21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes

  • Whatsapp
jurusan di poltekkes kemenkes

Siapa yang tidak tahu Poltekkes? Poltekkes adalah kampus kesehatan favorit bagi mudi mudi yang hendak menjejaki manisnya pendidikan kesehatan. Etssz, Jurusan dan Program studi yang ada di Poltekkes sangatlah banyak, terhitung saat ini terdapat 21 Jurusan loh.

Ets, jangan bingung yah dengan istilah jurusan dan prodi.

Kalau di bangku SMA, kata “Jurusan” mungkin identik dengan Jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Nah di bangku perkuliahan, “prodi” diartikan sebagai pembagian divisi pendidikan dari istilah jurusan.

Misal nih, Ani mendaftar di Poltekkes Kemenkes Semarang pada jurusan Keperawatan, dan memilih prodi Diploma IV sedangkan Bayu mendaftar di kampus yang sama dan memilih Prodi Diploma III. Kan sama saja jurusannya, cuma jenjang pendidikannya beda, ada yg D III dan ada yang D IV.

Baca Juga: Perbedaan Diploma III dan Diploma IV?

Jadi, kalau nanti kamu ditanya orang lain, “Kamu kuliahnya jurusan apa?” tidak perlu pusing menjawabnya.

Sebelum masuk ke daftar jurusannya, kamu mesti tahu dulu kalau kampus Poltekkes ada 38 loh, semuanya tersebar di setiap provinsi.

  1. Poltekkes Kemenkes Aceh
  2. Poltekkes Kemenkes Medan
  3. Poltekkes Kemenkes Riau
  4. Poltekkes Kemenkes Padang
  5. Poltekkes Kemenkes Jambi
  6. Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  7. Poltekkes Kemenkes Palembang
  8. Poltekkes Kemenkes Jakarta I
  9. Poltekkes Kemenkes Jakarta II
  10. Poltekkes Kemenkes Jakarta III
  11. Poltekkes Kemenkes Bandung
  12. Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  13. Poltekkes Kemenkes Semarang
  14. Poltekkes Kemenkes Surakarta
  15. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
  16. Poltekkes Kemenkes Surabaya
  17. Poltekkes Kemenkes Malang
  18. Poltekkes Kemenkes Denpasar
  19. Poltekkes Kemenkes Mataram
  20. Poltekkes Kemenkes Kupang
  21. Poltekkes Kemenkes Pontianak
  22. Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
  23. Poltekkes Kemenkes Palangkaraya
  24. Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  25. Poltekkes Kemenkes Manado
  26. Poltekkes Kemenkes Palu
  27. Poltekkes Kemenkes Makassar
  28. Poltekkes Kemenkes Kendari
  29. Poltekkes Kemenkes Maluku
  30. Poltekkes Kemenkes Ternate
  31. Poltekkes Kemenkes Jayapura
  32. Poltekkes Kemenkes Gorontalo
  33. Poltekkes Kemenkes Banten
  34. Poltekkes Kemenkes Pangkal Pinang
  35. Poltekkes Kemenkes Tanjung Pinang
  36. Poltekkes Kemenkes Mamuju
  37. Poltekkes Kemenkes Sorong
  38. Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang

Jurusan di Poltekkes

Hmm, lanjut ke topik.

Jurusan apa saja sih yang tersedia di Poltekkes? Dilansir dari website simama Poltekkes, berikut adalah daftar jurusan kesehatan yang ada di Poltekkes.

1. Jurusan Radiologi

jurusan radiologi poltekkes jakarta ii

Jurusan ini belajar tentang cara memindai dan mendiagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan sinar x, baik berupa gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik.

Mata kuliah yang akan dipelajari, seperti Proteksi Radiasi, Anatomi Rontgen, Radiologi Sistem Respirasi, Radiologi Sistem Gastrointestinal, Radiofotografi, Fisika Imaging, Radiobiologi, Aplikasi MRI, Radiografi Intervensi dan masih banyak lagi.

Nantinya setelah selesai, kamu akan bekerja sebagai radiografer. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia teknologi medis, yuk daftar!

