Modul Gelombang Bunyi dan Cahaya Kelas 11

modul gelombang bunyi dan cahaya kelas 11

Modul Gelombang Bunyi dan Cahaya Kelas 11 pdf fisika SMA KD 3.10 disusun oleh ISSI ANISSA, M.Pd dari SMAN 1 PROBOLINGGO.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Gelombang Bunyi dan Cahaya kelas 11 ini serta opsi MODUL FISIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Fisika
  • Kelas : XI
  • Alokasi Waktu : 3 x 4 JP
  • Judul Modul : Gelombang Bunyi dan Cahaya

Kompetensi Dasar

  • 3.10 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
  • 4.10 Melakukan percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil percobaan dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.

Deskripsi Singkat Materi

Salam Cerdas bagi Generasi Muda yang Hebat! Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga selalu sehat, semangat, dan luar biasa.

Walau banyak aral yang melintang yakinlah bahwa semua itu akan menjadikan Anda menjadi semakin unggul, dan berprestasi dalam segala hal. Selamat belajar kembali dalam Modul Fisika yang GEMAS

Coba Anda ingat kembali ketika terdapat fenomena petir di langit. Biasanya Anda akan sontak menutup telinga sesaat setelah terlihat kilat dari kaca jendela kamar Anda. Anda menutup telinga tentunya karena bunyi halilintar yang akan terdengar setelah kilat terlihat.

Mengapa antara kilat dan halilintar tidak bersama-sama sampai ke Bumi? Apa saja perbedaan gelombang bunyi dan gelombang cahaya?

Pada modul ini, Anda akan mempelajari tentang karateristik gelombang bunyi dan gelombang cahaya beserta fenomena-fenomena yang menyertainya.

Anda akan tahu lebih jelas perbedaan antara gelombang bunyi dan gelombang cahaya dengan belajar menerapkan sifat-sifat gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.

Pada uraian materi tentang gelombang, Anda akan belajar tentang perambatan bunyi di berbagai medium, sumber bunyi pada dawai dan pipa organa, intensitas bunyi dan taraf intensitas serta fenomena efek doppler yang erat dalam kehidupan sehari-hari.

Sifar-sifat gelombang cahaya seperti pemantulan, pembiasan, dispersi, difraksi, intreferensi dan polariasi juga akan Anda pelajari.

Harapannya dengan mempelajari materi ini, Anda akan mampu menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam berbagai kegiatan di kehidupan sehari-hari dan tentunya pemanfaatanya dalam berbagai bidang terutama dalam teknologi.

Petunjuk Penggunaan Modul

Sebelum mempelajari modul in lebih lanjut, sebaiknya ikuti petunjuk penggunaannya sebagai berikut.

  1. Pelajari daftar isi modul dengan cermat dan teliti.
  2. Pelajari setiap kegiatan belajar ini dengan membaca berulang-ulang sehingga kalian benar-benar paham dan mengerti.
  3. Jawablah latihan soal dengan tepat kemudian cocokkan hasil jawaban kalian dengan kunci jawaban yang sudah tersedia.
  4. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis, Anda dapat mengerjakan penugasan mandiri pada kegiatan belajar. Anda dapat memilih salah satu penugasan pada kegiatan belajar.
  5. Catatlah kesulitan yang kalian temui dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru saat tatap muka. Bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul agar pengetahuan Anda bisa bertambah.
  6. Kerjakan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian materi yang sudah kalian dapatkan.
  7. Lakukan penilaian diri di akhir pembelajaran.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi tiga kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Gelombang Bunyi
  • Kedua : Pemantulan, Pembiasan, dan Dispersi Cahaya
  • Ketiga : Difraksi, Interferensi, dan Polarisasi
DOWNLOAD PDF MODUL FISIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

 

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.