Soal Pengorganisasian dalam Manajemen Keperawatan

soal pengorganisasian dalam manajemen keperawatan

Soal Pengorganisasian dalam Manajemen Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi dasar-dasar pengorganisasian dalam manajemen keperawatan

Soal dan Kunci Jawaban Pengorganisasian dalam Manajemen Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengorganisasian pelayanan keperawatan adalah proses pengelompokan kegiatan terhadap tugas, wewenang, tanggung jawab dan koordinasi kegiatan baik vertikal maupun horizontal yang dilakukan oleh tenaga keperawatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

Bentuk pengorganisasian ada3 yaitu bentuk lini, staf dan lini dan staf.

Ada empat prinsip tersebut adalah: 1) Pembagian kerja. 2) Pendelegasian tugas, 3) Koordinasi dan 4) Manajemen waktu.

Pengorganisasi dalam pelayanan/asuhan keperawatan sesuai dengan metode yang digunakan. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengorganisasikan kerja pelayanan/asuhan keperawatan di bangsal/ruang perawatan, yaitu: metode fungsional, metode tim, metode alokasi, primer, dan gabungan 9moduler).

Dengan penerapan model asuhan keperawatan profesional yang tepat diharapkan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan tanggung gugat  dari perawat sebagai pemberi  layanan keperawatan (Care Providers) dan dapat memberikan kepuasan bagi  pasien sebagai penerima layanan keperawatan (Care Receivers).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1. Seorang perawat profesional sedang melakukan pengelolaan asuhan keperawatan pada seorang pasienwanita yang mengalamisesaknafas. Perawat tersebut melakukan pengkajian, mendiagnosa, merencanakan, melaksanakan tindakan dengan bantuan perawat pelaksana, dan evaluasi. Apakah peran yang menjadi tanggung jawab perawat tersebut dalam melaksanakan tugasnya?

A. Kepala Ruang

B. Ketua Tim

C. Manajer asuhan keperawatan

D. Perawat primer

2. Seorang perawat mendapat tugas memberikan asuhan keperawatan kepada seorang pasien perempuan lansia dengan diagnosa stroke fase rehabilitasi. Pasien tersebut mengalami hemiparese dengan kekuatan otot ekstrimitas kiri 3/3. Pasien mengalami gangguan mobilitas fisik. Saat ini Perawat tampak sedang membantu pasien untuk turun daritempattidurdanmelakukanlatihanambulasi. Teori apakah yang mendasari perawat dalam mengelola pasien tersebut?

A. Teori Kebutuhan Dasar Manusia

B. Teori Self Care

C. Teori Lingkungan

D. Teori Adaptasi

3. Seorang pasien wanita berusia 40 tahun dirawat dengan keadaan umum lemah dan mengalami kesulitan dalam memenuhi ADL. Perawat yang bertugas mengelola pasien tersebut tampak memberikan bantuan untuk pemenuhan kebutuhan makan, minum dan kebersihan personalnya. Apakah Peran utama yang sedang dijalankankan perawat dalam mengelola pasien tersebut?

A. Peran Manajer

B. Peran Advokasi

BACA JUGA:  Soal Komplikasi Persalinan Kala III dan IV Persalinan

C. Peran Fasilitator

D. Peran Care Provider

4. Suatu Ruang Perawatan di RS menerapkan manajemen asuhan keperawatan dengan metode tim. Dalam pengelolaan pelayanan keperawatan, Seorang perawat  mendapat tugas sebagai perawat pelaksana. Apakah tugas perawat tersebut dalam perannya sebagai perawat pelaksana?

A. Melakukan evaluasi

B. Melakukan pengkajian

C. Merumuskan diagnosa

D. Melaksanakan tindakan sesuai SOP

5. Dalam manajemen asuhan keperawatan profesional dengan metode tim, setiap perawat pelaksana melakukan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Sesuai struktur peran dalam pelayanan keperawatan, setiap perawat harus mempertanggungjawabkan tugasnya secara teratur. Kepada siapakah perawat pelaksana mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya?

A. Kepala Unit Pelayanan Keperawatan

B. Kepala Ruang Perawatan

C. Perawat Primer

D. Ketua Tim

6. Seorang perawat tampak sedang melakukan pengkajian, merumuskan diagnosa keperawatan dan menyusun rencana asuhan keperawatan pada pasien tersebut. Dalam melaksanakan tugasnya perawat tersebut dibantu dan mendelegasikan tindakan perawatan kepada perawat asosiet. Apakah  metode penugasan keperawatan yang digunakan dalam manajemen asuhan keperawatan profesional di ruang perawatan tersebut?

A. Metode kasus

B. Metode Tim Primer

C. Metode Keperawatan Primer

D. MetodeKeperawatanModuler

7. Seorang Perawat asosiet sedang melakukan tindakan perawatan pada pasien yang menjadi tanggung jawabnya. Perawat tersebut mengalami kesulitan dan minta tolong kepada perawat senior.  Apakah sikap dan tindakan yang harus dilakukan perawat primer? 

A. Memberikan peringatan

B. Menugaskan perawat lain

C. Memberikan bantuan

D. Melaporkan kepada kepala ruang

8. Ruang Melati, menerapkan manajemen asuhan keperawatan dengan metode keperawatan primer. Seorang Perawat asosiet sedang melakukan tindakan perawatan hasil kolaborasi. Perawat tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan tindakan. Kepada siapakah perawat tersebut berkonsultasi?

A. Kepala ruang

B. Perawat primer

C. Perawat senior

D. Perawat Konsultan

9. Ruang Cempaka menerapkan manajemen asuhan keperawatan dengan metode keperawatan tim. Dalam satu sesi pelayanan, seorang Perawat pelaksana sedang melakukan tindakan perawatan pada pasien dan sedang mengalami kesulitan dalam melakukan tindakan perawatan. Kepada siapakah perawat pelaksana tersebut berkonsultasi?

A. Ketua tim

B. Kepala unit

C. Kepala ruang

D. Ketua kelompok

10. Seorang perawat profesional yang bertugas di ruang ICU mengelola asuhan keperawatanpasien yang spesifik sesuai keahliannya yaitu keperawatan cardiovaskuler. Metode penugasan yang digunakan di ruang ICU tersebut adalah Case Methode. Kepada siapakah perawat tersebut mempertanggungjawabkan tugasnya?

A. Dokter ICU

B. Dokter spesialis kardiovaskuler

C. Kepala ruang ICU

D. Perawat Konsultan

Kunci Jawaban

  1. D
  2. B
  3. D
  4. D
  5. D
  6. C
  7. C
  8. B
  9. A
  10. C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.