Modul Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelas 12

modul pemanfaatan peta, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis (sig) kelas 12

Modul Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelas 12 pdf geografi SMA KD 3.3 disusun oleh Fitri Sekar Lestari, S.Si dari SMA Negeri 1 Kramatwatu.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (SIG) kelas 12 ini serta opsi MODUL GEOGRAFI LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Geografi
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 4 x 4 JP
  • Judul Modul : Pemanfaatan Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Kompetensi Dasar

  • 3.3 Menganalisis jaringan trasnportasi dan tata guna lahan dengan peta dan/atau citra penginderaan jauh serta Sistem Informasi Geografis (SIG) kaitannya dengan pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.
  • 4.3 Menyajikan peta tematik berdasarkan pengolahan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pengembangan potensi wilayah dan kesehatan lingkungan.
BACA JUGA:  Modul Pola Keruangan Desa dan Kota Kelas 12

Deskripsi Singkat Materi

Halo anak-anak hebat di seluruh Indonesia, semoga selalu semangat dalam belajar. Senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikanNya, sehingga kita dapat terus belajar tanpa mengenal lelah. Jadilah generasi pejuang yang mencintai bangsa Indonesia sepenuh hati.

Modul ini membahas tentang Pemanfaata Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Jaringan transportasi, Tata Guna Lahan, Pengembangan Potensi Wilayah dan Kesehatan Lingkungan.

Materi Jaringan Transportasi meliputi konsep transportasi dan perencanaan transportasi, Materi Tata Guna Lahan meliputi faktor-faktor penetapan tata guna lahan, klasifikasi tata guna lahan, dan unsur-unsur interpretasi terkait tata guna lahan.

Materi pengembangan potensi wilayah meliputi inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi dan materi kesehatan lingkungan meliputi pengertian kesehatan lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan.

Materi ini sangat bermanfaat untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai penduduk Indonesia kita diharapkan dapat memanfaatkan peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam semua bidang kehidupan.

BACA JUGA:  Modul Konsep Wilayah Dalam Perencanaan Tata Ruang Kelas 12

Semoga modul ini bermanfaat dan dapat kalian mengerti isi modul serta menerapkannya.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 4 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Pemanfaatan Peta untuk Jaringan Transportasi meliputi konsep transportasi dan perencanaan transportasi.
  • Kedua : Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Tata Guna Lahan meliputi faktor-faktor penetapan tata guna lahan, klasifikasi tata guna lahan, dan unsur-unsur interpretasi terkait tata guna lahan.
  • Ketiga : Pemanfaatan SIG Pengembangan potensi wilayah meliputi inventarisasi sumber daya alam, perencanaan pembangunan, perencanaan ruang, pariwisata, perencanaan transportasi.
  • Keempat : Pemanfaatan SIG Kesehatan lingkungan meliputi pengertian kesehatan lingkungan dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan.
DOWNLOAD PDF MODUL GEOGRAFI LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.