Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10

modul metode penelitian sosial kelas 10

Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10 pdf sosiologi SMA KD 3.4 disusun oleh Dr. Hj. Widiningsih, M.Pd dari SMAN 9 Kota Bekasi.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Metode Penelitian Sosial kelas 10  ini serta opsi MODUL SOSIOLOGI LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Sosiologi
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (3 X 3 JP = 9 JP)
  • Judul Modul : Metode Penelitian Sosial

Kompetensi Dasar

  • 3.4 Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.
  • 4.4 Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat.

Deskripsi Singkat Materi

Penelitian dimaksudkan untuk menjawab keingintahuan manusia terhadap sesuatu. Selain itu, penelitian menjadi sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan berawal dari kekaguman manusia akan alam dan hasrat ingin tahu manusia.

Kamu perlu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena telah dianugerahi akal pikiran. Akal pikiran ini digunakan manusia untuk memecahkan setiap masalah dan menjawab keingintahuan manusia yang muncul di dalam proses kehidupannya.

Seiring dengan kompleksnya permasalahan manusia, maka semakin berkembang pula penelitian-penelitian yang didasarkan pada ilmu pengetahuan alam ataupun sosial.

Para peneliti ini berusaha mengurangi benang kusut permasalahan tersebut dengan cara menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Dalam sosiologi berbagai gejala sosial dapat dikaji melalui penelitian sosial. Penelitian sosial adalah penelitian yang dirancang untuk menambah pengetahuan sosial dan gejala sosial di masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto, penelitian sosiologi termasuk penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah adalah penelitian yang bertujuan mempelajari satu atau beberapa gejala dengan jalan analisis dan pemeriksaan yang mendalam terhadap fakta masalah yang disoroti dan kemudian diusahakan pemecahannya.

Karena itu kamu perlu mempelajari Metode Penelitian Sosial yang mempelajari tentang rancangan penelitian sosial yang meliputi pengantar penelitian sosial, jenis-jenis penelitian sosial, langkah-langkah penelitian sosial, dan tahap-tahap.

Dalam pengolahan data kita akan mempelajari tahap -tahap pengolahan data yaitu editing, coding dan tabulasi. Sedangkan di dalam laporan penelitian akan dilanjutkan ke dalam laporan penelitian.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Rancangan Penelitian Sosial
  • Kedua : Pengolahan Data
  • Ketiga : Laporan Penelitian yang dilanjutkan
DOWNLOAD PDF MODUL SOSIOLOGI LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu Anda? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI -Terima kasih!

Yuk, SITASI !

Dinas.id (30/06/2022) Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10. Retrieved from https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/.
"Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10." Dinas.id - 30/06/2022, https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/
Dinas.id 24/06/2022 Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10., viewed 30/06/2022,https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/>
Dinas.id - Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10. [Internet]. [Accessed 30/06/2022]. Available from: https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/
"Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10." Dinas.id - Accessed 30/06/2022. https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/
"Modul Metode Penelitian Sosial Kelas 10." Dinas.id [Online]. Available: https://dinas.id/modul-metode-penelitian-sosial-kelas-10/. [Accessed: 30/06/2022]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.