Soal Penyebab Mutasi

soal penyebab mutasi

Soal Penyebab Mutasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.8 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penyebab mutasi.

Rangkuman Materi Penyebab Mutasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Penyebab mutasi kromoson karena perubahan struktur kromosom berlangsung secara spontan, dan dapat juga dilakukan secara eksperimental dengan induksi bahan kimia atau radiasi. Perubahan ini umumnya dapat dilihat pada sel selama mitosis atau miosis. Beberapa penyebabnya antara lain: delesi kromosom, duplikasi kromosom, inversi kromosom, traanslokasi kromosom, isokromosom dan katenasi.

Bacaan Lainnya

Penyebab mutasi gen terjadi karena adanya perubahan struktur gen (DNA), akibatnya asam amino yang dikodekan berubah sehingga terbentuk protein yang salah. Penyebabnya antara lain: delesi, addisi, dan subtitusi.

Mutasi terjadi karena faktor alami maupun buatan, sedangkan penyebab mutasi (mutagen) terdiri dari mutagen kimia, mutagen fisik, dan mutagen biologi.

Pemanfaatan mutasi dibedakan menjadi dua yaitu pemanfaatan yang menguntungan dan pemanfaatan yang merugikan. Beberapa contoh pemanfaatan mutasi yang menguntungkan misalnya: terapi sel tumor, pemuliaan tanaman, dan tanaman poliploidi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Mutasi gen dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut, yaitu ….

A. depurinasi, translokasi, inversi

B. dimer timin, depurinasi, inversi

C. deaminasi, depurinasi, inversi

D. translokasi, delesi, duplikasi

E. depurinasi, deaminasi, dimer timin

2. Apabila kita melihat seseorang yang berkariotipe 47 XXY atau 44A+XXY maka hal ini mengalami kelainan yang disebut ….

A. sindrom Jacobs

B. sindrom Patau

C. sindrom Turner

D. sindrom Klinefelter

E. sindrom Edwards

3. Berikut yang dapat dikelompokkan dalam mutagen fisika, adalah ….

A. DDT, sinar , sinar

B. fumigant, DDT, gliserol

C. gliserol, formaldehida, pestisida

D. fumigant, formaldehida, sinar

E. sinar kosmis, sinar gamma, ultraviolet

4. Apabila kita melihat seseorang yang memiliki ciri-ciri seperti pada gambar terjadi karena kelebihan satu kromosom, tepatnya pada kromosom nomor ….

Apabila kita melihat seseorang yang memiliki ciri-ciri seperti pada gambar terjadi karena kelebihan satu kromosom

A. 13

B. 14

C. 15

D. 21

E. 22

5. Pada umumnya orang lebih menyukai mengkonsumsi semangka tanpa biji dibandingkan semangka berbiji. Semangka tanpa biji merupakan contoh mutasi karena jumlah kromosomnya lebih dari dua genom. Berdasarkan haltersebut, mutasi adalah….

A. berubahan komposisi set kromosom

B. perubahan autosom dan gonosom

C. perubahan kromosom di dalam gen

D. perubahan ukuran kromosom

E. perubahan gen dalam kromosom

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. E → Pembahasan:

Penyebab beberapa penyebab mutasi gen, antara lain:

  • Delesi : hilangnya satu atau beberapa basa nitrogen.
  • Addisi : penambahan satu atau beberapa basa nitrogen (sering disebut juga insersi).
  • Substitusi : pertukaran pasangan basa nitrogen.

2. D → Pembahasan: Sindrom Klinefelter adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh adanya salinan kromosom X tambahan. Sindrom klinefelter disebabkan oleh adanya salinan kromosom seks X tambahan. Kondisi ini terjadi pada laki-laki, terjadi secara acak, dan tidak diturunkan. Laki-laki yang mengalami sindrom Klinifelter klasik akan memiliki kromosom 47 XXY.

3. E → Pembahasan: Mutagen Fisika, mutagen yang disebabkan oleh radiaksi peng – ion dan bukan peng – ion, contoh: sinar gamma, sinar X, dan sinar UV sebagai mutagen. susunan gen makhluk hidup dapat berubah jika terpapar pancaran sinar gamma, sinar X, dan sinar UV. mutasi yang terjadi adalah perubahan susunan materi genetik dalam skala kromosom.

4. D → Pembahasan: Down syndrome atau trisomi 21 disebabkan adanya penambahan kromosom pada pasangan kromosom ke 21. Gejala down syndrome antara lain berat badan lahir rendah, ukuran kepala kecil, kepala bagian belakang datar, sudut mata luar naik ke atas, kelainan bentuk telinga dan hidung, dan beberapa lainnya. Selain menyebabkan kelainan fisik, down syndrome juga menyebabkan gangguan perkembangan penderitanya. Umumnya penderita down syndrome memiliki intelligence quotient (IQ) yang lebih rendah.

5. A → Pembahasan: Aneuploidi terjadi karena hilangnya atau bertambahnya perangkat kromosom (genom) makhluk hidup normal, umumnya bersifat diploid (mempunyai dua perangkat kromosom atau dua genom). Pada aneuploid dikenal individu monoploidi (mempunyai satu perangkat kromosom) dan poliploid (mempunyai banyak perangkat kromosom).

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

REKOMENDASI UNTUK ANDA