Soal Rencana Pengembangan Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah

soal rencana pengembangan usaha pengolahan makanan khas daerah

Soal Rencana Pengembangan Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 12, XII KD 3.3 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Pastinya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang rencana pengembangan usaha pengolahan makanan khas daerah dari bahan nabati dan hewani.

Rangkuman Materi Rencana Pengembangan Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah dari Bahan Nabati dan hewani

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pengembangan usaha adalah suatu cara atau proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang dengan meningkatkan perluasan usaha serta kualitas dan kuantitas produksi dengan dengan menggerakkan pikiran dan tenaga untuk mencapai tujuan tertentu. Tahapan untuk pengembangan usaha di antaranya adalah pemilihan ide, penyaringan ide, pengembangan rencana usaha, implementasi rencana usaha.

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan hubungan antara evaluasi usaha dengan pengembangan usaha?

2. Mengapa pengembangan usaha perlu dilakukan?

3. Bagaimanakah langkah dalam mengembangkan usaha?

4. Buatlah contoh rencana pengembangan usaha untuk pengolahan modifikasi makanan khas daerah!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Hasil dari evaluasi tersebut dilakukan untuk melakukan rencana pengembangan usaha.

2. → Pembahasan: Pengembangan Usaha perlu dilakukan untuk memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang untuk meningkatkan perluasan usaha serta kualitas dan kuantitas produksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan.

BACA JUGA:  Soal Pokok-Pokok Isi Teks Anekdot

3. → Pembahasan: Langkah dalam pengembangan usaha di antaranya memiliki ide usaha, melakukan penyaringan ide/ konsep usaha, penyaringan ide/ konsep usaha, pengembangan rencana usaha, serta implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha.

4. → Pembahasan:

Contoh rencana pengembangan usaha pengolahan modifikasi makanan khas daerah (Jawaban dapat bervariasi sesuai dengan kreativitas kalian, konsultasikan dengan guru kalian).

Menambahkan variasi rasa

Variasi rasa rendang level pedas, mulai dari rasa original, level pedas 0 hingga level tertentu.

Tujuannya: level O (tidak pedas), untuk mengembangkan produk agar diminati segmen pasar anak-anak; rasa rendang original: untuk segmen pasar orang tua, rasa rendang dengan level pedas yang tinggi : untuk segmen pasar remaja yang menyukai makanan pedas.

Mengembangkan variasi bentuk 

Mengambangkan rendang level pedas dalam bentuk makanan internasional, serti burger rendang level pedas, pizza rendang, sushi rendang, dll. Tujuan pengembangan ini adalah agar rendang dapat dinikmati dalam bentuk kekinian, sehingga diharapkan dapat menjamah segmen pasar remaja yang lebih luas, karena remaja pada umumnya menyukai makanan kekinian.

Mengembangkan kemasan rendang level pedas yang lebih menarik dan membuat produk lebih tahan lama. Untuk mengembangkan segmen pasar masyarakat yang lebih luas di daerah lain, misal sebagi produk oleh-oleh.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.