Modul Jaringan Tumbuhan Kelas 11

modul jaringan tumbuhan kelas 11

Modul Jaringan Tumbuhan kelas 11 Biologi SMA KD 3.3 disusun oleh SAIFULLAH, S.Pd dari SMAN 1 KOTA BIMA.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Jaringan Tumbuhan kelas 11 ini serta opsi MODUL BIOLOGI SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran: BIOLOGI
  • Kelas: XI
  • Alokasi Waktu: 12 JAM PELAJARAN
  • Judul Modul: JARINGAN TUMBUHAN

Kompetensi Dasar

3.3. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan.

4.3. Menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada tumbuhan.

Deskripsi Singkat Materi

Tumbuhan merupakan organisme multiseluler yang terdiri atas banyak sel. Sel-sel tumbuhan yang memiliki bentuk, susunan dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan tumbuhan tertentu. Beberapa jenis jaringan yang berbeda akan membentuk suatu organ, misalnya akar, batang, daun, buah dan biji. Beberapa organ tumbuhan dimanfaatkan untuk perkembangbiakan tumbuhan.

BACA JUGA:  Modul Pewarisan Sifat Makhluk Hidup Kelas 12

Mengapa kita perlu mempelajari jaringan tumbuhan? Mari kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita ingin mengembangbiakkan tanaman dengan mencangkok, kita sebaiknya tahu jaringan apa saja pada tanaman yang harus kita hilangkan. Dengan demikian kita dapat mencangkok dengan benar dan menghasilkan tanaman baru sesuai yang kita inginkan.

Dalam perkembangan ilmu biologi, jaringan dimanfaatkan untuk mengembangbiakkan tanaman dengan teknologi maju, yaitu kultur jaringan. Suatu jaringan pada tumbuhan ditanam dengan media buatan. Jaringan tersebut dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Dengan teknologi kultur jaringan, akan diperoleh tanaman baru yang sama dengan induknya dengan perkembangbiakannya memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan menanam tumbuhan secara konvensional. Mari kita pelajari berbagai macam jaringan pada tumbuhan.

Petunjuk Penggunaan Modul

Petunjuk Umum

Modul ini terdiri dari 3 kegiatan pembelajaran, setiap kegiatan pembelajaran akan diakhiri dengan latihan dan penilaian diri. Diakhir modul ini siswa akan diuji tingkat pemahaman terhadap materi dengan soal yang terdapat pada Evaluasi. Siswa dapat mengetahui langsung hasil belajar setelah mengerjakan soal evaluasi. Jika siswa telah mencapai hasil di atas 75% maka siswa telah menuntaskan Modul Jaringan Tumbuhan.

BACA JUGA:  Modul Jaringan Hewan Kelas 11

Petunjuk Khusus

  1. Modul ini dapat siswa pelajari dalam waktu 12 x 45 menit.
  2. Bacalah materi pada kegiatan pembelajaran yang ada dalam modul ini secara utuh agar memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang dipelajari.
  3. Kerjakan Tugas Mandiri, soal yang terdapat pada Latihan, Penilaian diri dan Evaluasi yang ada dalam modul sesuai dengan petunjuk yang disediakan
  4. Jika dalam mempelajari modul ini kalian menemukan hal-hal yang belum bisa dipahami, silahkan berkomunikasi dengan teman atau guru mata pelajaran Biologi.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama: Jaringan Marisetem
  • Kedua: Jaringan Permanen
  • Ketiga: Organ tumbuhan
DOWNLOAD PDF MODUL BIOLOGI SMA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.