2. Jurusan Fisioterapi (Physiotherapy)

jurusan fisioterapi

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membantu dan mengembalikan kemampuan pasien dalam menggerakkan tubuh (Otot, tulang, Sendi), contohnya ketika seorang atlet terkena cedera, fisioterapis dapat mengembalikan fungsi lutunya kembali.

Mata kuliah yang biasa dipelajari, seperti Pertolongan Pertama Kegawat & Kedaruratan, Anatomi, Kinesiologi dan Biomekanik, Terapi Latihan, Fisioterapi Neuromuskular, Farmakologi Fisioterapi, Manajemen Fisioterapi Olahraga, Pengantar Fisioterapi, Prinsip sains dan biomedik dasar dalam Fisioterapi, Dasar Musculoskeletal Fisioterapi, serta masih banyak lagi.

Peluang kerja jurusan fisioterapi sangat terbuka, terutama di rumah sakit dan klinik yang memberikan pelayanan fisioterapi, bisa juga di pusat kebugaran, konsultan, fisioterapis atlet olahraga dan masih banyak lainnya.

3. Jurusan Jamu (Herbal)

 

jurusan jamu poltekkes solo

Seperti yang kita ketahui sobat, Indonesia sejak dulu dikenal sebagai penghasil bahan dasar obat-obatan tradisional di mata dunia. Untuk melestarikan dan mempertajam peracikan dan pelayanan obat tradisional jamu (herbal) tentunya perlu akademisi yang mumpuni sob.

Nah, jurusan ini ternyata ada di Poltekkes Kemenkes Surakarta (Solo). Untuk prospek kerjanya sendiri sangat luas, diantaranya Klinik kesehatan tradisional, Griya kesehatan tradisional, Balai Kesehatan Tradisional (BKTM), Balai besar kesehatan masyarakat, Unit usaha kecantikan dan kesehatan tubuh serta Perguruan tinggi kesehatan tradisional. Yuk daftar sekarang!

4. Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM)

 

jurusan analis kesehatan poltekkes kemenkes makassar

Sebelum mengalami perubahan nomenklatur, disebut sebagai analis kesehatan. Jurusan yang memiliki peran sentral membantu penegakan diagnosis suatu penyakit pasien. Akrab dengan pemeriksaan sampel berupa cairan dan jaringan tubuh dari pasien untuk di analisis di laboratorium.

Mata kuliah yang diajarkan, seperti hematologi, parasitologi, bakteriologi, virologi, imunologi, kimia klinik, Analisis Makanan dan Minuman, imunohematologi serta disiplin ilmu lainnya yang tentunya sangat menarik untuk dipelajari.

Lulusan jurusan ini sangatlah dibutuhkan karena hampir tiap instansi kesehatan mewajibkan terdapat tenaga ATLM. Selain itu, bisa juga di BPOM, Labkes, Bank Darah, Klinik/RS/Puskesmas, Industri, serta menjadi peneliti di LIPI.

5. Jurusan Keperawatan Anestesiologi

Jurusan Keperawatan Anestesiologi poltekkes yogyakarta

Kamu pernah nonton drakor (Drama Korea) yang mana diperlihatkan prosesi operasi? Kalau pernah, pastinya kamu tahu dong, tindakan awal apa yang dilakukan agar pasien tidak merasakan sakit ketika salah satu bagian tubuhnya dibedah, yah pasien dibius. Etz, jangan salah, ada tenaga perawat anestesi dibalik pekerjaan itu sob (saat ini)!

Di Poltekkes Jogja, jurusan keperawatan anestesiologi tersedia loh. Nantinya kamu akan menjadi Penata Anestesi profesional di ruang operasi atau bisa juga mengelola ruang Post Anaesthesia Care Unit (PACU) di rumah sakit. Terkait prospek kerja, jangan ditanya lagi yang pastinya keren!

6. Jurusan Kebidanan

jurusan kebidanan poltekkes surabaya

Jurusan kesehatan dengan peminat terbanyak setelah perawat adalah kebidanan. Kebanyakan dari kita pastinya sudah tahu eksistensi bidan sangat penting dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Menurut data, seluruh kampus Poltekkes Kemenkes di Indonesia membuka jurusan ini.

