Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri

  • Whatsapp
organisasi profesi bidan di luar negeri

Halo #sobatpoltekkes, semoga Tuhan masih memberikan berkah-Nya kepada kamu untuk melanjutkan mempelajari perkembangan organisasi profesi bidan di luar negeri. Disini akan dijelaskan macam dan kondisi organisasi profesi bidan di luar negeri secara lengkap.

Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri

Berikut adalag beberapa organisasi profesi bidan yang ada di luar negeri, antara lain:

1. The International Confederation of Midwives (ICM)

The International Confederation of Midwives (ICM)

Untuk organisasi profesi bidan dunia kita mengenal International Confederation of Midwives (ICM). The International Confederation of Midwives (ICM) merupakan organisasi Profesi bidan dunia yangMemberikan dukungan dan telah menunjukkan penguatan untuk organisasi bidan di berbagai negara di belahan dunia.

Pada saat ini ICM telah memiliki anggota lebih da 100 organisasi profesi bidan dari berbagai negara di dunia ini. ICM berfungsi bekerja secara global dengan bidan-bidan di seluruh dunia dan organisasi profesi bidan dari berbagai dunia untuk melindungi hak asasi perempuan dan memberikan akses layanan kebidanan pada masa antenatal, intranatal maupun post-natal dan masa mengasuh anak.

Dalam menjalankan tugasnya ICM banyak bekerjasama dengan organisasi dunia yaitu Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nation (UN), World Health Organization (WHO).

Tugas utama ICM tentunya adalah untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak selama proses reproduksi dan pengasuhan anak. Dengan mencanangkan salah satunya dengan program safe-moth-erhood dengan terus memperkuat akses perempuan terhadap layanan kebidanan yang aman.

Adapun Visi dari ICM adalah: ICM membayangkan sebuah dunia di mana setiap wanita subur memiliki akses ke perawatan bidan untuk dirinya sendiri dan bayinya.

Sedangkan Misinya: ICM berusaha untuk memperkuat asosiasi anggota dan untuk memajukan profesi kebidanan secara global dengan mempromosikan bidan otonom sebagai pengasuh yang paling tepat untuk melahirkan anak perempuan dan dalam menjaga persalinan normal, dalam rangka meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan, dan Kesehatan bayi mereka dan mereka keluarga.

Sedangkan untuk pendidikan bidan, ICM menetapkan kebijakan sebagai berikut: “ICM Stkamur global untuk pendidikan kebidanan”. Melalui kebijakan tersebut dibangun salah satu pilar penting dari upaya ICM untuk memperkuat kebidanan di seluruh dunia dengan mempersiapkan bidan yang memenuhi syarat untuk memberikan kualitas, pelayanan kesehatan berbasis bukti tinggi untuk wanita, bayi baru lahir dan melahirkan keluarga.

Stkamur pendidikan dikembangkan bersama-sama dengan update kompetensi penting untuk praktik kebidanan dasar, yang menentukan isi inti dari setiap program pendidikan kebidanan. Stkamur tersebut tersedia di Website ICM dalam bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.

Setelah mempelajari uraian di atas, apakah Kamu telah memahami peran suatu organisasi bagi suatu profesi tertentu? Selanjutnya mari kamu ikuti sejarah organisasi profesi bidan dunia ini dan organisasi profesi bidan di belahan negara lainnya.

ICM memahami bahwa para bidan telah melakukan upaya untuk memenuhi tuntutan internasional selama lebih dari 100 tahun.

Ada catatan konferensi bidan ‘yang diadakan di Berlin, Jerman, pada tahun 1900, ketika lebih dari 1.000 orang bidan hadir. Peristiwa tersebut diatur pada suatu waktu tanpa penggunaan telepon, komputer, kartu kredit atau pesawat terbang, dan pada saat itu perempuan yang bepergian sendiri adalah suatu hal yang sulit dan tidak selalu dapat diterima.

Pada tahun 1919, sekelompok bidan Eropa, yang berpusat di Antwerp, Belgia berkumpul dan peristiwa tersebut  dijadikan awal terbentuknya  Konfederasi Internasional Bidan.

Pada saat ini, banyak negara telah memiliki asosiasi nasional bidan, komunikasi di antara mereka meningkat dan serangkaian pertemuan rutin pun diluncurkan.

Selama 1930-an dan 1940-an, perjalanan dan komunikasi di Eropa terganggu oleh perang dan kerusuhan. Sayangnya, catatan rinci tentang pertemuan dan dokumen bidan sebelumnya ‘hancur, namun, keinginan untuk melanjutkan kerja internasional masih kuat. Pada tahun 1954, inisiatif tumbuh lagi dan kali ini lokasinya di London, Inggris.

Untuk pertama kalinya, nama ‘Konfederasi Internasional Bidan’ didirikan, dan juga gagasan kongres tiga tahunan rutin diputuskan. Sejak tahun 1954 rangkaian pertemuan tersebut setiap tiga tahun tetap tak terputus.

ICM sekarang memiliki lebih dari 100 anggota semua asosiasi kebidanan otonom, dari sekitar 100 negara yang mencakup empat wilayah: Afrika, Asia Pasifik, Amerika dan Eropa.

Setiap asosiasi anggota mengirimkan delegasi ke Dewan ICM, yang merupakan badan secara keseluruhan, masing-masing daerah memilih wakil-wakil ke papan yang lebih kecil, yang mengawasi bisnis yang berkelanjutan.

Konfederasi Dewan ICM memutuskan pada tahun 1999 untuk memindahkan lokasi kantor pusat dari London ke Den Haag, di Belkamu, dan itu telah berdiri di sana sejak lama.

Markas staf permanen telah meningkat dari pengangkatan tahun 1987 dari semula satu tenaga paruh waktu sekretaris eksekutif, meningkat untuk kelompok yang lebih besar saat ini, tenaga yang bidan mengelola organisasi termasuk Sekretaris Jenderal, Program Coordinator, Manajer Komunikasi dan bantuan administrasi paruh waktu lainnya.

ICM jurnal, Kebidanan Internasional, sekarang dalam tahun ke-18 nya berkomunikasi “ke, dari dan di antara bidan di seluruh dunia” dan situs ICM di www.internationalmidwives.org telah membantu akses cepat ke ICM berita dan kegiatan sejak tahun 2000. Kongres internasional diadakan setiap tiga tahun.

Situs masing-masing diputuskan untuk enam tahun ke depan, dan acara ini diselenggarakan oleh ICM dan cohostnya adalah salah satu asosiasi anggotanya. Tempat selama 50 tahun terakhir ini antara Yerusalem, Kobe, Manila, Santiago, Sydney, Vancouver dan Washington, serta berbagai kota di Eropa. Kongres ini telah menjadi fokus utama untuk bisnis rutin bidan global, pertemuan profesional dan ilmiah.

Selain itu, pertemuan regional dan konferensi yang sering diadakan di tahun-tahun antara kongres. Misi ICM adalah untuk “memajukan seluruh dunia melalui tujuan dan aspirasi bidan dalam pencapaian hasil yang lebih baik bagi perempuan dalam beberapa tahun mereka melahirkan anak, bayi mereka dan keluarga mereka di mana pun mereka berada”.

ICM merupakan organisasi pendukung resmi “Kesehatan Informasi Untuk Semua” tahun 2015, sebuah inisiatif global yang tujuannya meliputi: Pada tahun 2015, setiap bidan akan memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan untuk belajar, untuk mendiagnosa, untuk memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat, dan menyelamatkan nyawa.

Nah, bagaimana pendapat kamu tentang peran ICM sebagai organisasi bidan dunia? Sekarang kita akan menuju Amerika Utara untuk mengenal organisasi profesi bidan di sana!

2. The North American Registry Midwife (NARM)

The North American Registry Midwife (NARM)

The North American Registry Midwife (NARM) mendukung sistem perawatan kesehatan di mana setiap keluarga di Amerika Utara memiliki akses ke bidan terampil dan bertanggung jawab.

NARM menetapkan stkamur untuk sertifikasi berbasis kompetensi yang memungkinkan bidan untuk mendukung hak perempuan untuk memilih kelahirannya dan tempat lahir dan untuk melibatkan seseorang yang mereka kehendaki.

