Konseling Pra Pemeriksaan IVA

konseling pra pemeriksaan IVA

Pengertian Konseling Pra Pemeriksaan IVA

Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seseorang kepada individu yang membutuhkan atau individu yang mengalami masalah dengan harapan masalah yang dihadapi dapat teratasi dengan baik.

Konseling Pra pemeriksaan IVA adalah bantuan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada klien yang menginginkan atau belum menginginkan untuk melakukan pemeriksaan IVA.

Konseling sebelum pemeriksaan IVA dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada klien tentang apa itu IVA dan pentingnya pemeriksaan IVA guna mendeteksi dini adanya kanker serviks, konseling juga menjelaskan tentang kanker serviks dan dampak yang ditimbulkannya.

Bacaan Lainnya

Tujuan Konseling Prapemeriksaan IVA

  1. Meningkatkan pengetahuan serta sikap sehingga menimbulkan keinginan seseorang untuk melakukan pemeriksaan IVA.
  2. Membina seseorang yang telah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan negatif untuk secara berkala melakukan pemeriksaan IVA secara rutin.
  3. Mendorong terjadinya proses perubahan perilaku ke arah yang positif, peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik didalam masyarakat secara wajar sehingga masyarakat melaksanakannya secara mantap sebagai perilaku yang sehat dan bertanggung jawab.
BACA JUGA:  Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)

Jenis-jenis Konseling

  1. Konseling Individu

Suatu proses konseling yang dilakukan secara langsung antara petugas dengan individu/seseorang yang dituju.

  1. Konseling Kelompok

Suatu proses konseling yang dilaksanakan secara langsung antara petugas dengan beberapa individu/orang secara kelompok (2-15 orang).

  1. Konseling Massa

Suatu proses konseling yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat dalam jumlah besar.

Prinsip dalam Konseling

  • Harus dapat memantapkan kebutuhan individu/masyarakat terhadap pemeriksaan IVA.
  • Harus dapat menumbuh kembangkan perilaku masyarakat yang mendukung terhadap deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan konseling melalui analisa sasaran yang semakin tajam,isi pesan yang fokus dan mudah dipahami dan terjadinya perubahan perilaku yang permanen.

Langkah-langkah Konseling IVA

Langkah-langkah konseling dilakukan sebagai berikut:

  1. Menentukan sasaran

Sasaran yang dimaksud di sini bisa individu, kelompok atau masyarakat. Terutama sasaran sesuai dengan kriteria pada pemeriksaan IVA yaitu semua wanita yang sudah melakukan hubungan seksual.

BACA JUGA:  Prosedur Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)

  1. Strategi

Konseling tidak hanya dapat dilakukan secara mandiri tetapi dapat dilakukan bersama-sama atau integratif dengan kegiatan lainnya.

  1. Isi pesan

Isi pesan harus disusun sedemikian rupa sehingga pesan mudah dipahami dan penyampaian isi pesan dapat diterima dengan jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti. Selain itu pesan harus dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang  pemeriksaan IVA maupun manfaatnya.

  1. Indikator Keberhasilan

Indikator keberhasilan suatu konseling ditandai dengan adanya perubahan perilaku kearah yang positif terhadap pemeriksaan IVA sehingga seluruh sasaran pemeriksaan mau melakukan deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA secara berkala.

Kesimpulan

Agar semua wanita mempunyai pemahaman yang baik tentang deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA ini perlu dilakukan konseling prapemeriksaan IVA.

Konseling prapemeriksaan IVA dimaksudkan untuk mendorong terjadinya proses perubahan perilaku kearah yang lebih positif sehingga wanita akan terhindar dari morbiditas dan mortalitas akibat kanker serviks.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.