Soal Contoh Karya Musik Kontemporer

soal contoh karya musik kontemporer

Soal Contoh Karya Musik Kontemporer – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Seni Budaya (Musik) kelas 12, XII KD 3.3 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang contoh karya musik kontemporer.

Rangkuman Materi Contoh Karya Musik Kontemporer

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

“Tetabuhan Sungut” merupakan karya yang dimainkan oleh sekelompok paduan laki-laki dan perempuan, karya Slamet Abdul Sjukur. Ide utamanya yaitu mentransfer bunyi-bunyi gamelan, vokal, dan alat perkusi tradisi berupa saron, kendang, dan semacamnya (dung tak gen bern jer, na no ne, e o e, …) melalui vokal manusia.

Bacaan Lainnya

“Jalinan Kita” merupakan satu karya dari Dody Satya Ekagustdiman yang dimainkan dengan cara quatrophoni. Dalam teknik pementasannya, karya ini dimainkan dengan empat kelompok yang saling berhadapan secara simetris. Setiap kelompok memainkan instrumen kecapi, gelas plastik, suling, dan vokal.

“Badingkut” merupakan satu karya seorang dosen, Oya Yukarya. Pada satu bagian tertentu, idenya bertolak dari eksplorasi warna-warna suara vokal manusia. Seperti gaya melodi bicara dengan menggunakan suatu kalimat yang bunyi huruf vokalnya diganti dengan hanya menggunakan vokal yang sama, a, i, u, e, atau o.

“OAEO” adalah salah satu karya I Wayan Sadra pada tahun 1993. Komposisi yang terdapat pada karya ini memiliki kesan yang menarik, karena dengan menggunakan vokal ini saja mampu menjadi satu karya yang baru.

“Body Tjak” merupakan karya seni pertunjukan multi-kultural yang memadukan unsur-unsur seni budaya Barat (Amerika) dan Timur (Bali, Indonesia).

Dengan dua produksinya: “Body Tjak 1990” dan “Body Tjak 1999” merupakan hasil kolaborasi antara I Wayan Dibia (Bali) dan Keith Terry (California).

Philosophy Gang merupakan album perdana dari grup musik bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang. Meski direkam di Musica Studio’s Jakarta, album ini dirilis oleh Lion Records di Singapura pada tahun 1973. Pada tahun 2017, album tersebut dirilis ulang dalam bentuk CD dan piringan hitam.

“Ken Arok Rock Opera” adalah salah satu album dari band bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang, sebuah concept album yang memiliki konsep luar biasa dari segi musikalitas maupun lirik-liriknya. Meskipun lirik-liriknya mungkin terkesan seperti guyonan semata, namun  lirik humor itu sangat sarat akan kritik.

Soal Isian

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. “Tetabuhan Sungut” merupakan karya yang dimainkan oleh sekelompok paduan laki-laki dan perempuan. Ide utamanya yaitu mentransfer bunyi-bunyi gamelan, vokal, dan alat perkusi tradisi berupa saron, kendang, dan semacamnya (dung tak gen bern jer, na no ne, e o e, …) melalui vokal manusia. Karya ini dibuat oleh …

BACA JUGA:  Soal Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi Manusia

2. “Jalinan Kita” merupakan satu karya dari Dody Satya Ekagustdiman yang dimainkan dengan cara quatrophoni. Dalam teknik pementasannya, karya ini dimainkan dengan empat kelompok yang saling berhadapan secara simetris. Setiap kelompok memainkan instrumen …

3. Karya musik Oya Yukarya yang idenya bertolak dari eksplorasi warna-warna suara vokal manusia, seperti gaya melodi bicara dengan menggunakan suatu kalimat yang bunyi huruf vokalnya diganti dengan hanya menggunakan vokal yang sama, a, i, u, e, atau o adalah …

4. “OAEO” adalah salah satu karya I Wayan Sadra. Komposisi yang terdapat pada karya ini memiliki kesan yang menarik, karena dengan menggunakan vokal ini saja mampu menjadi satu karya yang baru. Karya ini dicipatakan pada tahun …

5. Philosophy Gang merupakan album perdana dari grup musik bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang. Meski direkam di Musica Studio’s Jakarta, album ini dirilis oleh Lion Records di Singapura pada tahun 1973. Pada tahun 2017, album tersebut dirilis ulang dalam bentuk …

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Slamet Abdul Sjukur

Pembahasan : “Tetabuhan Sungut” merupakan karya yang dimainkan oleh sekelompok paduan laki-laki dan perempuan. Karya ini dibuat oleh Slamet Abdul Sjukur.

2. kecapi, gelas plastik, suling, dan vokal

Pembahasan: “Jalinan Kita” merupakan satu karya dari Dody Satya Ekagustdiman yang dimainkan dengan cara quatrophoni. Dalam teknik pementasannya, karya ini dimainkan dengan empat kelompok yang saling berhadapan secara simetris. Setiap kelompok memainkan instrumen kecapi, gelas plastik, suling, dan vokal.

3. “Badingkut”

Pembahasan : Karya musik Oya Yukarya yang idenya bertolak dari eksplorasi warna-warna suara vokal manusia, seperti gaya melodi bicara dengan menggunakan suatu kalimat yang bunyi huruf vokalnya diganti dengan hanya menggunakan vokal yang sama, a, i, u, e, atau o adalah Badingkut.

4. Pada tahun 1993

Pembahasan : “OAEO” adalah salah satu karya I Wayan Sadra . Komposisi yang terdapat pada karya ini memiliki kesan yang menarik, karena dengan menggunakan vokal ini saja mampu menjadi satu karya yang baru. Karya ini dicipatakan pada tahun 1993.

5. CD dan piringan hitam.

Pembahasan : Philosophy Gang merupakan album perdana dari grup musik bentukan Harry Roesli, Harry-Roesli Gang. Meski direkam di Musica Studio’s Jakarta, album ini dirilis oleh Lion Records di Singapura pada tahun 1973. Pada tahun 2017, album tersebut dirilis ulang dalam bentuk CD dan piringan hitam.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul seni budaya (musik) Kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.