Modul Permainan Bola Besar Kelas 12

modul permainan bola besar kelas 12

Modul Permainan Bola Besar Kelas 12 pdf PJOK SMA KD 3.1 disusun oleh Ahmad, S.Pd dari SMA Negeri 1 Cikembar.

Harap Perhatikan Ibu/Bapak Guru! Ada dua (2) opsi di akhir postingan yaitu DOWNLOAD PDF untuk mengoleksi modul Permainan Bola Besar kelas 12 ini serta opsi MODUL PJOK LAINNYA untuk mengakses koleksi lainnya.

Tampa berlama-lama, Yuk disimak Ibu/Bapak Guru!

Bacaan Lainnya

Identitas Modul

  • Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
  • Kelas : XII (Dua Belas)
  • Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran (3 kali Pertemuan)
  • Judul Modul : Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Bola Besar Sepak Bola, Bola Voli dan Basket

Kompetensi Dasar

  • 3.1 Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar*
  • 4.1 Mempraktikkan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar*

Deskripsi Singkat Materi

Permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama, agar kesempatan menang lebih besar.

Strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan. Strategi yang diterapkan bisa dengan pola menyerang maupun pola bertahan.

Sedangkan taktik adalah suatu siasat atau pola pikir dalam menerapkan teknik-teknik yang telah dikuasai dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif untuk memperoleh kemenangan. Taktik bisa juga diartikan sebagai siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pemain.

Secara umum, permainan tim membutuhkan kerjasama yang baik dari pemainnya baik dalam situasi menyerang maupun bertahan.

Oleh karena itu, diharapkan dengan mempelajari modul ini kalian dapat mencermati, memahami dan mampu merancang secara mandiri maupaun kelompok pola serangan dan pola bertahan permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket.

Petunjuk Penggunaan Modul

Salam PJOK … Salam olahraga … Salam sehat…

Kebermanfaatan modul ini bergantung sepenuhnya dari cara kalian menggunakan dan memanfaatkannya. Agar pembelajaran yang dilakukan dapat berhasil secara optimal, maka baca dan pelajari petunjuk penggunaan modul di bawah ini secara cermat.

  1. Dalam modul ini terdapat 3 sub materi yaitu sepak bola, bola voli dan basket. Pilihlah materi sesuai dengan kondisi di sekolah anda, apabila memungkinkan dapat dipelajari seluruhnya.
  2. Pelajari modul ini secara berurutan halaman demi halaman. Jangan mamaksakan diri untuk menyelesaikan modul ini, sebelum menguasai bagian demi bagian dalam modul ini secara baik.
  3. Modul ini dapat kalian pelajari secara mandiri atau berkelompok (di sekolah maupun diluar sekolah), melalui diskusi, demonstrasi, simulasi atau tanya jawab.
  4. Pelajari modul ini dengan membaca, melihat dan mengamati contoh-contoh dari gambar atau jika memungkinkan, kalian dapat mengakses informasi dari website yang tertulis pada modul ini.
  5. Pelajari sumber-sumber belajar lainnya tentang pembelajaran atau latihan berkenaan dengan materi pokok. Pilihlah materi yang tepat dan sesuaikan dengan kompetensi serta tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  6. Jika ada kesulitan dalam mempelajari modul ini, kalian bisa berdiskusi dengan teman. Jika belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, tanyakan kepada guru atau sumber lainnya yang ada di sekitar kalian.
  7. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri untuk lebih mengausai materi pembelajaran. Kerjakan tugas mandiri, latihan soal, dan penilaian diri yang ada pada modul ini.
  8. Apabila hasil tugas mandiri, latihan, dan peniaian diri yang kalian lakukan belum mencapai target 70% dari setiap kegiatan, maka kalian harus mengulang mempelajari kegiatan pembelajaran yang belum tuntas.
  9. Untuk mengukur pencapaian target pembelajaran keseluruhan dari modul ini kalian harus mengerjakan evaluasi di akhir pembelajaran modul.
  10. Kalian dapat melihat pembahasan dan jawaban terkait tugas mandiri, latihan soal, dan evaluasi di halaman akhir setiap kegiatan pembelajaran/evaluasi setelah kalian selesai mengerjakannya (Ingat! kerjakan semua tugas terlebih dahulu).
  11. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan/pendinginan dan peregangan otot/persendian secara baik dan benar, setiap kalian melakukan aktivitas latihan fisik agar terhindar dari cedera.
BACA JUGA:  Modul Permainan Bola Besar (Sepak Bola) Kelas 11

Materi Pembelajaran

Salam PJOK … Salam olahraga … Salam sehat…

Dalam modul ini kalian akan mempelajari tentang taktik-strategi dalam bermain sepak bola, bola voli dan basket serta praktik latihan yang dapat pelajari secara mandiri maupun kelompok. Sepak bola, bola voli dan basket merupakan permainan yang banyak digemari. Terutama permainan sepak bola dengan aktivitas gerak dan teknik yang mudah dilakukan. Begitupun permianan bola voli hingga pelosok negeri permainan ini sering dipertandingkan dalam turnamen-turnamen di desa-desa. Tak terkecuali permainan basket juga bisa dilakukan dengan memodifikasi bola dan ring yang lebih sederhana.

Secara singkat sebelumnya dibahas bahwa permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket merupakan perminan tim atau kelompok. Sebuah tim membutuhkan taktik dan strategi dalam bertanding yang bertujuan untuk mempermudah kerja sama dengan teman satu tim, agar kesempatan menang lebih besar. Taktik dan strategi diterapkan dalam pola serangan dan pola bertahan.

Dalam permainan sepak bola, pola serangan yang digunakan bisa melalui sisi sayap kanan dan kiri dengan bola-bola lambung, counter attack atau bisa juga dengan umpan-umpan pendek di area tengah dengan istilah lainnya tiki-taka.

Pola serangan di padukan dengan bermacam-macam formasi yang dapat diterapkan seperti 4-3-3, 3-4-3 dan formasi lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan man to man defence, zone defence dan kombinasi yaitu memadukan taktik man to man defence dan zone defence.

BACA JUGA:  Modul Permainan Bola Besar (Sepak Bola) Kelas 11

Selanjutnya pola serangan dan bertahan dalam permainan bola voli dengan menerapkan strategi yang mencakup taktik secara individu maupun tim. Seperti pola serangan dengan sistem 4 spiker two setter, 5 spiker one setter dan sistem lainnya dengan melakukan smash/spike dari depan dan juga belakang garis 3 meter.

Pola bertahan dengan sistem 1, 2, 3 block (membendung serangan lawan), cover (menutup area kosong agar bola tidak jatuh) dan libero (pemain yang bertugas untuk menahan serangan lawan dan tidak dianjurkan untuk melakukan serangan).

Selanjutnya, pernahkah kalian menonton pertandingan bola basket di televisi atau secara langsung? terkadang kita melihat seperti sekelompok pemain yang saling melempar/mengumpan atau dengan cepat menggiring bola kemudian memasukan bola tersebut ke ring.

Akan tetapi, proses tersebut ternyata menggunakan pola yang terorganisir baik dalam situasi penyerangan maupun bertahan.

Pola penyerangan dan bertahan diterapkan bertujuan membentuk tim yang solid dalam upaya memperoleh poin sebanyak-banyaknya hingga meraih kemenangan secara sportif.

Seperti yang telah dibahas pada deskripsi singkat materi dalam modul ini, dijelaskan bahwa taktik dalam premainan bola basket diartikan sebagai semua gerak teknik basket yang terorganisir untuk menyerang dan bertahan, digunakan oleh pemain untuk mendapatkanpoin sedangkan strategi merupakan siasat jangka panjang yang dilakukan sebelum, saat dan setelah pertandingan dalam situasi penyerangan maupun bertahan.

Pola serangan yang digunakan dalam permainan basket diantaranya yaitu pola moving of the ball (gerak tanpa bola dengan mencari ruang), fastbreak (serangan cepat) dan pola lainnya. Sedangkan pola bertahan bisa dengan menerapkan man to man defense, zone defense dan kombinasi yaitu memaduka taktik man to man defense dan zone defense.

Pola-pola tersebut kalian pelajari dengan cermat dan teliti agar dalam pelaksanaan praktik tersusun sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan modul ini diharapkan kalian, dapat mencermati, memahaim, merancang dan mempraktikan pola-pola serangan dan bertahan dalam permainan bola besar sepak bola, bola voli dan basket.

Materi pembelajaran dalam modul ini dibagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

  • Pertama : Merancang dan mempraktikan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar sepak bola.
  • Kedua : Merancang dan mempraktikan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar bola voli.
  • Ketiga : Merancang dan mempraktikan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainan bola besar basket.
DOWNLOAD PDF MODUL PJOK LAINNYA

Demikian emodul SMA yang telah kami sajikan. Untuk mengakses modul SD, SMP, SMA lainnya, silahkan klik MODUL, kami ucapkan terima kasih kepada Ibu/Bapak Guru. Salam Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.