Latihan UKAI Apoteker 4

 

Halo SOBAT Dinas.id, sebelum mulai menjawab soal-soal, berdoa dahulu yah!

Jumlah Soal = 15

Jenis Soal = Pilihan Ganda

Waktu Mengerjakan = 15 Menit

*Disarankan menggunakan laptop/ Komputer saat mengerjakan!

--------------------------------------------

Cara Mengerjakan Soal!

1. Pilihlah jawaban yang dianggap tepat, semua harus diisi!

2. Jika sudah selesai, klik tulisan ” SUBMIT ” di bagian paling bawah soal untuk mengoreksi.

3. Lihatlah hasil jawabanmu, MERAH artinya salah dan HIJAU artinya benar.

---SELAMAT MENGERJAKAN---

 

1. 
Kepala bagian RnD sebuah industri farmasi bermaksud ingin merancang sebuah sediaan dalam bentuk bedak tabur, salah satu bahan yang digunakan adalah mentol. Diketahui mentol memiliki sifat dapat membentuk campuran eutektik. Manakah dari bahan di bawah ini yang dapat membentuk campuran eutektik dengan menthol?

2. 
Seorang ibu baru saja melahirkan di rumah sakit dan diketahui ibu tersebut menderita HIV. Bayi tersebut lahir dengan kondisi cukup bulan (tidak prematur). Apoteker merekomendasikan kepada dokter untuk menggunakan obat untuk bayi tersebut untuk mencegah penularan infeksi HIV. Apa obat yang dapat direkomendasikan oleh apoteker kepada dokter?

3. 
Apoteker di suatu rumah sakit mendapatkan permintaan resep untuk membuat larutan irigasi NaCl 0,9% sebanyak 100 L yang dikemas dalam botol @500 mL. Berapa serbuk NaCl yang diperlukan?

4. 
Suatu industri farmasi akan membuat Injeksi 100 mL prokain hcl 1%. Procaine HCl memiliki ekivalensi NaCl 0,2. Berapa gram NaCl yang diperlukan agar isotonis?

5. 
Seorang mahasiswi datang ke apotek mengeluhkan perutnya terasa perih dan mual. Mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa dia tidak sempat sarapan karena masuk kuliah di pagi hari, kemudian apoteker memberikan omeprazole dan sukralfat untuk mengatasi keluhannya. Cara penggunaan sukralfat dan omeprazol adalah...

6. 
Seorang apoteker di industri farmasi melakukan uji stabilitas dipercepat pada suatu tablet. Tablet tersebut disimpan pada suatu alat yang dapat mensimulasikan iklim berdasarkan suhu dan RH yang telah ditentukan. Dimanakah tablet tersebut disimpan selama pengujian?

7. 
Seorang QC melakukan analisis pada minyak atsiri cengkeh yang mengandung eugenol dan terpenoid. Instrumen apa yang cocok dengan senyawa di atas?

8. 
Seorang ibu berusia 57 tahun menderita diabetes, dan disarankan oleh dokter menggunakan obat golongan alfa glukosidase inhibitor. Obat apakah yang dimaksud?

9. 
Suatu industri farmasi melalukan uji disolusi terbanding terhadap tablet furosemid hasil formulasi dengan produk innovator. Uji disolusi terbanding dilakukan menggunakan metode basket 100 rpm pada 3 pH berbeda. Berapakah pH untuk uji disolusi terbanding tersebut?

10. 
Apoteker sedang menghitung kebutuhan obat amlodipin selama 6 bulan terakhir. Diketahui rata-rata permintaan amlodipin perbulannya adalah 500 tablet. Waktu tunggu yang dibutuhkan untuk sekali pemesanan adalah 3 hari. Apoteker harus memastikan tidak terjadi kekosongan amlodipine karena merupakan obat pemakaian terbesar di apotek tersebut. Berapakah stok pengaman / safety stock yang dibutuhkan agar ketersediaan obat tetap terjaga?

11. 
PT. Tanabe Indonesia akan membuat sediaan tablet dengan zat aktif diltiazem dan dibesarkan denan nama Herbesser CD 100. Obat tersebut dapat dipergunakan untuk penderita angina dan hipertensi. Metode pengemasan bentuk sediaan tablet yang anda pilih adalah…

12. 
Suatu industri farmasi akan memproduksi injeksi cefotaxime. Di ruang kelas apakah tahap pencucian vial dan preparasi alat gelas untuk pembuatan injeksi cefotaxime dilakukan?

13. 
Seorang laki-laki mengalami cekungan di mata dan BB naik 5 kg, badan lemas, letih, dan lesu. Dokter mendiagnosis adanya gangguan tiroid. Obat apa yang diberikan?

14. 
Seorang ibu datang ke IGD untuk mengantarkan suaminya karena beberapa hari ini tubuhnya lemas. Dokter memeriksa bapak tersebut dan ahsil tekananan darahnya mencapai 60/80 mmHg. Dokter mendiagnosa pasien mengalami syok kardiogenik. Obat apa yang tepat untuk pasien tersebut?

15. 
Seorang apoteker memberikan multivitamin kepada pasien dalam bentuk tablet efervescent. Pada label, tertulis bahwa tablet tersebut mengandung multivitamin, asam sitrat, dan natrium hidrogen karbonan (NaHCO3). Pasien kemudian memasukkan tablet tersebut ke dalam segelas air. Reaksi kimia apakah yang terjadi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.