Ukom TLM Paket 2

 

Halo SOBAT Dinas.id, sebelum mulai menjawab soal-soal, berdoa dahulu yah!

Jumlah Soal = 15

Jenis Soal = Pilihan Ganda

Waktu Mengerjakan = 15 Menit

*Disarankan menggunakan laptop/ Komputer saat mengerjakan!

--------------------------------------------

Cara Mengerjakan Soal!

1. Pilihlah jawaban yang dianggap tepat, semua harus diisi!

2. Jika sudah selesai, klik tulisan ” SUBMIT ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.

3. Lihatlah hasil jawabanmu, MERAH artinya salah dan HIJAU artinya benar.

---SELAMAT MENGERJAKAN---

 

1. 
Seorang pasien laki-laki 30 tahun, pekerjaan di industry gasoline diminta memeriksakan darah oleh dokter setelah terpajan gas dari minyak mentah pada pukul 10.15 WIB. Diagnosa sementara dokter, pasen tersebut keracunan Benzena. Daerah industry cukup jauh dari laboratorium sehingga diperkirakan pasen sampai ke laboratorium 65 menit setelah terpajan. Proses pemeriksaan manakah yang paling tepat untuk dapat memberikan hasil yang akurat?

2. 
Seorang laki laki berusia 38 tahun, perokok dan bekerja sebagai polisi lalu lintas. Pasen mengalami hypoxia, aritmia dan kelainan fungsi syaraf. Pasen tersebut diminta oleh dokter memeriksakan kadar karbon monoksida dalam tubuh nya. Jenis specimen apakah yang paling tepat digunakan untuk mengetahui kadar zat tersebut ?

3. 
Seorang analis atas permintaan dokter sedang melakukan pemeriksaan terhadap urine dari korban keracunan obat. Korban berjenis kelamin laki laki dan berusia 4 tahun. Gejala yang timbul adalah lesu, mual dan luka bakar di mulut. Urine diekstraksi dengan larutan eter dan larutan jenuh Na bikarbonat. Sari airnya dianalisis dengan reaksi warna dan hasil positif terhadap fraksi A. Jenis obat apakah yang terdapat dalam fraksi A tersebut?

4. 
Seorang laki laki usia 26 tahun, pekerjaan petani,biasa menggunakan herbisida dan masa kerja selama 10 tahun. atas rujukan dokter memeriksakan darahnya. Mengeluh mual, muntah, dan sedikit tremor . Kejadian sakit berulang dan rutin berobat ke puskesmas terdekat. Diagnosa dokter untuk sementara pasen menderita sakit maag kronis. Hasil pemeriksaan kadar Hb 11,00 gr/dl, SGOT 76 ul, dan SGPT 79 ul. Hasil pemeriksaan dengan metoda cholinesterase tidak terdeteksi pestisida. Tindakan apakah yang seharusnya diambil oleh seorang analis dengan kasus di atas?

5. 
Seorang laki laki berusia 45 tahun meninggal setelah mengkonsumsi umbi gadung. Dokter meminta untuk memeriksa sianida dalam cairan isi lambung korban. Hasil yang diperoleh dengan reaksi warna biru berlin adalah positif sianida. Tindakan apakah yang seharusnya diambil oleh analis sebelum mengeluarkan hasil pemeriksaan tersebut?

6. 
Seorang laki laki usia 18 tahun tinggal di Bali, hobby minum minuman keras. Mengeluh mual, sakit perut, sakit kepala dan gangguan penglihatan setelah 1,5 jam mengkonsumsi minuman keras. Diagnosa sementara dokter, pasen mengalami keracunan methanol. Dokter meminta pemeriksaan methanol dalam urine. Pasen tiba di laboratorium 2.5 jam setelah minum minuman keras. Jenis metabolit apa kah yang terdapat dalam urine pasen tersebut?

7. 
Seorang analis melakukan administrasi pengiriman sampel toksikologi, Jenis sampel adalah organ kandungan kemih dari bedah jenazah korban keracunan makanan, korban adalah seorang perempuan usia 50 tahun. Diagnosa sementara dokter korban mengalami keracunan timbal/ timah hitam. Jenis pengawet apa yang digunakan untuk sampel tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar