Modul Distribusi Binomial Kelas 12

modul distribusi binomial kelas 12

Modul Distribusi Binomial Kelas 12 pdf matematika peminatan SMA KD 3.1 disusun oleh Dr. Yuyun Sri Yuniarti, M.Pd dari SMA Negeri 1 Pedes.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Distribusi Binomial kelas 12  ini serta opsi MODUL MATEMATIKA LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Matematika Peminatan
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 10 JP
  • Judul Modul : Distribusi Binomial

Kompetensi Dasar

  • 3.5 Menjelaskan dan menentukan distribusi peluang binomial berkaitan dengan fungsi peluang binomial.
  • 4.5 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan distribusi peluang binomial suatu percobaan (acak) dan penarikan kesimpulannya.

Deskripsi Singkat Materi

Statistik inferensial adalah statistik yang digunakan untuk keperluan menganalisa data dan hasilnya akan digeneralisasikan atau diinferesialkan kepada populasi dimana sampel diambil.

Statistik inferensial sering juga dikenal dengan metode yang berhubungan dengan menganalisa sebuah data atau sampel kemudian sampai pada peramalan / pendugaan atau penarikan kesimpulan mengenai seluruh data induknya.

Dalam statistik inferensial ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti menduga parameter, memutuskan hipotesis sampai menguji hipotesis tersebut sebelum akhirnya mengambil kesimpulan.

BACA JUGA:  Modul Distribusi Normal Kelas 12

Meskipun sifatnya masih tidak pasti dan mungkin saja salah, statistik inferensial tetap memiliki beberapa manfaat yang bisa Ananda pertimbangkan seperti berikut ini.

  1. Berangkat dari cara penggunaannya, maka statistik inferensial memiliki manfaat untuk menduga nilai populasi. Ketika Ananda melakukan pengukuran data dengan metode ini, maka dapat diperoleh hasil yang cukup akurat dan tepat sampai menggambarkan kondisi yang sebenarnya
  2. Manfaat berikutnya dari statistik inferensial adalah bisa menjadi metode analisis yang sangat terstruktur, asalkan Ananda memahami teori peluang dengan sempurna, metode yang digunakan sudah teruji secara matematis sehingga bisa menjadi estimator yang tidak condong ke manapun. Kok bisa begitu? Karena memang formula statistik inferensial begitu rapi Ingin mengetahui kebenaran dalam sebuah asumsi yang menyeruak di kalangan masyarakat? Maka Ananda bisa melakukan uji hipotesis yang merupakan pengujian statistik.

Uji hipotesis kerap digunakan untuk mengecek klaim yang beredar di kalangan masyarakat, sehingga membantu siapapun membuktikan sebuah pendapat yang dipercaya itu benar atau salah.

Sebagai contoh misalnya salah satu klaim yang sering disebutkan adalah bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit dipahami untuk siswa jenjang SMA.

Untuk membuktikan klaim ini, Ananda harus mengambil beberapa sampel representatif dan kemudian melakukan perhitungan analisis nilai matematika dari sampel yang mewakilkan tersebut.

BACA JUGA:  Modul Kaidah Pencacahan Kelas 12

Petunjuk Penggunaan Modul

Sebelum Ananda membaca isi modul, terlebih dahulu membaca petunjuk khusus dalam penggunaan modul agar memperoleh hasil yang optimal.

  1. Sebelum memulai menggunakan modul, mari berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa agar diberikan kemudahan dalam memahami materi ini dan dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Sebaiknya Ananda mulai membaca dari pendahuluan, kegiatan pembelajaran, rangkuman, hingga daftar pustaka secara berurutan.
  3. Setiap akhir kegiatan pembelajaran, Ananda mengerjakan latihan soal dengan jujur tanpa melihat uraian materi.
  4. Ananda dikatakan tuntas apabila dalam mengerjakan latihan soal memperoleh nilai ≥ 75 sehingga dapat melanjutkan ke materi selanjutnya.
  5. Jika Ananda memperoleh nilai < 75 maka Ananda harus mengulangi materi pada modul ini dan mengerjakan kembali latihan soal yang ada.

Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Konsep Variabel Acak
  • Kedua : Distribusi Peluang Binomial
DOWNLOAD PDF MODUL MATEMATIKA PEMINATAN LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.