Latihan UKAI Apoteker 2

Halo SOBAT Dinas.id, sebelum mulai menjawab soal-soal, berdoa dahulu yah!

Jumlah Soal = 15

Jenis Soal = Pilihan Ganda

Waktu Mengerjakan = 15 Menit

*Disarankan menggunakan laptop/ Komputer saat mengerjakan!

--------------------------------------------

Cara Mengerjakan Soal!

1. Pilihlah jawaban yang dianggap tepat, semua harus diisi!

2. Jika sudah selesai, klik tulisan ” SUBMIT ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.

3. Lihatlah hasil jawabanmu, MERAH artinya salah dan HIJAU artinya benar.

---SELAMAT MENGERJAKAN---

 

1. 
Seorang perempuan datang ke klinik dan setelah diperiksa terinfeksi cacing pita (taenia). Obat pilihan untuk penyakitnya adalah...

2. 
Pasien didiagnosa penyakit ginjal kronis cenderung memiliki komplikasi ketidak-seimbangan elektrolit. Keseimbangan ion dan mineral dalam tubuh diatur oleh suatu hormon. Hormon apakah pada ginjal yang berpengaruh terhadap pengaturan natrium?

3. 
Spesimen untuk pemeriksaan menemukan mikrofilaria adalah...

4. 
Pasien berusia 60 tahun melakukan pemeriksaan kepadatan tulangnya di suatu rumah sakit dan dokter menyatakan pasien mengalami osteoporosis dengan nilai T-Score sebesar -2,6. Apakah obat yang tepat untuk pasien ini?

5. 
Seorang perempuan berusia 35 tahun datang ke dokter kandungan untuk berkonsultasi tidak ingin hamil lagi karena masih memiliki anak 1 tahun yang diberi ASI esklusif. Pasien mempunyai riwayat hipertensi, namun terkontrol dengan hidup sehat dan anti hipertensi yang rutin dikonsumsinya. Dokter memutuskan untuk memberikan kontrasepsi hormonal. Apakah kontrasepsi hormonal yang tepat untuk pasien ini?

6. 
Seorang apoteker akan memesan obat yang mengandung parasetamol dan pseudoefedrin kepada PBF. Surat pesanan apakah yang digunakan untuk memesan obat tersebut?

7. 
Sebuah industri farmasi akan membuat tablet parasetamol. Dalam suatu produksi untuk 1 batch dapat menghasilkan 700 tablet. Formula parasetamol yang dibutuhkan meliputi parasetamol 500 mg, amilum solani 5%, mg stearat 1%, laktosa ditambahkan hingga berat tablet total 600 mg. Berapa jumlah amilum solani yang diperlukan untuk 1 batch?

8. 
Seorang pasien berusia 40 tahun mengalami HIV/AIDS dengan infeksi oportunistik berupa infeksi TBC. Dokter meminta rekomendasi dari apoteker mengenai kapan terapi dengan antiretrovirus (ARV) dimulai untuk pasien ini. Rekomendasi apakah yang tepat diberikan terkait waktu yang tepat untuk memulai terapi ARV tersebut?

9. 
Seorang pasien perempuan terkena kanker. Pasien diberikan injeksi paclitaxel. Pada tahap mitosis, pada siklus manakah obat akan bekerja?

10. 
Seorang apoteker di industri farmasi akan membuat sediaan suspensi dengan komposisi yaitu Tween 80, HPMC, BHT, metil paraben, sukrosa. Saat apoteker membuat suspensi tersebut didapatkan hasil yang terlalu kental. Sebagai apoteker, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

11. 
Seorang ibu sedang hamil berusia 2 minggu datang ke apotek untuk membeli vitamin yang berfungsi untuk mencegah cacat lahir seperti kerusakan selubuh syaraf pada janin yang dikandungnya. Vitamin apakah yang tepat untuk diberikan pada ibu hamil tersebut?

12. 
Geriartri dengan berat badan 72 kg didiagnosis DM. Diberikan injeksi insulin intermediet dengan dosis awal 0,5 U/kgBB/hari. Berapa dosis yang direkomendasikan?

13. 
Produksi infus NaCl di ruang produksi dikontrol kualifikasinya setiap periode. Hal ini bertujuan untuk mengontrol besarnya molekul sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Setiap berapa bulan per periode untuk kontrol kualifikasinya?

14. 
Bapa A naik kuda dan terjatuh serta mengalami luka. Untuk mencegah infeksi tetanus sebaiknya diberikan..

15. 
Seorang laki-laki berusia 28 tahun datang ke apotek dengan keluhan sakit kepala yang sudah dialami 2 hari hingga pasien sulit tidur. Pasien meminta untuk membeli obat analsik 10 tablet tanpa disertai resep dari dokter. Sebagai seorang apoteker apakah yang akan dilakukan untuk menghadapi pasien tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 Komentar