Modul Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelas 10

modul dasar-dasar pemetaan, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis (SIG) kelas 10

Modul Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Kelas 10 pdf geografi SMA KD 3.2 disusun oleh Fitri Sekar Lestari, S.Si dari SMA Negeri 1 Kramatwatu.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) kelas 10 ini serta opsi MODUL GEOGRAFI LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Geografi
  • Kelas : X
  • Alokasi Waktu : 3 x pertemuan (3 x 3 JP)
  • Judul Modul : Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

Kompetensi Dasar

  • 3.2 Memahami dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG).
  • 4.2 Membuat peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa bumi.

Deskripsi Singkat Materi

Halo anak-anak hebat di seluruh Indonesia, kali ini kita akan mempelajari tentang dasar-dasar pemetaan, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis.

Dalam kehidupan sehari-hari peta sangat dibutuhkan sebagai penunjuk arah atau sebagai alat bantu untuk mengetahui letak suatu lokasi atau tempat.

Bahkan, fenomena yang terjadi di permukaan bumi tidak terlepas dari penggunaan peta. Selain peta, alat bantu yang dapat kita gunakan untuk melihat suatu kenampakan objek atau fenomena adalah foto udara.

Nah, pada materi kali ini kita akan bahas secara mendetail tentang dasar-dasar pemetaan, dasar-dasar penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografi atau yang biasa disebut dengan SIG.

Selain itu, dengan mempelajari modul ini kalian dapat mengetahui perbedaan antara peta dengan citra penginderaan jauh berserta komponen-komponennya.

Dalam modul ini juga dijelaskan langkah-langkah membuat peta, sehingga kalian nanti dapat mempraktekan cara membuat peta.

Untuk itu silahkan kalian pelajari modul ini hingga tuntas, jika kalian mendapati kendala, kalian bisa menanyakan kepada guru kalian atau berdiskusi dengan teman kalian. Selamat belajar, semangat!

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Dasar-Dasar Pemetaan, meliputi pengertian peta, komponen-komponen peta, jenis-jenis peta, dan fungsi peta.
  • Kedua : Dasar-Dasar Penginderaan Jauh, meliputi pengertian penginderaan jauh, komponen-komponen penginderaan jauh, jenis-jenis citra penginderaan jauh dan interpretasi citra foto udara.
  • Ketiga : Dasar-Dasar Sistem Informasi Geografis (SIG), meliputim pengertian SIG, subsistem dalam SIG dan komponen-komponen SIG.
DOWNLOAD PDF MODUL GEOGRAFI LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.