Simulasi Ukom TLM

 

Halo SOBAT Dinas.id, sebelum mulai menjawab soal-soal, berdoa dahulu yah!

Jumlah Soal = 15

Jenis Soal = Pilihan Ganda

Waktu Mengerjakan = 15 Menit

*Disarankan menggunakan laptop/ Komputer saat mengerjakan!

--------------------------------------------

Cara Mengerjakan Soal!

1. Pilihlah jawaban yang dianggap tepat, semua harus diisi!

2. Jika sudah selesai, klik tulisan ” SUBMIT ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.

3. Lihatlah hasil jawabanmu, MERAH artinya salah dan HIJAU artinya benar.

---SELAMAT MENGERJAKAN---

1. 
Anak laki-laki berusia 10 tahun dengan keadaan lemas datang dari dokter untuk memeriksakan laboratorium sesuai dengan permintaan pada surat pengantar dokter, dokter meminta pemeriksaan darah untuk hepatitis karena urinnya berwarna seperti teh. Apakah hasil pemeriksaan untuk hepatitis yang dapat menunjang diagnosanya?

2. 
Seorang analis menerima pasien dengan membawa surat pengantar dari dokter dimana pemeriksaan yang diminta adalah golongan darah dimana golongan darah diperlukan unuk minta KTP. Reagen apakah yang digunakan untuk pemeriksaan golongan darah?

3. 
Seorang pasien datang ke laboratorium dengan membawa surat rujukan dari dokter. Dokter meminta untuk dilakukan pemeriksaan darah rutin. Pasien berusia 7 tahun dengan jenis kelamin wanita. Dari data klinis yang diberikan dokter pasien demam sudah 3 hari. Apa fungsi dari pemeriksaan darah rutin yang diminta dokter tersebut?

4. 
Seorang anak kecil berumur 3 tahun diminta oleh dokter Y untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium akibat diare, yang ditandai dengan feses cair seperti cucian beras untuk itu analis mengidentifikasi kuman guna menentukan kuman apa yang menginfeksi pada anak tersebut. Bagaimana morfologis kuman Vibrio sp pada pemeriksaan mikroskopis?

5. 
Seorang wanita datang di laboratorium dengan membawa surat pengantar dari dokter. Keluhan pasien keputihan, dokter minta diperiksa preparat langsung (basah) dan pengecatan gram dan material berupa secret vagina. Alat apakah yang harus disiapkan?

6. 
Seorang analis bekerja disuatu rumah sakit, datang rujukan dengan sampel yang berupa urin dari penderita yang diduga hamil. Fasilitas yang ada dirumah sakit untuk pemeriksaan tersebut berupa kit yang berisi antigen latek. Pemeriksaan yang akan dilakukan tujuannya adalah mencari HCG secara imunologis. Dasar reaksi dari pemeriksaan yang dilakukan adalah?

7. 
Seorang laki-laki berusia 35 tahun yang membawa surat pengantar laboratorium dari seorang dokter yang meminta pemeriksaan darah, penderita tersebut merasakan tidak enak pada saat mengeluarkan urin dan ini sudah dirasakan kurang lebih 3 bulan terakhir. Apakah hasil pemeriksaan darah yang dapat menunjang pemeriksaan syphilis?

8. 
Pemeriksaan fungsi ginjal dilakukan dengan menghitung LFG yang dapat diperiksa dengan pemeriksaan klirens. Di klinik, penentuan kadar kreatinin serum dipakai sebagai parameter untuk menentukan fungsi ginjal, namun ini bukan petanda yang sensitive untuk mengetahui fungsi ginjal atau untuk mendeteksi gagal ginjal tahap awal. Metabolit yang digunakan untuk klirens harus praktis, mudah diperoleh dan merupakan tolok ukur yang paling tepat untuk LFG. Metabolit apakah yang paling tepat untuk digunakan klirens dengan syarat seperti tercantum diatas?

9. 
Sampel yang sudah selesai dilakukan pemeriksaan lalu diberikan kepada petugas yang bertugas untuk memasukkan data hasil ke computer. Setelah melalui verifikasi hasil dan di tanda tangani. Petugas dibagian loket siap untuk memberikan hasil tersebut ke pasien dengan menunjukkan bukti pengambilan hasil. Menghindari penyalah gunaan hasil, apa yang harus kita lakukan?

10. 
Sampel dahak dikirim ke laboatorium dengan permintaan dari dr.Z untuk dilakukan pemeriksaan Ziehl Nelsen, sampel tersebut berasal dari bagian pnyakit tropic laki-laki Rumah Sakit X, adapun morfologis dahak tersebut tercampur dengan darah dan kenta; berwarna kehijauan. Apakah warna yang terlihat pada pewarnaan Ziehl Nelsen pada bakteri BTA?

11. 
Seorang wanita berusia 40 tahun datang ke laboratorium dengan membawa surat permintaan dari bidan yang mencurihai wanita tersebut sedang hamil, karena wanita tersebut mengelh mual sampai muntah terutama dirasakan pada pagi hari atau mencium bau buah yang menyengat seperti durian. Apakah hormone kehamilan yang dapat diperiksa dengan menggunakan metode aglutinasi direk?

12. 
Mahasiswa analis kesehatan pada semester V sedang melakukan praktek Mikrobiologi untuk melihat morfologi kuman dengan melakukan pewarnaan Gram dengan mengikuti prosedur sesuai SOP. Apakah fungsi lugol dalam pewarnaan Gram?

13. 
Seorang analis sedang melakukan pemeriksaan terhadap serum pasien atas permintaan dokter. Berdasarkan diagnose kerja dokter pasien mengalami demam dan nyeri pada sendi dari 2 hari yang lalu. Pasien berharap agar dokter segera memberikan obat yang tepat untuk penyakitnya. Pemeriksaan Imunologi apakah yang paling tepat untuk diagnose kerja dokter dan tujuan diatas?

14. 
Pada pemeriksaan darah dengan menggunakan tetes tebal dapat dilihat bentuk gametosit pada parasit Plasmodium falciparum yang merupakan morfologi khas yang dapat dibedakan dengan morfologi Plasmodium yang lain. Apakah bentuk pisang pada morfologi khas Malaria dapat dijumpai ?

15. 
Seorang wanita usia 30 tahun datang ke laboratorium dengan membawa pengantar dokter untuk melakukan kultur dan pewarnaan langsung dari bahan kerokan kulit. Keluhan yang dialami pasien adalah kulit mengelupas dengan benjolan dan bernanah. Setelah dilakukan kultur ditemukan kuman Staphylococcus aureus pathogen. Bahan metabolit apakah yang dihasilkan oleh Staphylococcus aureus yang menyebabkan gejala pasien tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 Komentar