Mata kuliah yang akan dipelajari seperti Keterampilan Dasar Kebidanan, Komunikasi dalam Praktek Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Mutu Layanan Kebidanan, Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir, Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui, Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi Balita dan Anak pra Sekolah, Asuhan Kebidanan Komunitas, dan masih banyak lagi.

Untuk peluang kerja lulusan Jurusan Kebidanan, diantaranya bisa di Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Rumah Bersalin, dan bisa juga melakukan Praktek Bidan Mandiri. Jadi tunggu apa lagi kaum hawa, daftar!

7. Jurusan Akupuntur

jurusan akupuntur poltekkes surakarta

Pernah lihat gak sob, raja-raja di film kerajaan cina ditusuk jarum oleh tabibnya supaya sembuh dari sakitnya? Namanya Akupuntur, dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Nah, jurusan ini mempelajari seputar teknik pengembalian sistem keseimbangan tubuh manusia (homeostasis) menggunakan metode tusuk jarum, Ngeri yah. Jarum yang dipakai tentunya bukan jarum suntik ya sob, jarum yang digunakan ialah jarum sterile khusus untuk akupunktur dan bersifat single use alias sekali pakai ng terbuat dari stainlees steel. Kebayang kan rumitnya!

Bagi kamu yang penasaran dan berminat untuk menjadi seorang akupuntur, yuk daftar di Poltekkes!

8. Jurusan Analisis Farmasi dan Kesehatan

Jurusan Analisis Farmasi dan KesehatanJurusan ini mempelajari kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, ngeri yah! Jadi Analisis farmasi dan kesehatan berarti harus bisa memastikan efektivitas dan keamanan dari penggunaan obat dan makanan.

Nah, untuk lulusan jurusan ini, kamu bisa bekerja di industri farmasi, badan pengawas obat dan makanan (BPOM), Apoteker, pedagang besar farmasi, tenaga peneliti, lembaga pemerintah, atau bisa juga menjadi tenaga pendidik.

9. Jurusan Farmasi

jurusan farmasi poltekkes kemenkes

Jurusan yang satu ini juga lagi naik daun loh! Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana meracik obat dan bereksperimen dengan bahan-bahan kimia. Mahasiswa di jurusan ini akan dituntut memahami cara kerja obat untuk pengobatan penyakit tertentu.

Selain itu, ruang lingkup farmasi juga mempelajari tentang kosmetik, makanan, minuman, termasuk suplemen untuk diuji. Lulus dari farmasi, kamu bisa melanjutkan untuk menjadi Apoteker yang handal. Untuk prospek kerjanya sangat luas, misalnya di BPOM, Rumah Sakit, Puskesmas, Industri Kosmetik Makanan dan Minuman serta masih banyak lagi.

Tertarik, yuk daftar!

10. Jurusan Gizi

jurusan gizi poltekkes

“Gizi”, kata yang tidak asing lagi dan setiap hari kita pikirikan, khususnya dalam aktivitas makan dan minum. Di jurusan ini kamu akan di didik menjadi ahli gizi yang kompeten. Mata kuliah yang biasanya diajarkan adalah biokimia gizi, ilmu, ilmu pangan, teknologi bahan pangan, gizi masyarakat, gizi kuliner, pengembangan manajamen gizi dan teknologi pangan.

11. Jurusan Kesehatan Gigi

Jurusan Kesehatan Gigi

Dulunya disebut keperawatan gigi. Sangat akrab dengan gigi, pastinya kamu sudah tahu dong. Berbagai peluang lapangan pekerjaan terbuka luas bagi lulusan di jurusan ini, misalnya di lingkungan pemerintahan untuk penempatan di dinas kesehatan, rumah sakit dan puskesmas. Selain prospek tersebut, bisa juga di sektor swasta baik di dalam maupun di luar negeri seperti rumah sakit swasta dan perusahaan komersial.

12. Jurusan Keperawatan

Jurusan Keperawatan

Soal rawat merawat, apalagi hatimu, jangan ditanya lagi! Jurusan yang sudah malam melintang. Dan paling banyak di daftari oleh kamu hawa setelah bidan dan kedokteran.

Mata kuliah yang akan di pelajari seperti Sains Kesehatan, Antropologi Kesehatan, Ilmu Biomedik, Ilmu Dasar Keperawatan, Keperawatan Sistem Pencernaan, Keperawatan Sistem Neurobehaviour, Keperawatan Sistem Persepsi Sensori, Komputer Kesehatan dan masih banyak lagi.

Di jurusan ini, kamu akan di didik menjadi Perawat Profesional yang dipersiapkan untuk bekerja di luar negeri maupun di dalam negeri. Tidak usah ragu dengan kredibilitas jurusan keperawatan yang ada di Poltekkes, apalagi staf pengajarnya, karena kualifikasinya sudah mumpuni. Kuy Daftar!

13. Jurusan Sanitasi Lingkungan

jurusan sanitasi lingkungan poltekkes

Dulunya disebut kesehatan lingkungan. Di jurusan ini kamu bakal dituntun untuk menguasai skill pemecahan masalah yang berkaitan dengan sanitasi, analisa AMDALKes seperti rumah sakit, dan melakukan inovasi di bidang sanitasi.

Untuk prospek kerjanya sangatlah luas, misalnya di bagian Konsultan Air Bersih dan Sanitasi, Konsultan Persampahan, Rumah Sakit, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Balai Teknis Kesehatan Lingkungan, Pengendalian Vektor, Balai Pengobatan Pemberantasan Penyakit Paru-paru, Badan Kesehatan Pangan, BNN, BPJS, BPOM, PTPN serta PTKAI.

14. Jurusan Okupasi Terapi

Jurusan Okupasi Terapi

Jurusan ini konsen pada rehabilitasi medis di bidang kesehatan. Mahasiswanya akan dibekali keahlian lewat pelatihan fisik pada pasien. Selain itu okupasi terapis dituntut juga paham akan karakter psikologis pasiennya.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari seperti fisiologi, Kinesiologi dan Biomekanik, Proses Kognitif dan Emosi, Anatomi Terapan, OT Orthopedi, OT Pediatri, Psikologi, Pertolongan Pertama Kegawatan & Kedaruratan, Teori Analisis Aktivitas, OT Penyakit Dalam & Bedah, OT Rematologi, OT dan Problematika Tangan.

Peluang kerja jurusan ini sangatlah beragam, diantaranya di rumah sakit swasta maupun pemerintah, sekolah, klinik, dan praktik dokter spesialis.

15. Jurusan Ortotik Prostetik

Jurusan Ortotik Prostetik

Jurusan ini merupakan program studi dari jurusan fisioterapi. Kamu akan dibentuk menjadi tenaga ortotik prostotik profesional yang fokus dalam melaksanakan pelayanan kesehatan dalam hal membuat dan memperbaiki ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan), mencegah dan mengoreksi kecacatan serta memperbaiki estetika dengan memandang manusia seutuhnya sehingga dapat hidup mandiri, keren kan!

Studi ini bisa kamu dapatkan di kampus Poltekkes Kemenkes Solo (Surakarta). Kuy Daftar!

16. Jurusan Promosi Kesehatan

Jurusan Promosi Kesehatan

Di jurusan ini kamu akan diberikan skill untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dan pengembangan media untuk penyelesaian masalah penelitian. Selain itu, mahasiswanya juga dituntun untuk paham analisis informasi dan data serta cakap dalam memilih dan memberi alternatif petunjuk pada masalah kesehatan. Jurusan ini dapat kamu temukan salah satunya di kampus Poltekkes Kemenkes Bandung.

17. Jurusan Rekam Medis dan Infokes

jurusan Rekam Medis dan Infokes

Untuk kamu yang sangat suka mengarsip dan menganalisis data sekaligus memiliki minat yang tinggi dalam bidang kesehatan, jurusan ini mimin sangat rekomendasikan.

Perlu kamu ketahui bahwa betapa pentingya rekam medis dalam penegakan diagnosis pasien, karena dari riwayat kesehatan pasien yang lengkap, runut, dan menyeluruh maka dokter dan petugas kesehatan lainnya bisa mengambil tindakan yang tepat kepada pasiennya.

