Modul Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintahan Pusat dan Daerah kelas 10

modul hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah kelas 10

Modul Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintahan Pusat dan Daerah kelas 10 pdf PPKn SMA KD 3.4 disusun oleh EVY PAJRIANI, S.Pd. dari SMA KESATUAN BOGOR.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Hubungan Struktural Dan Fungsional Pemerintahan Pusat dan Daerah kelas 10 ini serta opsi MODUL PKN SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : PPKn
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 8 x 45 Menit/4 kali pertemuan
  • Judul Modul : Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintahan Pusat dan Daerah

Kompetensi Dasar

  • 3.4 : Merumuskan hubungan pemerintah pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • 4.4 : Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Deskripsi Singkat Materi

Modul ini menuntun kalian untuk mempermudah dalam memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenai hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Didalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, terdapat tujuan, tugas dan kewajiban utama pemerintah. Tujuan negara tersebut berupaya untuk menjunjung tinggi hak-hak rakyat dan mewujudkan aspirasi rakyat.

Untuk mewujudkan itu semua maka pelayanan terhadap rakyat tidak mungkin terpusat pada pemerintah pusat saja, tetapi harus didistribusikan pada pemerintah daerah.

Luasnya negara Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak, maka dilakukanlah pembagian tugas dengan kebijakan pemberian otonomi kepada daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Agar kalian dapat merumuskan hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah menurut UUD NRI Tahun 1945 serta merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang hubungan tersebut maka modul ini akan menjelaskan tentang desentralisasi dan otonomi daerah dalam konteks NKRI, kedudukan dan peran pemerintah pusat, kedudukan dan peran pemerintah daerah dan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk mempermudah dan membantu kalian dalam mempelajari dan memahami isi modul, berikut ini diberikan beberapa petunjuk, yaitu sebagai berikut:

  1. Bacalah modul ini secara keseluruhan.
  2. Upayakan kalian benar-benar memahaminya dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman kalian sendiri.
  3. Kerjakan penugasan mandiri, latihan soal dan evaluasi yang tersedia dengan sungguh-sungguh. Jika serius dan jujur, maka kalian dapat mengetahui sampai dimana pencapaian kompetensi dan memudahkan juga dalam belajar.
  4. Setelah mempelajari modul ini kalian akan mempunyai pemahaman yang lebih terperinci tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
  5. Selanjutnya diharapkan kalian dapat menerapkan sikap-sikap yang menjaga persatuan dan kesatuan sehingga membantu pemerintah pusat dan pemerintah daerah khususnya dalam mengembangkan daerahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat tujuan pembelajaran, uraian materi, rangkuman, penugasan mandiri, latihan soal, dan evaluasi.

Berikut materi-materi pada setiap kegiatan pembelajaran:

  • Pertama : Desentraslisasi dan Otonomi Daerah Dalam Konteks NKRI
  • Kedua : Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat
  • Ketiga : Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah
  • Keempat : Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah
DOWNLOAD PDF MODUL PKN SMA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.