NARM mengakui potensi hasil yang lebih baik yang mencakup biaya yang lebih rendah dan intervensi yang lebih sedikit untuk ibu melahirkan dan bayi mereka ketika dihadiri oleh bidan profesional bersertifikat.NARM didedikasikan untuk memajukan profesi dengan mendukung upaya-upaya advokasi untuk pengakuan hukum di tingkat negara bagian dan federal.

NARM mendedikasikan persentase yang signifikan dari anggaran tahunan untuk pengembangan pelatihan advokasi, menawarkan lokakarya, partisipasi dalam legislasi, kesehatan masyarakat, dan konferensi kebidanan, menciptakan materi promosi, dan melayani di komite penasehat untuk inisiatif tingkat negara bagian dan federal.

3. The American Association of Naturopathic Midwife (AANM)

The American Association of Naturopathic Midwife (AANM)

Selain NARM, di Amerika juga terdapat organisasi bidan yang lain yaitu The American Association of Naturopathic Midwife (AANM) adalah organisasi profesional untuk bidan naturopati. Bidan naturopati adalah bidan yang membantu kelahiran paling luas yang dilatih secara alami yang tersedia bagi seorang ibu dan keluarganya.

AANM ada untuk mendidik masyarakat tentang kebidanan naturopati dan untuk memberikan dukungan klinis, pendidikan berkelanjutan, stkamur perizinan dan program mentoring bagi para anggotanya.

Bagaimana dengan organisasi  profesi bidan di Kanada? Mari kita ikuti materi di bawah ini!

4. The Canadian Association of Midwife (CAM)

 

The Canadian Association of Midwife (CAM)

The Canadian Association of Midwife (CAM) adalah organisasi nasional yang mewakili bidan dan profesi kebidanan di Kanada. Misi dari CAM adalah untuk memberikan kepemimpinan dan advokasi untuk kebidanan sebagai bagian penting dari sistem perawatan bersalin primer di seluruh provinsi dan wilayah, yang diatur dan didanai publik.

CAM mempromosikan pengembangan profesi untuk kepentingan umum dan memberikan kontribusi perspektif kebidanan terhadap agenda kebijakan kesehatan nasional.Visi dari Asosiasi Bidan Kanada (CAM) adalah bahwa kebidanan merupakan dasar pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir, dan bahwa setiap wanita di Kanada akan memiliki akses ke perawatan bidan untuk dirinya dan bayinya.

Bagaimana dengan organisasi  profesi bidan di Selandia Baru? Mari ikuti materi di bawah ini!

5. New Zealand College of Midwives (NZCOM)

New Zealand College of Midwives (NZCOM)

New Zealand College of Midwives (NZCOM) adalah organisasi profesional dan diakui ‘suara’ nya untuk bidan dan bidan pelajar di Selandia Baru.

Tujuan NZCOM adalah:

Memajukan profesi kebidanan

  • Berbicara nasional dan regional untuk kepentingan bidan dan wanita
  • Menegakkan Konfederasi Internasional Bidan (World Health Organisations) tentang definisi dari peran bidan dan ruang lingkup praktek
  • Menegakkan dan memajukan Kebidanan Selandia Baru dengan Model kemitraan dengan Perempuan.

Setelah mengikuti beberapa uraian di atas, dapatkah kamu menyimpulkan seberapa besar peran organisasi profesi internasional bagi perkembangan profesi bidan? Untuk selanjutnya mari kita tinjau bagaimana perkembangan organisasi profesi bidan di Indonesia.

5/5 - (1 vote)

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Dinas.id (October 20, 2021) Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri. Retrieved from https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/.
"Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri." Dinas.id - October 20, 2021, https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/
Dinas.id October 10, 2021 Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri., viewed October 20, 2021,https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/>
Dinas.id - Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri. [Internet]. [Accessed October 20, 2021]. Available from: https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/
"Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri." Dinas.id - Accessed October 20, 2021. https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/
"Perkembangan Organisasi Profesi Bidan di luar Negeri." Dinas.id [Online]. Available: https://dinas.id/organisasi-profesi-bidan-di-luar-negeri/. [Accessed: October 20, 2021]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *