Modul Penyakit Menular Seksual Kelas 12

modul penyakit menular seksual kelas 12

Modul Penyakit Menular Seksual Kelas 12 pdf PJOK SMA KD 3.9 disusun oleh Widyantoro, S.Pd dari SMA Negeri 9 Bogor.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Penyakit Menular Seksual kelas 12 ini serta opsi MODUL PJOK LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
  • Kelas : XII
  • Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (2 X Pertemuan)
  • Judul Modul : Penyakit Menular Seksual

Kompetensi Dasar

  • 3.9 Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari Penyakit Menular Seksual (PMS).
  • 4.9 Mempresentasikan hasil analisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari Penyakit Menular Seksual (PMS).

Deskripsi Singkat Materi

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat menjalar dari seseorang ke orang lain. Penyakit dapat ditularkan baik melalui kontak langsung dengan penderita, melalui serangga atau binatang perantara, udara, makanan dan minuman atau benda-benda yang sudah tercemar oleh bakteri, virus, cendawan, atau jamur.

Penyakit menular seksual atau biasa dikenal dengan infeksi menular seksual merupakan infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebarannya pun bisa melalui darah, sperma, atau cairan tubuh lainnya.

Selain itu, penyebarannya bisa melalui pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang.

Penyakit ini dapat ditandai dengan ruam atau lepuhan dan rasa nyeri di area kelamin. Ada banyak jenis penyakit menular seksual, di antaranya chlamydia, gonore, sifilis, trikomoniasis, dan HIV. Sesuai namanya, penyakit menular seksual menyebar melalui hubungan intim/kelamin.

BACA JUGA:  Modul Aktivitas Gerak Berirama Kelas 12

Tidak hanya hubungan intim, penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan berbagi jarum suntik dengan penderita. Infeksi juga dapat ditularkan dari ibu hamil ke janin, baik selama kehamilan atau saat persalinan.

Pada pembahasan modul kali ini kalian akan belajar tentang penyakit menular seksual (PMS). Untuk itu pelajari dan cermati tentang materi ini sebagai bekal kalian menjalani kehidupan sehari-hari di keluarga, sekolah dan masyarakat.

Petunjuk Penggunaan Modul

Salam PJOK … Salam olahraga … Salam sehat …

Kebermanfaatan modul ini bergantung sepenuhnya dari cara kalian menggunakan dan memanfaatkannya. Agar pembelajaran yang dilakukan dapat berhasil secara optimal, maka baca dan pelajari petunjuk penggunaan modul di bawah ini secara cermat.

  1. Pelajari modul ini secara berurutan halaman demi halaman. Jangan mamaksakan diri untuk menyelesaikan modul ini, sebelum menguasai bagian demi bagian dalam modul ini secara baik.
  2. Modul ini dapat kalian pelajari secara mandiri atau berkelompok (di sekolah maupun di luar sekolah), melalui diskusi, demonstrasi, simulasi atau tanya jawab.
  3. Pelajari modul ini dengan membaca, melihat dan mengamati contoh-contoh dari gambar atau jika memungkinkan, kalian dapat mengakses informasi dari website yang tertulis pada modul ini.
  4. Pelajari sumber-sumber belajar lainnya tentang pembelajaran atau latihan berkenaan dengan materi pokok. Pilihlah materi yang tepat dan sesuaikan dengan kompetensi serta tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  5. Jika ada kesulitan dalam mempelajari modul ini, kalian bisa berdiskusi dengan teman. Jika belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, tanyakan kepada guru atau sumber lainnya yang ada di sekitar kalian.
  6. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri untuk lebih mengausai materi pembelajaran. Kerjakan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri yang ada pada modul ini.
  7. Apabila hasil tugas mandiri, latihan, dan peniaian diri yang kalian lakukan belum mencapai target 70% dari setiap kegiatan, maka kalian harus mengulang mempelajari kegiatan pembelajaran yang belum tuntas.
  8. Untuk mengukur pencapaian target pembelajaran keseluruhan dari modul ini kalian harus mengerjakan evaluasi di akhir pembelajaran modul.
  9. Kalian dapat melihat pembahasan dan jawaban terkait tugas mandiri, latihan soal, dan evaluasi di halaman akhir setiap kegiatan pembelajaran/evaluasi setelah kalian selesai mengerjakannya (Ingat! kerjakan semua tugas terlebih dahulu).
  10. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan/pendinginan dan peregangan otot/persendian secara baik dan benar, setiap kalian melakukan aktivitas latihan fisik agar terhindar dari cedera.
BACA JUGA:  Modul Aktivitas Gerak Berirama Kelas 12

Materi Pembelajaran

Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam kesempatan ini kalian akan belajar tentang modul penyakit menular seksual. Tentunya kalian selalu sehat dan tetap semangat dalam belajar. Pembelajaran pada modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari faktor resiko, ciri- ciri, macam-macam penyakit menular seksual, dan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh peradangan.
  • Kedua : langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari penyakit menular yang disebakan oleh erosi, penyebab lain PMS, pencegahan, pengobatan dan penaggulangan penyakit menular seksual.

Untuk lebih jelasnya apa itu penyakit menular seksual, apa penyebabnya, bagaimana penularannya dan sebagainya, maka pelajari dan cermati modul ini hingga kalian mampu memahami materi tersebut. DOWNLOAD PDF MODUL PJOK LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.