Soal Manajemen Mutu Informasi Kesehatan

Soal Manajemen Mutu Informasi Kesehatan

Soal Manajemen Mutu Informasi Kesehatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan rekam medis, yuk simak contoh soal-soal yang sering muncul tentang materi dasar-dasar manajemen mutu dan informasi kesehatan.

Soal dan Kunci Jawaban Manajemen Mutu Informasi Kesehatan

Manajemen mutu informasi kesehatan didefinisikan sebagai upaya meningkatkan mutu informasi kesehatan melalui fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan.

Manajemen mutu informasi kesehatan menjadi penting karena informasi kesehatan yang dihasilkan oleh unit rekam medis dan informasi kesehatan akan digunakan oleh para pengambil keputusan.

Bacaan Lainnya

Kemampuan dan ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam mengelola mutu informasi kesehatan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan informasi kesehatan yang berkualitas.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Informasi kesehatan sebagai output dari unit rekam medis dan informasi kesehatan harus selalu ditingkatkan dan dijaga mutunya. Upaya apa yang harus dilakukan oleh penanggung jawab unit untuk hal tersebut?

A. Mengukur mutu

B. Melakukan mutu

C. Melaksanakan mutu

D. Meningkatkan mutu

2) Saudara diterima sebagai karyawan di sebuah rumah sakit yang sedang menyiapkan ruangan kerja rekam medis dan informasi kesehatan. Saudara diminta mengelompokkan pekerjaan, membagi tenaga yang ada dan membuat jadwal tugas untuk 1 (satu) tahun. Fungsi manajemen apakah yang dimaksud?

A. Pengorganisasian

B. Penggerakkan

C. Perencanaan

D. Pengawasan

3) Berdasarkan hasil monitoring dilaporkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan traser masih rendah. Hasil wawancara dengan petugas penyimpanan bahwa traser banyak yang rusak dan tidak layak digunakan. Setelah diteliti penyebabnya, ternyata belum ada permintaan traser dari bagian rekam medis. Fungsi manajemen manakah yang belum berjalan dengan baik?

A. Pengawasan

B. Perencanaan

C. Penggerakan

D. Pengorganisasian

4) Seorang kepala unit rekam medis dan informasi kesehatan bertugas mengelola seluruh sumber daya yang ada. Untuk mengelola agar unit kerja dapat mencapai tujuan yang diharapkan, perlu menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang baik. Apa saja fungsi-fungsi manajemen?

A. Perencanaan, penggerakkan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi

B. Perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, penggerakkan dan evaluasi

C. Perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, evaluasi dan pengawasan

D. Perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan evaluasi

5) Seorang kepala unit kerja RMIK bertugas mengelola seluruh sumber daya yang ada. Untuk mengetahui hasil akhir dari mutu informasi kesehatan apakah sesuai rencana atau tidak, perlu dilakukan penilaian. Termasuk fungsi manajemen apakah kegiatan tersebut?

A. Evaluasi

B. Pemantauan

C. Pengawasan

D. Pengontrolan

Kunci Jawaban

  • D: agar informasi kesehatan bermanfaat harus ditingkatkan mutunya.
  • A: mengelompokkan pekerjaan, menempatkan tenaga, membagi tugas merupakan pengorganisasian.
  • B: dengan perencanaan yang baik, seharusnya tidak terjadi kekosongan tracer
  • D: fungsi-fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan evaluasi.
  • A: evaluasi dilakukan setelah hasil akhir kegiatan selesai

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan rekam medis yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *