Modul Identifikasi Teks Editorial Kelas 12

modul identifikasi teks editorial kelas 12

Modul Identifikasi Teks Editorial Kelas 12 pdf Bahasa Indonesia SMA KD 3.5 disusun oleh Foy Ario, M.Pd dari SMAN 12 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Identifikasi Teks Editorial kelas 12 ini serta opsi MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
  • Judul Modul : Identifikasi Teks Editorial

Kompetensi Dasar

  • 3.5 Mengidentifikasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu dalam teks editorial).
  • 4.5 menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis.

Deskripsi Singkat Materi

Salam Semangat!

Semangat menjalani hari-hari yang penuh makna ini, semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan berbahagia.

Anak-anakku, kita tentunya sering membaca suatu koran ataupun media online tentang opini atau tajuk rencana, bahkan teks editorial yang menjadi fokus dari koran-koran harian tersebut.

BACA JUGA:  Modul Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial Kelas 12

Apa itu teks editorial? Seperti apa contoh teks editorial? Teks editorial merupakan salah satu jenis teks yang akan kita pelajari ketika belajar bahasa Indonesia. Teks ini nantinya akan mengangkat isu sehari-hari yang aktual, fenomenal, dan Faktual.

Suatu isu sosial, politik, kemasyarakatan dan lain-lain yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan memiliki proses.

Suatu isu yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, tetapi juga untuk kita pelajari. Sebaiknya isu-isu tersebut yang terjadi di sekitar kita digunakan sebagai pembelajaran.

Mengapa dan bagaimana isu tersebut bisa terjadi. Pelajaran Bahasa Indonesia kali ini kalian akan mempelajari tentang mengidentifikasi isi, pendapat, ragam, ragam dan menyimpulkan informasi dalam teks editorial dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tertulis.

Petunjuk Penggunaan Modul

Ketika kalian mempelajari modul ini, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar kalian lebih mudah untuk belajar secara mandiri. Berikut penjelasannya.

  1. Pastikan kalian memahami target kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran ini.
  2. Pelajari materi yang ada pada modul.
  3. Kerjakan soal latihannya.
  4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
  5. Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
  6. Jika skor kalian sudah minimal 70, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
BACA JUGA:  Modul Kritik dan Esai Kelas 12

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 pertemuan, di dalam modul ini terdapat uraian materi, contoh soal, lembar kerja, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.
  • Kedua : Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis.
DOWNLOAD PDF MODUL BAHASA INDONESIA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.