Soal Regulasi Keperawatan

Soal Regulasi Keperawatan

Soal Regulasi Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan, yuk simak contoh soal-soal yang sering muncul tentang materi regulasi legislasi, kredensial, akreditasi keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Regulasi Keperawatan

Untuk dapat diakui dan diterima keberadaannya, profesi keperawatan harus dapat menempatkan dirinya sejajar dan setenar dengan profesi lain.

Banyak upaya untuk menegakkan profesionalisme perawat, utamanya menetapkan standardisasi dan regulasi/legislasi keperawatan yang meliputi registrasi, akreditasi, sertifikasi dan lisensi praktik profesi keperawatan.

Read More

Legislasi keperawatan merupakan bentuk akontabilitas kepada masyarakat yang pada saat ini sangat diperlukan oleh setiap tenaga keperawatan untuk memberikan pelayanan keperawatan professional kepada setiap pasien.

Pelayanan keperawatan professional hanya dapat diberikan oleh tenaga keperawatan yang telah terdaftar dan diberikan ijin praktik untuk memberikan pelayanan kepada orang lain. Ijin praktik ini diperoleh melalui suatu mekanisme registrasi, sertifikasi dan lisensi untuk menetapkan seseorang layak melakukan praktik sesuai kompetensi yang dimilikinya.

Mekanisme registrasi, sertifikasi, dan lisensi merupakan proses yang diperlukan untuk memberlakukan suatu sistem legislasi.

istem legislasi keperawatan merupakan sistem perundang-undangan keperawatan yang mencerminkan diberlakukannya hukum praktik keperawatan (nursing pratice acts).

Lisensi dapat ditunda masa berlakunya atau dicabut karena berbagai alasan. Penundaan pemberlakuan lisensi pada seseorang terjadi karena individu tersebut telah melakukan kesalahan ringan sampai sedang yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Legislasi adalah …

A. pengakuan akan keahlian dalam area praktik spesialisasi keperawatan tertentu.

B. ketetapan hukum yang mengatur hak dan kewajiban seseorang yang berhubungan erat dengan tindakannya

C. pencatatan resmi terhadap perawat yang telah mempunyai kualifikasi dan diakui secara hukum untuk melakukan tindakan keperawatan

D. suatu proses oleh pemerintah bersama-sama organisasi profesi menilai dan menjamin akreditasi status suatu institusi dan/atau program atau pelayanan yang menemukan struktur, proses, dan kriteria hasil

2) Registrasi awal adalah …

A. lulus uji kompetensi

B. dilakukan lima tahun sekali

C. otomatis setelah selesai pendidikan

D. dilakukan setelah yang bersangkutan lulus pendidikan keperawatan

3) Surat Tanda Registrasi dikeluarkan oleh …

A. Menteri kesehatan

B. Dinas kesehatan kota/kabupaten

C. Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI)

D. Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP)

4) Perawat yang melakukan praktik mandiri perorangan wajib memiliki …

A. SIP

B. SIK

C. STR

D. SIPP

5) Akreditasi dilakukan setiap …

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

Kunci Jawaban

  1. C
  2. A
  3. D
  4. D
  5. D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *