Soal Manajemen Asuhan Keperawatan

soal manajemen asuhan keperawatan

Soal Manajemen Asuhan Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi manajemen asuhan keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Manajemen Asuhan Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pasien yang didefinisikan sebagai pelanggan dan membutuhkan perawatan merupakan penerima pelayanan keperawatan (Timby & Lewis, 1992).

Bacaan Lainnya

Dalam era kesegajatan yang menyebabkan derasnya arus informasi yang diterima oleh pasien khususnya tentang keperawatan, juga dengan meningkatnya level pendidikan rata-rata pasien mengakibatkan kebutuhan pasien akan pelayanan keperawatan meningkat pula.

Sebagai akibatnya perawat perlu menata kembali kinerja dan pelayanan yang diberikan kepada pasien. Disamping itu, pendidikan kesehatan keluarga juga sangat diperlukan karena dapat mengurangi kebosanan dan reaksi negatif keluarga (Ostwald, et al, 1999) dan meningkatkan kepuasan keluarga (Brooker, 1991)

Asuhan keperawatan dibuat oleh perawat merupakan salah satu usaha untuk menjawab tantangan perkembangan kebutuhan diatas.

Walaupun diakui masih banyak yang perlu direvisi dan ditata ulang, namun setidaknya apa yang telah dilakukan ini dapat membantu pemberian asuhan keperawatan yang prima bagi ‘customer’ yang dalam hal ini adalah pasien.

Proses manajemen keperawatan sejalan dengan proses keperawatan sebagai satu metode pelaksanaan asuhan keperawatan secara profesional, sehingga diharapkan keduanya dapat saling menopang.

Sebagaiman proses keperawatan, dalam manajemen keperawatan terdiri dari pengumpulan data, identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil

Karena manajemen keperawatan mempunyai kekhususan terhadap mayoritas tenaga daripada seorang pegawai, maka setiap tahapan didalam proses manajemen lebih rumit dibandingkan proses keperawatan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1. Kegiatan dilakukan oleh seorang perawat pada tahap pengkajian adalah…

A. mengumpulkan Data

B. validasi Data

C. organisasi data

D. analisa Data

2. Bila dilihat dari tipe/jenis data, maka data dibagi ke dalam data subyektif dan data objektif. Yang termasuk data Objektif adalah…

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Artikel dan atau Buku Ilmiah

A. pucat

B. konjungtiva anemis

C. tekanan darah 90/60 mmhg

D. pusing

3. Yang termasuk ke dalam data subyektif adalah…

A. berat badan turun 2kg

B. tidak nafsu makan

C. porsi makanan habis 1/4 porsi

D. mual

4. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dengan menggunakan stetoskop untuk mendengarkan berbagai bunyi/suara  dalam tubuh disebut…

A. inspeksi

B. auskultasi

C. palpasi

D. perkusi

5. Bukan komponen diagnose keperawatan adalah…

A. problem

B. etiologi

C. sindrom

D. symptom

6. Jika perawat menentukan diagnosa keperawatan “gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi, kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan intake yang kurang”. Diagnosa ini termasuk diagnosa …

A. actual

B. resiko

C. sejahtera

D. kemungkinan

7. Dari kasus diatas yang menjadi etiologinya adalah…

A. gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi

B. intake yang kurang

C. tidak nafsu makan

D. mual

8. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang perawat pada tahap pelaksanaan atau implementasi adalah…

A. memprioritaskan masalah

B. menentukan tujuan

C. memilih strategi keperawatan

D. melaksanakan rencana keperawatan

9. Saat perawat merawat seorang pasien dengan kondisi terpasang sonde, menggunakan nasal canule, menggunakan dower kateter, tidak mampu melakukan aktivitas maka waktu yang dipergunakan perawat untuk merawat pasien tersebut menurut Gillies adalah…

A. 1 jam per shif

B. 2 jam per shif

C. 3 jam per shif

D. 4 jam per shif

10. Bila pasien dirawat dalam rangkat persiapan operasi (Fibro Adenoma Mamae) maka waktu yang digunakan perawat bersama pasien adalah …

A. 15 menit per shif

B. 20 menit per shif

C. 30 menit per shif

D. 40 menit per shif

Kunci Jawaban

  1. D
  2. B
  3. A
  4. B
  5. B
  6. A
  7. A
  8. A
  9. C
  10. D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.