bisa mengalami hingga berjam-jam.

4. Fobia Spesifik

Fobia spesifik juga termasuk dalam golongan gangguan kecemasan. Kondisi ini merupakan ketakutan yang berlebihan dan terus-menerus terhadap suatu obyek, situasi, atau aktivitas tertentu yang umumnya tidak berbahaya.

Contohnya fobia pada pisau, cicak, balon, ketinggian, peniti, darah, dan lain sebagainya.

Penderita fobia spesifik ini tahu bahwa ketakutan yang mereka alami adalah berlebihan, tetapi mereka tetap saja tidak bisa mengatasinya.

Gejala-gejala Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan kondisi yang sangat umum dan dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor resikonya.

Tanda-tanda dan gejala gangguan kecemasan tergantung pada jenis gangguan kecemasan yang dialami penderitanya. Berikut ini adalah gejala gangguan kecemasan berdasarkan jenisnya, antara lain:

1. Gangguan Kecemasan Umum

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan umum akan menunjukkan beberapa gejala.

Misalnya mudah merasa lelah, gelisah terus menerus, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, sulit mengendalikan perasaan khawatir, kram otot, selalu merasa kurang tidur, dan juga sulit tidur.

2. Gangguan Panik

Secara umum, gejala yang ditunjukkan oleh penderita gangguan ini adalah merasa gelisah terus-terusan tanpa alasan yang jelas, jantung berdebar-debar, detak jantung meningkat, nafas tersengal-sengal, berkeringat atau memburu, berkeringat dan gemetar tangan dan kaki terasa kram, kesemutan, atau bahkan mati rasa, sulit mengendalikanperasaan takut, dan otot terasa sangat tegang.

3. Kecemasan Sosial

Gejala gangguan kecemasan sosial antara lain gugup berlebihan ketika melakukan interaksi sosial, mengalami kecemasan intens selama berhari-hari, minggu atau bahkan sampai bulanan, ketakutan yang amat sangat tentang rasa diamati atau dinilai jelek oleh orang lain.

Terutama oleh orang-orang yang belum atau baru berkenalan, menghindari tatap mata dengan lawan bicara, memilih berdiam diri atau bersembunyi untuk menghindari orang lain, menarik diri dari aktivitas social.

Gejala lainnya, wajah memerah ketika diminta bicara di depan orang banyak, nafas pendek-pendek, sakit perut, mual sampai ingin muntah, badan dan suara jadi gemetar, jantung berdebar-debar atau dada terasa sesak, berkeringat, dan merasa pusing atau bahkan ingin pingsan.

4. Fobia Spesifik

Seperti namanya, orang dengan fobia spesifik akan memiliki ketakutan yang sangat intens terhadap suatu objek, benda, atau situasi tertentu.

Orang dengan kondisi ini mungkin akan berteriak atau menangis secara histeris ketika hal-hal yang mereka takuti ada di depan pandangannya.

Beberapa gejala fisik dan emosional yang mungkin dialami orang dengan kondisi ini di antaranya adalah detak jantung dan nafas tidak teratur ketika melihat yang ditakutinya, rasa takut berlebihan sehingga berkeringat deras, dan penderita ini bisa mendadak lemas hingga pingsan saat ketakutan yang dirasakannya telah mencapai puncaknya.

LANJUT BACA! Pahami TRAUMA

Nah itulah penjelasan lengkap tentang pengertian gangguan kecemasan. Setelah membaca, pasti maka kamu sudah bisa mengidentifikasi gangguan kecemasan tersebut, sehingga memudahkan untuk mengambil langkah selanjutnya.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.