Cara Membuat Flowchart Presentasi, Proposal, KTI, Skripsi

Cara Membuat Flowchart
Cara Membuat Flowchart

Setelah memahami media apa saja yang bisa digunakan dalam presentasi, maka saatnya mempelajari cara membuat flowchart. Sebuah media presentasi agar lebih menarik dan jelas dalam menyampaikan kalimat, bisa digunakan atau ditambahkan flowchart. Dalam microsoft power point simbol-simbol flowchart dibuat dengan menggunakan objek shapes.

Cara Cepat Membuat Flowchart

Adapun caranya adalah seperti berikut:

1. Buka menu insert lalu klik shape, akan muncul tampilan di bawah ini.

Bacaan Lainnya
teknik menambahkan shape
Teknik menambahkan shape

2. Pilih bentuk sesuai dengan yang dikehendaki.

3. Jika akan menuliskan teks di dalam kotak yang sudah di pilih, klik kanan lalu edit text akan muncul kotak di bawah.

Teknik menambahkan tulisan pada shape
Teknik menambahkan tulisan pada shape

4. Berikut contoh flowchart yang sudah jadi.

Flowchart dalam sebuah power point
Flowchart dalam sebuah Power Point

Jenis-Jenis Flowchart

Untuk jenis dari flowchart sendiri, dapat kamu simak di bawah ini:

1. Flowchart sistem

Flowchart sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem.

Dengan kata lain, flowchart merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.

Flowchart sistem terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data itu. Data dan proses dalam flowchart sistem dapat digambarkan secara online (dihubungkan langsung dengan komputer) atau offline (tidak dihubungkan langsung dengan komputer, misalnya mesin tik, cash register atau kalkulator)

2. Flowchart dokumen

Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya. Bagan alir dokumen ini menggunakan simbol-simbol yang sama dengan yang digunakan di dalam bagan alir sistem.

3. Flowchart skematik

Bagan alir skematik (schematic flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan.

Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir. Penggunaan gambar-gambar ini memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya.

4. Flowchart program

Bagan alir program (program flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem.

Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alir logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

5. Flowchart proses

Flowchart proses merupakan teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Bagan alir proses menggunakan lima buah simbol tersendiri seperti terlihat pada tabel di bawah ini.

Flowchart proses digunakan oleh perekayasa industrial dalam mempelajari dan mengembangkan proses-proses manufaktur. Dalam analisis sistem, flowchart ini digunakan secara efektif untuk menelusuri alur suatu laporan atau form.

Demikian penjelasan tentang cara membuat flowcart beserta jenis dan contohnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang merasakan manfaatya, terima kasih.

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.