Soal Pengarahan dalam Manajemen Keperawatan

soal pengarahan dalam manajemen keperawatan

Soal Pengarahan dalam Manajemen Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengarahan dalam manajemen keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Pengarahan dalam Manajemen Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengarahan merupakan salah satu fungsi manajemen yang harus dilakukan oleh manajer keperawatan.

Bacaan Lainnya

Pengarahan menjadi sangat penting karena terkait dengan sumber daya manusia keperawatan yang memiliki kontribusi terhadap kelancaran roda organisasi.

Berbagai upaya dilakukan oleh manajer keperawatan agar dapat menggerakkan anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kepemimpinan yang efektif, komunikasi yang baik, motivasi yang baik merupakan bagian yang perlu dilakukan untuk mengharmonisasikan kegiatan layanan keperawatan di ruangan dan merupakan bagian yang sangat erat dengan pengarahan dan pengendalian.

Kegiatan pengarahan bisa dilakukan oleh manajer keperawatan mulai dari hal-hal sederhana samapai dengan yang komplek.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1. Anda adalah perawat pelaksana yang masih yunior. Dalam melaksanakan tugas Anda mendapat pengarahan dan bimbingan langsung dari kepala ruang terkait tindakan-tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan standar. Apakah jenis ketrampilan pengarahan kepala ruang berdasarkan situasi di atas? 

A. Ketrampilan manajerial

B. Ketrampilan teknikal

C. Ketrampilan interpersonal

D. Ketrampilan konseptual

2. Anda bertugas diruangan yang menerapkan metode keperawatan tim. Sebelum melaksanakan pelayanan seluruh anggota tim perawatan melakukan konferensi awal (pre conference). Tampak kepala ruang sedang menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing perawat. Apakah bentuk kegiatan yang dilakukan kepala ruang pada situasi di atas?

A. Koordinasi pelayanan keperawatan

B. Komunikasi anggota tim

C. Diskusi kasus

D. Pembagian tugas

3. Seorang kepala ruang sedang berdiskusi dan membantu Anda sebagai perawat yunior yang mengalami kesulitan dalam melakukan tindakan keperawatan. Kegiatan ini dilakukan agar Anda dapat meningkat kinerjanya. Apakah aktivitas manajemen yang dilakukan kepala ruang pada situasi di atas?

A. Supervisi

B. Delegasi

C. Diskusi

D. Bimbingan

4. Sebelum melaksanakan pelayanan perawatan, tampak seorang kepala ruang sedang memberikan informasi dan pengarahan kepada perawat terkait masalah pasien serta tugas-tugas yang harus dilakukan pada shif tersebut. Apakah esensi kegiatan yang dilakukan kepala ruang pada situasi tersebut?

A. Diskusi kasus

B. Pembagian tugas

C. Penyelesaian masalah

D. Komunikasi anggota tim

5. Pada saat akhir dinas dalam satu shift pelayanan keperawatan, setiap perawat pelaksana melaporkan perkembangan asuhan keperawatan, tindakan keperawatan dan hasilnya, serta rencana tindakan selanjutnya. Dalam manajemen asuhan keperawatan, Apakah fungsi manajemen yang sedang terjadi dalam situasi tersebut?

A. Perencanaan

B. Pengorganisasian

C. Pengggerakan

D. Evaluasi

Kunci Jawaban

  1. B
  2. D
  3. A
  4. B
  5. D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.