Mata kuliah yang akan dipelajari seperti, Pengantar Rekam Medis, Terminologi Medis, Epidemiologi Kesehatan, Administrasi dan Manajemen Kesehatan, Laboratorium Klinik Rekam Medis, Manajemen Pelayanan Kesehatan dan masih banyak lagi.

Beberapa skill yang mesti kamu kuasasi yakni dalam pencatatan, pelaporan, pengumpulan, pendaftaran, pengisian, dan analisis data terkait kebutuhan informasi untuk mendiagnosa pasien. Bayangkan salah dalam data, maka akan salah dalam pengobatan!

18. Jurusan Teknik Gigi

Jurusan Teknik Gigi

Hampir sama dengan jurusan kesehatan gigi. Bedanya di jurusan ini konsen pada peningkatan kesehatan gigi dan mulut seperti pencegahan, penyembuhan, dan diagnosis penyakit gigi. Untuk peluang kerjanya, seperti Praktek Gigi, Rumah Sakit, PNS, Militer Kesehatan, Tenaga Pendidik dan Instansi Kesehatan.

19. Jurusan Teknologi Bank Darah

Jurusan Teknologi Bank Darah

Sedikit mirip dengan jurusan analis kesehatan (saat ini TLM) yang akrab dengan darah manusia. Yang membedakannya adalah lebih fokus pada pemenuhan skill ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dalam teknisi bank darah.

Lulusan jurusan ini wajib memiliki kemampuan mengelola regulasi penyediaan Darah / bank yang mumpuni. Skill komunikasi terapeutik juga menjadi prioritas pada jurusan ini untuk meyakinkan klien agar bersedia dalam kegiatan transfuse darah.

20. Jurusan Teknik Elektro Medik

Jurusan Teknik Elektro Medik

Jurusan ini berkaitan dengan alat-alat kesehatan. Berdasarkan jenjang pendidikannya, untuk mahasiswa Diploma III dituntun untuk memiliki keahlian analisis dan teknisi sedangkan pada jenjang Diploma IV dituntut untuk memiliki skill teknopreneur dan evaluator. Sangat menarik karena tiap hari akan bergelut dengan kecanggihan alat-alat medis. Gimana, tertarik!

21. Jurusan Terapi Wicara

jurusan terapi wicara

Cikal bakal menjadi terapis wicara (Speech Therapist) dengan fokus pada permasalahan komunikasi yang dainggap sebagai masalah kesehatan. Setidaknya ada 5 jenis gangguan komunikasi yang harus digarap seorang terapis wicara seperti gangguan bahasa, gangguan bicara, gangguan suara, gangguan irama/kelancaran, dan gangguan menelan.

Terapis wicara dapat bekerja di rumah sakit negeri maupun swasta, klinik anak dengan kebutuhan khusus, klinik stroke, institusi pendidikan atau sekolah, praktek pribadi dan, institusi rehabilitasi.

Baca Juga: Daftar SIMAMA Poltekkes Kemenkes

Penutup

Demikian artikel tentang daftar jurusan yang ada di kampus Poltekkes. Nah, kalau sudah tertarik dengan variasi jurusan di atas, selanjutnya kepoin kontak dan alamat kampus Poltekkes nya, dan pastikan kamu membagikan artikel ini ke semua akun media sosialmu! Terima kasih.

 

4.6/5 - (24 votes)

Yuk, SITASI ARTIKEL!

Dinas.id (November 30, 2021) 21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes. Retrieved from https://dinas.id/jurusan-poltekkes/.
"21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes." Dinas.id - November 30, 2021, https://dinas.id/jurusan-poltekkes/
Dinas.id September 12, 2021 21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes., viewed November 30, 2021,https://dinas.id/jurusan-poltekkes/>
Dinas.id - 21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes. [Internet]. [Accessed November 30, 2021]. Available from: https://dinas.id/jurusan-poltekkes/
"21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes." Dinas.id - Accessed November 30, 2021. https://dinas.id/jurusan-poltekkes/
"21 Jurusan di Poltekkes Kemenkes." Dinas.id [Online]. Available: https://dinas.id/jurusan-poltekkes/. [Accessed: November 30, 2021]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments