Latihan UKAI Apoteker 1

 

Halo SOBAT Dinas.id, sebelum mulai menjawab soal-soal, berdoa dahulu yah!

Jumlah Soal = 15

Jenis Soal = Pilihan Ganda

Waktu Mengerjakan = 15 Menit

*Disarankan menggunakan laptop/ Komputer saat mengerjakan!

--------------------------------------------

Cara Mengerjakan Soal!

1. Pilihlah jawaban yang dianggap tepat, semua harus diisi!

2. Jika sudah selesai, klik tulisan ” SUBMIT ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.

3. Lihatlah hasil jawabanmu, MERAH artinya salah dan HIJAU artinya benar.

---SELAMAT MENGERJAKAN---

 

1. 
Bapak A berusia 40tahun datang ke klinik karena mengeluhkan sering merasa pusing dan sakit kepala. Setelah dilakukan pemeriksaan, diperoleh tekanan darah pasien 150/90 mmHg dan pasien menderita gagal ginjal kronis. Pengobatan hipertensi yang tepat untuk pasien tersebut adalah...

2. 
Obat yang digunakan untuk profilaksis hiperurisemia pada pasien keganasan pada sistem darah adalah...

3. 
Seorang pasien berusia 20 tahun mendapat resep hidrogen piroksida 3% sebanyak 50 mL untuk pengobatan jerawatnya. Di apotek tersedia sediaan tersebut 5%. Berapa jumlah larutan hidrogen piroksida 5% yang disiapkan untuk membuat resep tersebut?

4. 
Seorang pasien datang ke apotek membawa obat dengan tanda lingkaran biru dan bertuliskan “Awas obat keras, tidak boleh ditelan!”. Peringatan tersebut termasuk tanda peringatan nomor?

5. 
Tim QC melakukan evaluasi keragaman bobot tahap 1 dengan acuan Farmakope V. Berapa banyak tablet yang dibutuhkan?

6. 
Seorang pasien mengeluhkan rasa gatal dan timbul bintik kecil berwarna putih. Apa obat yang disarnkan untuk pasien tersebut?

7. 
Dokter ingin memberikan infus diazepam kepada pasien berusia 3 tahun, tetapi kesulitan. Alternatif rute pemberian adalah melalui...

8. 
Suatu industri sudah 10 tahun terakhir memproduksi tablet glimepirid 1 mg dan sudah dipasarkan. Industri tersebut memutuskan untuk merubah produsen zat aktif dari tablet tersebut dan mungkin berbeda spesifikasi. Apa validasi yang harus dilakukan oleh industri tersebut?

9. 
Terdapat resep yang berisikan kotrimoksazol dengan signa Sqid 1 tab. Informasi yang harus disampaikan ke pasien adlaah konsumsi obat tiap berapa jam sekali?

10. 
Pasien pria ke apotek akan menebus resep dengan cara penggunaan 2 dd 2 cth. Sediaan antibiotik tersebut berupa sirup 60 mL dengna kandungan 480 mg/5 mL. Pasien menanyakan kepada apoteker berapa lama waktu penggunaan obat tersebut?

11. 
Produk sitotoksik merupakan obat yang perlu penanganan khusus karena dan mengkontaminasi personel dan juga lingkungan. Pemusnahan produk / limbah sitotoksik di rumah sakit menggunakan insenerator. Berapa suhunya dalam derajat celcius?

12. 
Obat di bawah ini yang merupakan golongan penghambat reseptor histamin H2 adalah?

13. 
Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.HK.01.07/MENKES/187/2017. Tentang formularium ramuan obat tradisional indonesia. Obat tradisional tidak boleh digunakan dalam bentuk sediaan?

14. 
Bagian QC melakukan penetapan kadar rifampisin dalam tablet. Kandungan rifampisin dalam tablet adalah 30 mg. Bobot 20 tablet sebesar 2000 mg. Dari 20 tablet yang digerus akan ditimbang sejumlah serbuk yang setara dengan 300 mg rifampisin. Berapa mg serbuk yang ditimbang?

15. 
Seorang pasien memperoleh resep Bisakodil Suppo No III. Penyimpanan yang sesuai untuk obat tersebut...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.