Modul Inti Atom dan Radioaktivitas Kelas 12

modul inti atom dan radioaktivitas kelas 12

Modul Inti Atom dan Radioaktivitas Kelas 12 pdf fisika SMA KD 3.10 disusun oleh Drs. H. Nursyamsuddin, M.M dari SMAN 108 Jakarta.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Inti Atom dan Radioaktivitas kelas 12 ini serta opsi MODUL FISIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Fisika
  • Kelas : 12 MIPA
  • Alokasi Waktu : 3 Pertemuan @ 4 JP
  • Judul Modul : Inti Atom dan Radioaktivitas

Kompetensi Dasar

  • 3.10 Menganalisis karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari.
  • 4.10 Menyajikan laporan tentang sumber radioaktif, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya bagi kehidupan.

Deskripsi Singkat Materi

Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari.

Materi inti atom dan radioaktivitas ini adalah materi yang sangat penting untuk memahami secara utuh salah satu issu energi nuklir sebagai salah satu alternatif energi masa depan.

Sebagian besar informasi yang tersebar melalui media mainstream dan media sosial adalah begitu besar bahaya dan dampak negatifnya dibanding dengan manfaat dan potensi besar yang dapat digunakan untuk kemajuan umat manusia.

Hampir sebagian besar negara maju memanfaatkan sumber nuklir dalam produksi energi listrik, bahkan lebih dari 60% sumber tenaga listrik mereka adalah PLTN (Pembangkin Listrik Tenaga Nuklir).

Sementara negara berkembang dengan potensi besar seperti Indonesia masih dibayang-banyangi minimnya informasi dan tenaga ahli yang berminat menekuninya.

Dengan memahami karakteristik inti atom, radioaktivitas, pemanfaatan, dampak, dan proteksinya dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda akan memhami lebih utuh tentang issu nuklir dan alternatif sumber energi masa depan lebih objektif.

Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca modul ini dengan cermat, melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.

Petunjuk Penggunaan Modul

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunan Modul ini adalah:

  1. Mempelajari modul inti atom dan radioaktivitas sangat disarankan untuk dilakukan secara berurutan. Dimana modul ini terdiri atas tiga Kegiatan Pembelajaran yaitu (a) Inti Atom (b) Radioaktivitas, dan (c) Reaksi Inti.
  2. Baca peta konsep materi dan pahami isinya.
  3. Setelah membaca dan mempelajari materi pembelajaran, kerjakan soal latihan dan tugas.
  4. Lakukan penilaian diri dengan jujur.
  5. Kerjakan soal evaluasi di akhir materi.
  6. Gunakan berbagai referensi yang mendukung atau terkait dengan materi pembelajaran.
  7. Minta bimbingan guru jika merasakan kesulitan dalam memahami materi modul.
  8. Upayakan mampu menyelesaian 75% dari semua materi dan penugasan maka Anda dapat dinyatakan TUNTAS belajar modul ini.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 (tiga) kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Inti Atom mencakup lambang dan nama nuklida, nukleon, energi ikat inti, isotopp, dan kestabilan inti.
  • Kedua : Radioaktivitas mencakup partikel radiasi, daya tembus, daya ionisasi waktu paruh, dan pelemahan, serta manfaat dan bahaya radiasi.
  • Ketiga : Reaksi inti mencakup reaksi peluruhan, reaksi fisi, reaksi fusi, deret radioaktivitas, dan energi reaksi.
DOWNLOAD PDF MODUL FISIKA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.