Soal Reformasi

soal reformasi

Soal Reformasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal sejarah Indonesia kelas 12, XII KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang reformasi.

Rangkuman Materi Reformasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Ketidakadilan di bidang politik, ekonomi dan hukum.
  • Pemerintah Orde baru tidak konsisten dan konsekwen terhadap tekad awal munculnya orde baru yaitu melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen dalam tatanan kehidupan bernasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Munculnya suatu keinginan untuk terus menerus mempertahankan kekuasaannya (status quo).
  • Terjadinya penyimpangan dan penyelewengan terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 yang direkayasa untuk melindungi kepentingan penguasa.
  • Timbulnya krisis politik, hukum, ekonomi dan kepercayaan.
  • Reformasi merupakan suatu perubahan tatanan perikehidupan lama dengan tatanan kehidupan yang baru dan secara hukum menuju ke arah perbaikan. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia tahun 1998 merupakan suatu gerakan untuk mengadakan pembaharuan dan perubahan terutama perbaikan dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan hukum.
  • Setelah BJ Habibie dilantik menjadi presiden RI pada tanggal 21 Mei 1998 maka tugasnya adalah memimpin bangsa Indonesia dengan memperhatikan secara sungguh-sungguh aspirasi rakyat yang berkembang dalam pelaksanaan reformasi secara menyeluruh. Habibie bertekad untuk mewujudkan pemerintrahan yang bersih dan bebas dari KKN.
  • Terjadinya gerakan Reformasi adalah akumulasi dari berbagai macam krisis (krisis multidimensi) yang sudah berlangsung sejak pertengahan masa pemerintahan Orde Baru berupa krisis ekonomi, krisis politik, krisis sosial, krisis hukum, krisis kepercayaan berwujud ketidak puasan rakyat terhadap jalannya pemerintahan masa Orde Baru yang selama berpuluh tahun dipendam, karena berbagai pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga pada akhirnya layaknya bom waktu ketidak puasan itu meledak berwujud aksi aksi yang menuntut mundurnya Suharto dari tampuk kepresidenan sehingga membawa bangsa Indonesia dalam sebuah alam baru yaitu alam reformasi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Berikut ini adalah beberapa factor ekonomi yang menyebabkan terjadinya krisis ekonomi menjelang kejatuhan pemerintah Orde Baru dan menjadi awal masa Reformasi, Kecuali …

BACA JUGA:  Soal Sidang PPKI I

A. pemerintah Indonesia gagal mengatasi krisis moneter yang melanda Dunia sejak tahun 1996.yang mengakibatkan nilai rupiah terus melemah terhadap dolar

B. pembangunan Proyek Proyek Raksasa (Mega Proyek) sudah menghabiskan dana besar sehingga mengakibatkan anggaran negara mengalami deficit setiap tahunnya.

C. pondasi Pembangunan Ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru adalah bersumber dari hutang Luar Negeri.

D. pelaksanaan pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru menyimpang dari landasan Ekonomi Indonesia seperti yang diatur dalam pasal 33 UUD 1945.

E. ketidakpuasan rakyat dan pemerintah daerah akibat Pola pemerintahan yang sentralistik mengakibatkan banyak kekayaan dari daerah yang disedot oleh pemerintah pusat.

2. Krisis Moneter yang melanda Dunia terutama Negara Negara berkembang di Asia Tenggara sejak bulan Juli 1996 dimulai ketika …

A. seorang spekulan Amerika Serikat yaitu George Sorros melakukan aksi borong Dollar AS sehingga mengakibatkan nilai Dollar melonjak sebaliknya nilai mata uang Negara Negara di Asia Tenggara turun drastis.

B. harga minyak dunia melonjak sehingga mengakibatkan naiknya pula harga BBM di Negara Negara Asia.

C. Amerika melancarkan invasi ke wilayah ladang minyak Irak sehingga mengakibatkan terjadinya krisis minyak dunia.

D. memanasnya hubungan Amerika dengan Uni Soviet mengakibatkan lesunya perdagangan dunia

E. terjadinya perubahan pola ekonomi Global

3. Runtuhnya pemerintah Orde Baru adalah hasil akumulasi dari berbagai macam Krisis, salah satunya adalah Krisis Politik. Faktor politik yang mendorong terjadinya krisis politik di tanah air menjelang kejatuhan pemerintah Orde Baru dan menjadi awal masa Reformasi diantaranya adalah …

A. perpecahan di tubuh Golkar sehingga terbagi menjadi dua.

B. adanya tuntutan dari lawan lawan politik Golkar atas kemenangan Golkar dalam setiap Pemilu.

C. kemenangan mutlak Golkar dalam Pemilihan Umum 1997 yang dinilai tidak wajar

D. adanya campur tangan Amerika dalam setiap kebijakan kebijakan politik pemerintah mengundang kemarahan rakyat.

E. terjadinya kekacauan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 1997 mengakibatkan rakyat tidak percaya terhadap hasil Pemilu tahun 1997.

4. Beberapa agenda yang disuarakan para mahasiswa dalam gerakan reformasia adalah sebagai berikut, kecuali …

BACA JUGA:  Soal Pemberontakan APRA, ANDI AZIS, RMS, PRRI dan PERSMESTA

A. Adili Suharto dan kroni – kroninya

B. Penghapusan Dwi Fungsi ABRI

C. Pemerintahan yang bersih dari KKN

D. Otonomi daerah yang seluas – luasnya

E. Menciptakan satabilitas nasional

5. Hal pokok dari tujuan gerakan reformasi di Indonesia pada tahun 1998 adalah …

A. memberdayakan peran lembaga tinggi negara agar lebih peduli terhadap kepentingan rakyat

B. mengembalikan fungsi kontrol masyarakat terhadap pemerintah

C. mengembalikan harta kekayaan pejabat Orde Baru yang korupsi kepada rakyat

D. menuntut para pengusaha untuk melunasi hutang hutang luar negerinya

E. memperbarui tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan masyarakat

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Pembangunan Proyek Proyek Raksasa (Mega Proyek) sudah menghabiskan dana besar sehingga mengakibatkan anggaran negara mengalami deficit setiap tahunnya adalah sebab buruknya perekonomian pada masa Demokrasi Terpimpin.

2. A → Pembahasan: Diawali krisis moneter yang melanda Asia Tenggara sejak bulan Juli 1997 berimbas pada Indonesia, bangunan ekonomi Indonesia temyata belum kuat untuk menghadapi krisis global tersebut. Krisis ditandai dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, pada sekitar bulan Maret 1997. Nilai tukar rupiah semakin melemah, pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 0 % sebagai akibat lesunya iklim bisnis.

3. C → Pembahasan: Krisis politik pada akhir orde baru ditandai dengan kemenangan mutlak Golkar dalam Pemilihan Umum 1997 yang dinilai penuh kecurangan, Golkar satu-satunya kontestan pemilu yang didukung fmansial maupun secara politik oleh pemerintah memenangkan pemilu dengan meraih suara mayoritas.

4. E → Pembahasan:

Setelah pelantikan Kabinet Pembangunan VII pada awal bulan Maret 1998 Mahasiswa kemudian menyusun agenda reformasi yang isinya sebagai berikut:

  • Adili Soeharto dan kroni-kroninya.
  • Amandemen UUD 1945.
  • Penghapusan dwifungsi ABRI.
  • Otonomi daerah yang seluas-luasnya.
  • Supremasi hukum.
  • Pemerintahan yang bersih dari KKN.
  • Menurunnya pamor pemerintahan Orde Baru dimulai sejak penandatanganan perjanjian pemberian dana bantuan IMF. Pemberian dana bantuan tersebut mengandung dua kelemahan.

5. E → Pembahasan: Memperbarui tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan masyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Sejarah Indonesia Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.