Modul Impuls dan Momentum Linier Kelas 10

modul impuls dan momentum linier kelas 10

Modul Impuls dan Momentum Linier Kelas 10 pdf fisika SMA KD 3.10 disusun oleh Herry Setyawan, S.Pd, M.Si dari SMA Negeri 2 Sarolangun.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Impuls dan Momentum Linier kelas 10 ini serta opsi MODUL FISIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : FISIKA
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 6 Jam Pembelajaran (2 Pertemuan)
  • Judul Modul : Impuls dan Momentum Linier

Kompetensi Dasar

  • 3.10 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.10 Menyajikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya bola jatuh bebas ke lantai dan roket sederhana.

Deskripsi Singkat Materi

Peserta didik yang hebat, generasi masa depan “Indonesia Maju” semoga ananda semua selalu dalam keadaan sehat dalam lindungan Tuhan YME, jangan mudah mengeluh dalam berbagai keterbatasan.

Buatlah keterbatasan yang ada menjadi peluang untuk dapat melakukan yang terbaik, sehingga Ananda semua menjadi generasi yang tangguh dalam kondisi apapun yang senantiasa selalu mengharap petunjuk dan ridho dari Tuhan YME.

BACA JUGA:  Modul Thermodinamika Kelas 11

Pada modul kali ini yang membahas tentang Impuls dan Momentum Linier, yang akan secara aplikasinya banyak membahas interaksi tumbukan pada suatu benda, yang melibatkan berbagai konsep yang telah dipelajari sebelumnya.

Terdapat prasyarat utama sebelum membahas materi pada modul ini yaitu Ananda harus memahami konsep tentang besaran-besaran pada kinematika translasi berupa benda yang bergerak dengan kecepatan dan percepatan konstan (Modul KD 3.4), Hukum Newtontentang gerak benda (modul 3.7), dan Ananda juga harus memahami konsep hukum kekekalan energi mekanik (Modul 3.9).

Dengan memahami isi secara utuh Ananda akan mendapatkan pengetahuan yang luas terkait dengan fenomena dalam kejadian sehari-hari berupa berbagai jenis tumbukan yang mampu mendeteksi sebab dan akibat suatu benda sebelum terjadi tumbukan dan sesudah terjadi tumbukan.

Pada modul ini penulis berusaha akan membawa ranah berfikir untuk menganalisa suatu kejadian tumbukan dan peristiwa-peristiwa sistemik.

Hal ini penting karena dengan kemampuan ini, kelak Ananda ketika menjadi polisi, penyidik, jaksa maupun pengacara ataupun profesi lainnya Ananda mampu menganalisa suatu kejadian secara teliti, utuh dan sistematis berdasarkan fakta dan argumen yang diperoleh yang ada di lapangan.

Petunjuk Penggunaan Modul

  1. Pelajari daftar isi serta skema peta konsep dengan cermat dan teliti.
  2. Pahami setiap materi dengan membaca secara teliti dan perhatikan seksama. Apabila terdapat contoh soal, maka cobalah kerjakan kembali contoh tersebut tanpa melihat modul sebagai sarana berlatih.
  3. Perhatikan perintah dan langkah-langkah dalam melakukan percobaan dengan cermat untuk mempermudah dalam memahami konsep, sehingga diperoleh hasil yang maksimal.
  4. Bila terdapat penugasan dan latihan soal, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan jika perlu konsultasikan hasil tersebut pada guru.
  5. Catatlah kesulitan yang Anda dapatkan dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru pada saat kegiatan tatap muka. Bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul agar Anda mendapatkan pengetahuan tambahan.
  6. Diakhir materi terdapat evaluasi, maka kerjakan evaluasi tersebut sebagaimana yang diperintahkan sebagai tolak ukur ketercapaian kompetensi dalam mempelajari materi pada modul ini.
BACA JUGA:  Modul Listrik Statis Kelas 12

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Impuls, Momentum dan Hukum Kekekalan Momentum
  • Kedua : Jenis-jenis Tumbukan
DOWNLOAD PDF MODUL FISIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.