Soal Masa Reformasi Di Indonesia

soal masa reformasi di indonesia

Soal Masa Reformasi Di Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang masa reformasi di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Masa Reformasi Di Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pada tahun 1997 Bangsa Indonesia dilanda Krisis Moneter, kondisi ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia.

Krisis yang bermula dari kemrosotan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing secara tajam menjadi penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde Baru. Keadaan terus memburuk. KKN semakin merajalela, sementara kemiskinan rakyat terus meningkat. Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Pergerakan mahasiswa telah memotori lahirnya Orde Reformasi di Indonesia.

Masa Reformasi (1998-Sekarang) merupakan suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Reformasi di Indonesia adalah masa setelah berakhirnya pemerintahan Orde Baru.

Masa reformasi dimulai pada tanggal 21 Mei 1988 saat Presiden Soeharto mengundurkan diri dan digantikan oleh Wakil Presiden B.J. Habibie. Masa reformasi terus berlanjut hingga saat ini.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan latar belakang gerakan reformasi di Indonesia !

2. Mengapa mahasiswa melakukan penuntutuan penghapusan dwi fungsi ABRI? Bagaimana hasil tuntutan tersebut pada masa reformasi?

3. Pada masa reformasi terjadi pemilihan umum yang diikuti oleh banyak partai politik. Hal ini berbeda dengan kondisi pada masa Orde Baru. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jelaskan alasanya!

BACA JUGA:  Soal Aspek Legal dan Issue Etik Dalam Pelayanan Kebidanan

4. Pada masa Reformasi terdapat kebijakan otonomi daerah. Jelaskan keuntungan pelaksanaan otonomi daerah pada masa reformasi!

5. Masalah kemiskinan masih menjadi pekerjaan besar bangsa Indonesia pada masa reformasi. Jumlah kemiskinan di Indonesia masih di atas 10%. Bagaimana upaya pemerintah dalam menekan jumlah kemiskinan di Indonesia pada masa reformasi?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Lahirnya gerakan reformasi di Indonesia karena dilanda krisis moneter yang berdampak pada krisis ekonomi, krisis politik, dan krisis sosial dan rasa keprihatinan moral yang sangat mendalam atas berbagai krisis yang terjadi di Indonesia. Dari krisis tersebut, muncul pula krisis hukum, identitas, budaya, dan moral. Puncaknya, muncullah kerusuhan sosial yang melahirkan krisis kepercayaan terhadap pemerintah yang dipelopori oleh para mahasiswa. Semua sumber krisis tersebut karena maraknya praktik KKN yang merajalela.

2. → Pembahasan: Peristiwa yang terjadi sebagai tonggak lahirnya orde reformasi di Indonesia adalah pada tanggal 21 Mei 1998 yang ditandai dengan penyataan pengunduran diri Presiden Suharto, dan digantikan oleh B.J. Habibie.

3. → Pembahasan: Pemilihan Umum yang pernah di lakukan di Indonesia pada masa Reformasi sebanyak 5 kali, yakni 1999, 2004, 2009, 2014, dan 2019. Sejak mulai pemilu 2004, untukpertama kali presiden dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu.

4. → Pembahasan: Kebijakan ekonomi yang di ambil pada masa pemerintahan Presiden Aburahman Wahid (1). Melawan IMF/menghindari hutang. (2). Peningkatan pertumbuhan ekonomi. (3). Pengurangan Kesenjangan ekonomi di masyarakat

5. → Pembahasan: Kehidupan sosial masyarakat dalam kebebasan berpendapat pada masa reformasi lebih dibuka lebar. Masyarakat lebih bebas menyuarakan berbagai aspirasinya. Hal ini didukung dengan adanya reformasi di bidang komunikasi. Dengan demikian demokrasi semakin berkembang.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.