Modul Pola-Pola Hereditas Pada Makhluk Hidup Kelas 12

modul pola-pola hereditas pada makhluk hidup kelas 12

Modul Pola-Pola Hereditas Pada Makhluk Hidup kelas 12 pdf Biologi SMA KD 3.6 disusun oleh Elvi Julianida Daulay, S.Pd, M.Si dari SMA Negeri 1 Sunggal.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengkoleksi modul Pola-Pola Hereditas Pada Makhluk Hidup kelas 12 ini serta opsi MODUL BIOLOGI SMA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Biologi
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 4 JP
  • Judul Modul : Pola-Pola Hereditas pada makhluk Hidup

Kompetensi Dasar

  1. 6 Menganalisis pola-pola hereditas pada makhluk hidup.
  2. 6 Menyajikan hasil penerapan pola-pola hereditas dalam perhitungan peluang dari persilangan yang melibatkan peristiwa pautan dan pindah silang.

Deskripsi Singkat Materi

Pernah tidak Anda berpikir mengapa bentuk rambut Anda mirip dengan ayah, warna kulit yang mirip dengan ibu, atau bahkan bentuk mata mirip nenek Anda. Ternyata, sifat-sifat itu ada kaitanya dengan materi pewarisan sifat yang sudah kita pelajari sebelumnya.

BACA JUGA:  Modul Hereditas Manusia Kelas 12

Pola-pola pewarisan sifat dari orang tua kepada anak-anaknya inilah yang dinamakan hereditas. Namun, tidak semua individu yang lahir mewarisi sifat-sifat dari induknya, misal kucing kaliko (kucing dengan tiga macam warna).

Kucing kaliko memiliki warna yang berbeda dari kedua induknya. Peristiwa ini terjadi karena adanya penyimpangan-penyimpangan sifat yang salah satunya mengakibatkan perubahan fenotipe suatu makhluk hidup.

Penyimpangan-penyimpangan sifat ini dapat disebabkan oleh pola-pola hereditas pautan. Agar lebih memahami, kali ini kita akan mengupas tentang Pola-pola Hereditas pada Makhluk Hidup yang mencakup materi tentang Tautan Gen (Gen Linkage), Pindah Silang (Crossing over), Gagal Berpisah (Non disjunction), Determinasi sex (penentuan jenis kelamin), dan Gen Letal.

Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya anda berhasil mencapai kompetensi dalam mempelajari modul ini, maka ikuti petunjuk-petunjuk berikut:

  1. Pelajari daftar isi dengan cermat dan teliti karena dalam modul ini akan tampak kedudukan modul yang sedang anda pelajari.
  2. Pahami setiap materi yang diuraikan dalam modul ini, sehingga memudahkan anda untuk mengerjakan tugas dan penilaian dengan hasil yang maksimal.
  3. Jawablah latihan soal dengan baik, kemudian cocokanlah hasil jawaban kamu dengan kunci jawaban.
  4. Apabila jawaban anda sudah mencapai 85% anda bisa melanjutkan ke kegiatan berikutnya.
  5. Bila terdapat penugasan, kerjakan tugas tersebut dengan baik.
  6. Catatlah kesulitan kesulitan yang anda temui dalam modul ini untuk dikonsultasikan ke guru mata pelajaran.
BACA JUGA:  Modul Hereditas Manusia Kelas 12

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 1 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi. Materi pokok yang dibahas dalam modul ini terdiri dari:

  • Pertama: Penentuan jenis kelamin (Determinasi Seks)
  • Kedua: Pautan
  • Ketiga: Pindah Silang (Crossing Over)
  • Keempat: Gagal berpisah (Non-Disjunction)
  • Kelima: Gen Letal
DOWNLOAD PDF MODUL BIOLOGI SMA LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.