Modul Alat Optik Kelas 11

modul alat optik kelas 11

Modul Alat Optik Kelas 11 pdf fisika SMA KD 3.11 disusun oleh Bagus Bintang Sukarno, M.Pd dari SMAN 3 Prabumulih.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Alat Optik kelas 11 ini serta opsi MODUL FISIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Fisika
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (3 x pertemuan)
  • Judul Modul : Alat Optik

Kompetensi Dasar

  • 3.11 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
  • 4.11 Membuat karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/ atau pembiasan pada cermin dan lensa.

Deskripsi Singkat Materi

Pada materi sebelumnya Anda telah mempelajari tentang cahaya. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. Ilmu fisika yang mempelajari tentang cahaya disebut Optika yang terbagi menjadi dua yaitu optik fisis dan optik geometri.

Optik fisis mempelajari tentang polarisasi, interferensi dan difraksi cahaya, sedangkan optik geometri mempelajari tentang pemantulan dan pembiasan.

Pada pembelajaran IPA tingkat SMP Anda telah mempelajari konsep dasar pemantulan cahaya pada cermin dan pembiasan cahaya pada lensa.

Anda juga telah mempelajari cara melukis bayangan pada cermin dan lensa serta perhitungan letak bayangan dengan menggunakan rumus.

Untuk dapat mempelajari modul alat optik, Anda harus menguasai lebih dahulu berbagai konsep terkait tentang pemantulan, pembiasan, lensa dan cermin.

Penerapan cermin dan lensa dalam kehidupan sehari-hari adalah pada peralatan optik. Alat optik terdiri dari dua macam yaitu alat optik alamiah dan alat optik buatan.

Alat optik alamiah tentu saja adalah mata, sedangkan alat optik buatan adalah alat-alat optik yang dibuat oleh manusia seperti kaca mata, kamera, kaca pembesar/lup, mikroskop, periskop, teropong dan proyektor.

Pada Modul ini akan membahas cara kerja alat-alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya sampai ke pembahasan kuantitatif.

Semoga modul ini bermanfaat, Anda dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.

Petunjuk Penggunaan Modul

  1. Pelajari daftar isi serta skema peta konsep dengan cermat dan teliti.
  2. Pahami setiap materi dengan membaca secara teliti dan perhatikan seksama. Apabila terdapat contoh soal, maka cobalah kerjakan kembali contoh tersebut tanpa melihat modul sebagai sarana berlatih.
  3. Perhatikan perintah dan langkah-langkah dalam melakukan percobaan dengan cermat untuk mempermudah dalam memahami konsep, sehingga diperoleh hasil yang maksimal.
  4. Bila terdapat penugasan dan latihan soal, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan jika perlu konsultasikan hasil tersebut pada guru.
  5. Catatlah kesulitan yang Anda dapatkan dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru pada saat kegiatan tatap muka. Bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul agar Anda mendapatkan pengetahuan tambahan.
  6. Diakhir materi terdapat evaluasi, maka kerjakan evaluasi tersebut sebagaimana yang diperintahkan sebagai tolak ukur ketercapaian kompetensi dalam mempelajari materi pada modul ini.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Mata, Kacamata dan Kamera
  • Kedua : Lup, Mikroskop dan Periskop
  • Ketiga : Teropong dan Proyektor
DOWNLOAD PDF MODUL FISIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.