Soal Penyimpanan dan Pendistribusian Obat

soal penyimpanan dan pendistribusian obat

Soal Penyimpanan dan Pendistribusian Obat – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan farmasi dan profesi apoteker, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penyimpanan dan pendistribusian obat.

Soal dan Kunci Jawaban Penyimpanan dan Pendistribusian Obat

Untuk memudahkan anda dalam mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Penyimpanan harus dapat menjamin kualitas dan keamanan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan sesuai dengan persyaratan kefarmasian. Persyaratan kefarmasian yang dimaksud meliputi persyaratan stabilitas dan keamanan, sanitasi, cahaya, kelembaban, ventilasi, dan penggolongan jenis sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Ruang penyimpanan harus memperhatikan kondisi, sanitasi temperatur sinar/cahaya, kelembaban, fentilasi, pemisahan untuk menjamin mutu produk dan keamanan petugas.

Metode penyimpanan dapat dilakukan berdasarkan kelas terapi, bentuk sediaan, dan jenis sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan dan disusun secara alfabetis dengan menerapkan prinsip First Expired First Out (FEFO), First In First Out (FIFO) atau Last In First Out (LIFO) disertai sistem informasi manajemen. Penyimpanan sediaan Farmasi dan perbekalan kesehatan, yang penampilan dan penamaan yang mirip (LASA, Look Alike Sound Alike/NORUM (Nama Obat Rupa Ucapan Mirip) tidak ditempatkan berdekatan dan harus diberi penandaan khusus untuk mencegah terjadinya kesalahan pengambilan Obat.

Distribusi merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam rangka menyalurkan/ menyerahkan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan dari tempat penyimpanan sampai kepada unit pelayanan/pasien dengan tetap menjamin mutu, stabilitas, jenis, jumlah, dan ketepatan waktu. IFRS harus menentukan sistem distribusi yang dapat menjamin terlaksananya pengawasan dan pengendalian sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan di unit pelayanan.

Soal Pilihan Ganda

Penting! Bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Pendistribusian sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan berdasarkan Resep perorangan yang disiapkan dalam unit dosis tunggal atau ganda, untuk penggunaan satu kali dosis/pasien disebut ….

A. UDD

B. Floor stock

C. Kombinasi

D. Sistem peresepan perseorangan

2) Sistem distribusi yang sangat dianjurkan untuk pasien rawat inap mengingat dengan sistem ini tingkat kesalahan pemberian obat dapat diminimalkan adalah ….

A. UDD

B. Floor stock

C. Kombinasi

D. Sistem peresepan perseorangan

3) Cara penempatan obat di rumah sakit dapat dilakukan berdasarkan ….

A. Jumlah

B. Abjad

C. Dosis

D. Bentuk

4) Obat yang datang kemudian diletakkan di belakang obat yang terdahulu disebut ….

A. FEFO

B. LIFO

C. FIFO

D. LEFO

5) Pendistribusian sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan yang mempunyai cabang di dekat unit perawatan/pelayanan disebut ….

A. UDD

B. Sentralisasi

C. Desentralisasi

D. Floor stock

6) Pendistribusian sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan berdasarkan resep perorangan/pasien rawat jalan dan rawat inap melalui Instalasi Farmasi Perorangan disebut ….

A. Floor stock

B. Once daily dose

C. Unit dose dispensing

D. Individual prescription

7) Masalah yang sering timbul dalam proses penyimpanan adalah ….

A. Koordinasi gudang/tempat penyimpanan buruk

B. Kekeliruan pengelolaan stock

C. Obat lama menumpuk di gudang

D. Benar semua

8) Kegiatan pengaturan sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan menurut persyaratan yang ditetapkan dibedakan menurut ….

A. Menurut suhu dan kestabilannya

B. Kemasannya

C. Tahan/tidaknya terhadap kehilangan

D. Dipisahkan antara obat murah dan mahal

9) Sistem distribusi dirancang atas dasar kemudahan untuk dijangkau oleh pasien dengan mempertimbangkan ….

A. Efisiensi dan efektivitas sumber daya yang ada

B. Harga sediaan farmasi dan perbekalan Kesehatan

C. Kualifikasi rumah sakit

D. Jumlah pasien yang berkunjung

10) Sistem penyimpanan yang mengatur barang, atau item persediaan yang di simpan dalam tempat yang sama dan di simpan dalam rak yang spesifik, rak tertutup atau dalam rak bertingkat disebut ….

A. Fluid location

B. Semi fluid location

C. Fixed location

D. Semi fixed location

Kunci Jawaban

1) A

2) A

3) B

4) C

5) C

6) D

7) D

8) A

9) A

10) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan farmasi dan profesi apoteker yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar agar mendapatkan nilai yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

KAMI ADA DI APLIKASI Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.